Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku tentang Olahraga Terbaik dan Terlengkap untuk Referensi Belajar

Kompas.com - 04/11/2022, 11:30 WIB
Rekomendasi Buku tentang Olahraga Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku tentang Olahraga
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedi Olahraga Jilid 1
Pengarang: pemimpin redaksi, Junusul Hairy;…
|
Editor Rahmad

Apakah kamu tertarik dengan dunia olahraga? Meskipun kegiatan fisik yang perlu praktek, tetapi kamu juga perlu rekomendasi buku tentang olahraga untuk mendalami teori dan teknik dalam bidang olahraga.

Contohnya dalam mendefinisikan teknik, seperti pengertian kebugaran jasmani, sejarah, tips kesehatan dan sebagainya. Kamu mungkin butuh teori mutakhir untuk memahami hal tersebut. Jadi, buku bisa jadi sumber terbaik untuk mempelajari hal tersebut.

Rekomendasi Buku tentang Olahraga

Berikut ini rekomendasi buku tentang olahraga terbaik dan terlengkap sebagai referensi belajar secara teoritis maupun teknis:

1. Ensiklopedia Olahraga Jilid 1

Kegiatan olahraga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Beraneka ragam olahraga berkembang di Nusantara. Banyak atlet nasional yang berprestasi di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Beberapa rekor bahkan tercatat sebagai pencapaian prestasi yang luar biasa. Para atlet Indonesia tidak kalah dengan atlet di cabang olahraga yang sama yang berasal dari luar negeri.

Untuk itu, masyarakat umumnya dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai atlet-atlet yang berhasil mengukir sejarah dengan prestasi gemilang di cabang-cabang olahraga yang mereka tekuni.

Melalui buku Ensiklopedia Olahraga Indonesia ini, membaca dapat meningkatkan kebanggaan terhadap prestasi anak bangsa dibidang olahraga dengan ikut terinspirasi untuk menekuni sepak terjang para atlet tersebut.

Terutama dalam berlatih dan berkarya terus demi berkembangnya cabang olahraga bersangkutan dan mengharumkan nama bangsa.

2. Kamus Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Tanpa olahraga, kita akan mudah terserang penyakit. Keluhan akan datang secara perlahan seiring bertambahnya usia kita.

Aktivitas semakin banyak, waktu tidur kurang, dan porsi makan yang berlebihan menjadi pemicu datangnya penyakit tanpa disadari. Pada saat itulah, tubuh kita membutuhkan penyegaran dengan cara olahraga.

Menggerakkan tubuh hingga berkeringat dapat memberi efek positif bagi tubuh, sehingga terhindar dari datangnya berbagai penyakit.

Olahraga ringan yang dapat dilakukan setiap hari adalah jogging, push up, atau senam. Buku Kamus Olahraga ini akan memberi penjelasan pada kalian beberapa jenis olahraga dan istilah-istilah yang terkandung di dalamnya.

3. Buku Pintar Olahraga

Olahraga merupakan kebutuhan jasmani setiap orang yang harus selalu dipenuhi agar tubuh menjadi sehat. Olahraga banyak cara dan ragamnya, mulai dari olahraga yang ringan sampai olahraga yang berat.

Tidak sulit untuk melakukan olahraga. Berjalan mondar-mandir seperti aktivitas harian yang biasa kita lakukan adalah termasuk olahraga karena aktivitas tersebut menggerakkan tubuh sehingga membakar kalori.

Buku Pintar Olahraga ini layak masuk daftar rekomendasi buku tentang olahraga terlengkap karena membahas banyak cabang olahraga.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga

Olahraga kesehatan sudah mulai dikenal di dalam masyarakat dan telah menjadi salah satu gaya hidup mereka untuk menjaga kesehatan, bahkan untuk menyembuhkan sebuah penyakit yang sudah lama dirasakan dengan program yang terencana.

Buku Tips Menangkal Penyakit dengan Olahraga ini membahas keterkaitan berbagai jenis olahraga untuk menangkal penyakit-penyakit tertentu. Misalnya olahraga kaitannya dengan penderita tekanan darah tinggi, jantung, kencing manis dan sebagainya.

Demikian pula kaitannya kewaspadaan dalam melakukan olahraga tertentu, karena pada hakikatnya olahraga dapat menimbulkan heat stroke maupun “tanda bahaya” lain yang harus diwaspadai.

Dalam buku ini dibahas pula olahraga dalam kondisi tertentu, misalnya sewaktu sedang hujan, menderita haid, setelah sembuh dari sakit jantung, dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula beberapa ilustrasi contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari maupun yang muncul dalam praktik dokter terkait dengan olahraga kesehatan.

Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi panduan dalam kehidupan sehari-hari, bagi semua usia, sebagai upaya mengoptimalkan kondisi kesehatan.

5. Sehat Dan Bugar Di Usia Emas, Ragam Olahraga Di Usia 50-An

Buku Sehat dan Bugar Di Usia Emas ini membahas tentang latihan fisik yang ringan dan mudah dilakukan pada awalnya yang berfungsi untuk memperbaiki peredaran darah, pernapasan, jantung, penyebaran nutrisi, dan fungsi organ lain.

Yakni dengan gejala tubuh terasa sehat dan bugar, otot kencang dan kekar, serta memudarnya kerutan-kerutan pada kulit.

Gejala susulan yang akan muncul adalah perbaikan fungsi otak yang merangsang meningkatnya kebutuhan berpikir dan membaca.

Selanjutnya, buku ini juga akan membahas tentang fitness otak serta artikel-artikel pengetahuan realistis untuk memilah dan memilih cara berpikir dan bertindak yang tepat dan unggul. Pembahasan fitness secara menyeluruh membuat buku ini menjadi pedoman.

Terutama dalam latihan gerak dan berpikir yang tepat guna mencapai kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik jasmani maupun rohani/jiwa (pikiran).

Buku ini tidak hanya untuk pembaca usia 50-an, namun penting bagi pembaca berusia muda yang yakin akan mencapai usia 50 tahun.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang olahraga yang bisa kamu jadikan referensi belajar. Mana buku yang ingin kamu baca? Meskipun olahraga adalah kegiatan fisik, namun tidak ada salahnya jika kamu juga menguasai teorinya.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com