Dosa Besar Istri Terhadap Suami yang Terlihat Sepele Tapi Fatal Akibatnya

Kompas.com - 24/11/2022, 12:00 WIB
Dosa Besar Istri Terhadap Suami Sumber Gambar: Freepik.com Dosa Besar Istri Terhadap Suami
Rujukan artikel ini:
Kebiasaan-Kebiasaan Istri yang Membuat Suami…
Pengarang: Izzah Qanita Nailiya
|
Editor Ratih Widiastuty

Berdasarkan pandangan Islam, seseorang yang melangsungkan pernikah berarti telah menyempurnakan separuh agama.

Maka tidak mengherankan bila ikatan janji suci dianggap sebagai ibadah yang sangat sakral untuk dijalankan dengan penuh kesungguhan dan sebaik-baiknya.

Islam pun mengajarkan pada umatnya bila menjalankan atau melakukan sesuatu harus dilandasi berdasarkan hukum dan syariat yang telah disampaikan melalui Nabi Muhammad.

Salah satu yang perlu dijalankan sesuai dengan ketentuan dalam pernikahan ialah istri yang berbakti pada suami.

Namun, layaknya manusia pada umumnya yang tidak pernah luput akan dosa dan kesalahan, meski suami merupakan pintu surga bagi istri, tidak jarang istri kerap melakukan kesalahan yang justru dapat mengurangi pahala yang didapat dari berbakti pada suami.

Perbuatan seperti apa yang tanpa disadari bisa menjadi dosa besar istri terhadap suami yang seharusnya dihindari, berikut penjelasannya agar menjadi renungan bersama.

Dosa Besar Istri Terhadap Suami

1. Berdusta di Hadapan Suami

Dusta atau tidak berkata benar dalam perkataan juga lebih dikenal sebagai berbohong merupakan perbuatan salah yang mengakibatkan dosa.

Apalagi jika yang melakukan dusta kepada pasangan, tentunya menjadi dosa besar istri terhadap suami yang sebaiknya dihindari.

Seringkali seorang istri menyepelekan saat melakukan perbuatan dusta kepada suami, seperti berbohong mengenai keuangan atau ketika meminta izin pada suami.

Istri yang sering melakukan perbuatan dusta atau kebohongan dihadapan suami akan menyulitkan jalannya untuk menuju surga kelak.

2. Tidak Meminta Izin pada Suami

Tindakan yang termasuk ke dalam dosa besar istri terhadap suami yang sering dianggap remeh tetapi banyak dijumpai terkait meminta izin.

Dalam pandangan Islam, suami merupakan kepala keluarga sekaligus bertindak sebagai imam yang memimpin.

Sebagai istri sudah sepatutnya dalam melakukan kegiatan atau perbuatan tertentu dianjurkan meminta pendapat dan izin terlebih dahulu kepada sang suami.

Contohnya ketika istri ingin pergi ke luar rumah, meski untuk keperluan rumah tangga missal berbelanja tetap harus atas seizin suami terlebih dahulu.

3. Menentang Perintah Suami

Salah satu tugas dan tanggung jawab sebagai seorang istri di dalam pernikahan ialah patuh serta taat terhadap perintah suami.

Sebagai catatan, asalkan apapun yang diperintahkan dan diinginkan oleh suami semuanya bertujuan untuk kebaikan juga mendatangkan pahala serta tidak melanggar perintah agama, seorang istri haruslah taat terhadap perkataan suami.

Maka jika istri bertindak semaunya sendiri dan kerap menentang perintah suami, maka termasuk ke dalam sebuah pelanggaran yang termasuk ke dalam dosa besar istri terhadap suami.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Tidak Menemani Suami Tidur

Dalam kondisi berumah tangga, suami dan istri diperintahkan untuk selalu akur salah satu caranya dengan melakukan rutinitas tidur bersama selama situasi dan kondisi memungkinkan untuk dilakukan.

Istri yang tidur terpisah dari ranjang suaminya dikatakan dalam hadis Abu Hurairah ra, maka malaikat akan melaknatnya sampai pagi.

Maka jika di kondisi tertentu, misal istri ingin tidur menemani anak sangat diwajibkan untuk tetap meminta izin terlebih dahulu kepada suami.

5. Menolak Berhubungan Intim Bersama Suami

Sudah menjadi sebuah ketetapan bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan untuk dapat melahirkan generasi penerus untuk melanjutkan perjuangan selanjutnya.

Maka ketika dua insan, pria dan wanita dipertemukan lalu keduanya mengikat janji suci di hadapan Allah SWT, keduanya sudah dihalalkan untuk dapat melakukan hubungan intim suami istri.

Malah diharuskan karena sudah terhidung menjadi sebuah ibadah yang amalnya tentu akan dicatat sebagai perbuatan yang baik.

Jika dalam pelaksanaannya seorang istri menolak ajakan suami untuk melakukan hubungan intim ini merupakan termasuk dalam dosa besar dan perbuatan ini dilaknat oleh Allah.

Tetapi terdapat kondisi tertentu, seorang istri bisa menolak ajakkan tersebut dengan kondisi sakit, haid, nifas, atau dalam keadaan uzur lainnya yang menjadi sebuah pengecualian dan Allah SWT akan memaafkan.

Namun, jika istri tidak berhalangan atau kekurangan apapun diwajibkan tetap melayani kebutuhan suami dalam berhubungan intim.

Terkadang menjadi seorang istri tanpa disadari atau tidak sering mengabaikan perbuatan atau tindakan yang termasuk dosa besar istri terhadap suami.

Jika memang ingin sukses dalam menjalankan peran sebagai seorang istri yang sholeha dan dambaan suami, penting untuk mempersiapkan diri kamu dengan mempelajari banyak hal.

Kamu dapat mengetahui banyak caranya dengan membaca buku Kebiasaan-kebiasaan Istri yang Membuat Suami Bahagia & Sukses Dunia Akhirat yang ditulis oleh Izzah Qanita Nailiya.

Di dalam buku ini membahas bagaimana seharusnya seorang istri berperan dalam rumah tangga.

Bukan hanya peran biasa tetapi suatu yang menciptakan kebahagiaan dan kesuksesan yang akan menjadi sumber inspirasi untuk suami.

Jika kamu membaca buku ini pun diharapkan bisa menjadi sumber informasi yang berharga bagi para istri dalam mempengaruhi kehidupan rumah tangga bersama suami tercinta agar hidup memperoleh bahagia dan sukses dunia akhirat.

Jika ingin memiliki bukunya, segera check out melalui website Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.