Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ciri-ciri Ikatan Batin Orang yang Saling Mencintai

Kompas.com - 08/11/2022, 19:00 WIB
Ikatan Batin Orang yang Saling Mencintai Sumber Gambar: Pexels.com Ikatan Batin Orang yang Saling Mencintai
Rujukan artikel ini:
Love Talk 1.0 - Single,…
Pengarang: Timothy Pakpahan
|
Editor Novia Putri Anindhita

Ikatan batin orang yang saling mencintai akan begitu terasa kuat karena pada dasarnya hati mereka sudah sangat terikat secara emosional, sehingga mampu memberikan tanda-tanda tertentu.

Chemistry orang yang sedang jatuh cinta memang mampu menjalin sebuah ikatan asmara yang membuat mereka menjadi pasangan romantis yang seakan-akan siap menghadapi dunia bersama.

Bahkan, pada level tertentu, jika memang sudah saling mencintai, kamu akan paham mengenai segala seluk beluk pasangan sebagai bentuk ikatan batin yang mungkin tidak akan mampu dipahami oleh orang lain.

Mungkin bagi sebagian orang, ikatan batin merupakan hal yang tidak masuk akal dan tak mampu dipahami secara nalar, tapi pada kenyataannya, hal tersebut memang bisa terjalin jika memiliki chemistry yang kuat dengan saling mencintai.

Kebersamaan dan intensitas interaksi yang sudah saling terkoneksi dapat menjadi faktor yang secara tidak sadar membangun ikatan batin dari sepasang kekasih.

Kepedulian dan rasa cinta mampu mengikat dua individu melalui ikatan batin yang akan semakin mendekatkan mereka tidak hanya secara fisik, tapi juga secara psikis.

Hubungan psikis yang kuat ini bisa memberikan firasat pada satu sama lain jika merasakan hal-hal tertentu yang dirasakan.

Tidak mudah dan memerlukan proses jika kamu dan pasangan ingin memiliki ikatan batin yang kuat sebab harus ada kepercayaan, kasih sayang, dan kedekatan yang mampu menghubungkan satu sama lain.

Lalu, apa saja ciri-ciri ikatan batin orang yang saling mencintai? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

5 Ciri-ciri Ikatan Batin

1. Merasa Nyaman Saat Bersama

Ketika orang-orang dan lingkungan sekitarmu membuat lelah dan tertekan, justru kehadirannya malah membuatmu nyaman dan aman, maka ikatan batin kalian sudah terkoneksi dengan kuat.

Kenyamanan yang dirasakan ketika sedang bersama adalah tanda jika satu sama lain sudah mampu saling menerima.

Kamu sudah tidak sungkan atau terbebani di saat menghabiskan waktu bersama karena pasanganmu menawarkan kehangatan dan perhatian yang terasa menenangkan.

Kebersamaan yang mampu menciptakan kenyamanan merupakan ciri-ciri ikatan batin yang terjalin dari dua orang yang saling mencintai.

2. Saling Mengenal dan Memahami

Kebersamaan yang berlangsung nyatanya dapat membantu kamu dan pasangan untuk saling mengenal dan memahami satu sama lain.

Mungkin secara tidak sadar banyak hal yang coba kamu perhatikan dan cari tahu dari pasangan sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang.

Tanpa perlu banyak bicara, kalian biasanya akan paham dan mengerti akan kebutuhan serta keinginan masing-masing.

Mengenal dan memahami satu sama lain adalah tanda ikatan batin akan terbentuk secara sempurna dengan perhatian dan kepedulian yang kalian curahkan sebagai bentuk rasa cinta.

3. Saling Percaya

Kepercayaan adalah hal yang paling sulit untuk dijaga komitmennya, sehingga saat hubungan kalian sudah dilandasi dengan saling percaya, maka niscaya ikatan batin itu pun akan hadir.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu dan pasangan yang saling percaya dapat menjadi kunci utama untuk membuka jalan dalam membangun chemistry yang kuat.

Kepercayaan yang terjalin antara satu sama lain mampu membuat hubungan dipenuhi dengan rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.

Tidak heran, ikatan batin akan menyertai pasangan yang bisa saling menjaga kepercayaan yang sudah diberikan.

4. Tempat Mencurahkan Hati

Ketika kamu menemukan pasangan yang mampu mendengarkan semua cerita apa pun yang disampaikan tanpa memberikan penghakiman atau penilaian, maka dia adalah belahan jiwamu.

Kamu bebas mencurahkan hati satu sama lain tanpa mencoba untuk menasihati atau memberikan solusi, tapi cukup hanya dengan menjadi pendengar yang baik.

Pasangan yang dapat menjadi tempat curhat bisa menjadi belahan jiwa yang membangun ikatan batin yang kuat.

Ikatan batin ini akan terbentuk seiring dengan intensitas perbincangan kalian yang semakin intens dan mendalam.

5. Tidak Menutupi Apa Pun

Tidak ada rahasia dalam sebuah hubungan asmara memang mutlak menjadi syarat utama agar hubungan bisa tetap terjaga.

Maka dengan tidak menutupi apa pun pada pasangan, niscaya ikatan batin akan tercipta di dalamnya.

Saling terbuka tanpa berusaha menutupi apa pun akan membuat satu sama lain merasa dihargai, tanpa mengganggu privasi masing-masing.

Bicarakan setiap permasalahan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan ikatan batin pun jadi semakin terkoneksi.

Ikatan batin orang yang saling mencintai ternyata dapat terbentuk seiring berjalannya waktu dengan intensitas interaksi yang saling memberikan pengertian dan kepedulian.

Dan, untuk membangun hubungan serta ikatan batin yang lebih kuat, maka kamu harus membaca buku Love Talk 1.0.

Buku ini menceritakan hubungan asmara yang dijalin oleh Tim Pakpahan dan Chelsea Tjandra yang meskipun tampak harmonis di media sosial, tapi ternyata tidak selalu bebas dari konflik.

Pengalaman mereka dan pengalaman orang-orang terdekat mereka mampu mengajarkan kunci-kunci penting dalam membangun hubungan yang sehat dan menyenangkan.

Buku ini dapat langsung diorder melalui situs Gramedia.com atau akses secara digital lewat aplikasi Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com