Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Nomor-Nomor yang Ada Pada Olahraga Lari

Kompas.com - 05/07/2022, 13:30 WIB
nomor lari pixabay nomor lari
Rujukan artikel ini:
50 Tips Sehat Menangkal Penyakit…
Pengarang: Prof.Dr.dr.Anies, M.Kes, PKK
|
Editor Rahmad

Cabang olahraga yang diperlombakan secara nasional dan internasional sangatlah banyak, ada yang beregu dan ada juga yang individu. Banyaknya cabang olahraga ini membuat perlombaan olahraga semakin meriah dan semakin menarik untuk dilihat oleh banyak orang. Saat ini, tak sedikit juga perlombaan olahraga yang sudah disiarkan di televisi, sehingga menjadi lebih mudah untuk menonton pertandingan olahraga.

Selain itu, hampir semua cabang olahraga sudah diperlombakan dalam kejuaraan olimpiade olahraga yang diselenggarakan dalam 4 tahun sekali. Ketika olimpiade olahraga diselenggarakan banyak masyarakat dunia yang antusias untuk menontonya, baik itu secara langsung atau hanya dari televisi. Hal ini bukan tanpa alasan karena setiap negara bisa mengikuti pagelaran olimpiade olahraga ini.

Salah satu cabang olahraga yang ada dalam perlombaan olimpiade olahraga adalah cabang olahraga lari, yang di mana dalam cabang olahraga tersebut terdapat beberapa nomor lari yang diperlombakan. Oleh sebab itu, banyak negara yang mengharapkan mendapatkan medali emas pada cabang olahraga lari dalam perlombaan olimpiade olahraga.

Banyaknya, nomor pada cabang olahraga lari membuat banyaknya atlet yang ikut serta dalam cabang olahraga lari. Hal ini dapat terjadi karena setiap olahraga lari yang diperlombakan memiliki teknik-teknik khusus, sehingga pelatihannya juga khusus juga.

Cabang Olahraga Lari

Sebelum membahas nomor-nomor olahraga lari, maka yang akan dibahas terlebih dahulu adalah apa itu cabang olahraga lari. Dengan mengetahui pengertiannya, maka akan lebih mudah dalam memahami setiap nomor cabang olahraga lari. Baca selengkapnya terkait Macam Olahraga Atletik.

Berbicara tentang olahraga lari yang diperlombakan, maka tidak bisa dilepaskan dari yang namanya cabang olahraga atletik. Dengan kata lain, olahraga lari termasuk ke dalam cabang olahraga atletik. Pada dasarnya, cabang olahraga atletik bukan hanya lari saja, tetapi umumnya dibagi menjadi beberapa kelompok, seperti berjalan, berlari, melempar, dan melompat.

Lari yang termasuk ke dalam cabang olahraga atletik bisa dibilang cukup diminati oleh banyak orang dan banyak negara termasuk negara Indonesia. Indonesia sendiri memiliki atlet lari yang bernama Lalu Muhammad Zohri dan ia sudah pernah menjuarai perlombaan lari di kancah internasional, yaitu Kejuaraan Dunia U20 2018 dalam nomor lari 100 meter.

Salah satu atlet dunia yang namanya sudah dikenal oleh banyak orang dalam cabang olahraga lari adalah Usain Bolt. Prestasi beliau sudah tak perlu ditanyakan lagi, bahkan sudah pernah memecahkan rekor lari tercepat 100 meter dalam waktu 9,58 detik.

Nomor-Nomor Cabang Olahraga Lari

Nomor-nomor pada cabang olahraga lari terdiri dari 6, yaitu lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari gawang, lari estafet, dan lari marathon.

1. Lari Jarak Pendek

Seperti dengan namanya, maka lari jarak pendek merupakan nomor lari yang di mana lebih rendah daripada lari jarak menengah dan lari jarak jauh. Nomor yang ada pada lari jarak pendek ini, yaitu 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

2. Lari Jarak Menengah

Kedua, lari jarak menengah, nomor yang ada pada lari jarak menengah mulai dari 800 sampai 1500 meter. Jarak yang cukup jauh, sehingga stamina yang dibutuhkan dalam perlombaan nomor lari ini juga lebih banyak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3.Lari Jarak Jauh

Setelah lari jarak pendek dan menengah, maka nomor pada cabang olahraga lari selanjutnya adalah lari jarak jauh. Jarak yang harus ditempuh oleh pelari lari jarak jauh minimal 5000 meter, cukup jauh bukan?

4. Lari Gawang

Berbeda dari nomor-nomor lari sebelumnya, lari gawang ini, pelari harus berlari sambil melompati gawang. Lari gawang ini biasanya dilakukan dalam jarak 100 meter dan 400 meter.

5. Lari Estafet

Lain halnya lagi dengan lari estafet yang di mana perlombaan lari ini dilakukan dengan berkelompok. Adapun nomor yang digunakan pada lari estafet adalah 4x100 meter dan 4x400 meter.

6. Lari Marathon

Nomor lari yang diperlombakan yang terakhir adalah lari marathon. Jarak tempuh lari marathon di atas dari lari jarak jauh, sehingga stamina yang dibutuhkan akan lebih banyak. Lari marathon memiliki dua jenis, yaitu half marathon dengan jarak 13 mil dan full marathon dengan jarak 26 mil.

Setelah mengetahui pengertian cabang olahraga lari dan macam-macam nomornya, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang atlet lari? Untuk menginginkan hal itu, sangat tidak mudah karena dibutuhkan kerja keras dan pantang menyerah. Selain itu, harus mengikuti latihan secara rutin dan dilatih oleh pelatih profesional.

Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga yang ditulis oleh Prof. Dr. dr. Anies M.Kes, PKK juga menjabarkan, olahraga sendiri bukan hanyalah dapat dilakukan oleh seorang atlet.

Dimana, dalam buku ini iya menjelaskan bahwa terdapat yang namanya olahraga kesehatan yang menjadi salah satu gaya hidup masyarakat untuk menjaga kesehatan atau bahkan menyembuhkan sebuha penyakit.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh terkait bagaimana tips yang dapat dilakukan, buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga dapat menjadi pilihan yang baik. Dapatkan bukunya di toko buku Gramedia terdekat di kotamu atau manfaatkan kemudahan berbelanja online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com