Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menyembuhkan Engkel Kaki Secara Alami, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Kompas.com - 08/12/2022, 20:00 WIB
Cara Menyembuhkan Engkel Kaki Secara Alami Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menyembuhkan Engkel Kaki Secara Alami
Rujukan artikel ini:
Tentang Tubuhmu
Pengarang: dr. Gia Pratama
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Saat berolahraga, kita terkadang mengalami kondisi di mana kaki tiba-tiba terpelintir dan akhirnya membuat kita sulit untuk berjalan normal.

Kaki yang terpelintir dan terkilir bisa menyebabkan jaringan di engkel atau pergelangan kaki menjadi meregang dan robek.

Pada umumnya, cedera engkel kaki bisa dialami oleh anak-anak hingga dewasa, dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Tapi untuk mencegah supaya rasa sakitnya tidak bertambah parah, akan lebih baik kalau kamu segera melakukan penanganan pertama sedini mungkin.

Untuk mempercepat masa penyembuhannya, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan engkel kaki secara alami.

6 Cara Menyembuhkan Engkel Kaki Secara Alami

1. Kompres dengan Es Batu

Es batu sejak dulu memang sudah dikenal sebagai obat alternatif untuk berbagai macam masalah, salah satunya untuk menyembuhkan cedera engkel kaki.

Mengompres bagian kaki yang nyeri dengan es batu bisa membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi karena cedera.

Kamu bisa mengompres bagian engkel kaki dengan es batu selama 10 sampai 15 menit, kemudian lakukan gerakan memutar pada area pergelangan kaki untuk memudarkan rasa nyeri yang ada.

2. Kompres Hangat

Selain menggunakan kompres es batu, kamu juga bisa gunakan metode kompres hangat untuk menyembuhkan nyeri pada engkel kaki.

Kompres hangat ini juga bisa membantu menenangkan cedera dan menghilangkan rasa trauma atau kaget setelah mengalami cedera.

Kamu bisa gunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat, tekan handuk ke area kaki yang mengalami cedera, diamkan selama 10 sampai 15 menit, dan jangan lupa untuk rutin melakukannya beberapa kali dalam sehari.

Tapi perlu diingat, jangan pernah gunakan kompres hangat saat kaki masih bengkak karena bisa meningkatkan peradangan dan memperlambat proses penyembuhan.

3. Pijat Bagian Kaki

Memijat bagian engkel kaki yang cedera sebenarnya akan lebih baik jika dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman, tapi kamu juga bisa melakukannya sendiri untuk penanganan pertama.

Memijat engkel kaki ini bisa membantu melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa nyeri kaki, mengatasi pembengkakan, dan sekaligus mengembalikan otot yang terkilir.

4. Peregangan

Peregangan adalah hal yang wajib dilakukan saat mengalami cedera, metode ini bisa membantu melenturkan otot yang kaku dan memperlancar peredaran darah.

Saat terjadi cedera, otot kaki akan beresiko mengalami kerusakan dan bisa membuat jaringan ototnya menjadi lemah, sehingga kamu perlu melakukan peregangan dengan teknik yang tepat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Lakukan gerakan peregangan secara perlahan dengan menggerakan bagian kaki ke depan, belakang, dan putar searah atau berlawanan dengan jarum jam, jangan lupa untuk melakukannya secara rutin setidaknya 3 kali setiap hari.

5. Teknik RICE

Dokter ahli biasanya menyarankan teknik RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) sebagai cara untuk menyembuhkan engkel kaki yang cedera.

Rest berarti mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami nyeri untuk mengurangi peradangan, sementara Ice adalah sebuah metode kompres engkel kaki dengan menggunakan es batu.

Compression merupakan sebuah teknik kompres yang bisa dilakukan dengan menggunakan perban untuk membantu mengembalikan posisi otot, sementara Elevation merupakan teknik untuk mengurangi rasa nyeri dan mencegah pembengkakan pada engkel kaki.

6. Mencoba Berjalan

Cara terakhir untuk mengatasi engkel kaki yang cedera atau nyeri adalah dengan mencoba untuk berjalan secara perlahan-lahan.

Setelah kamu selesai melakukan berbagai cara untuk penanganan pertama, kamu bisa mencoba berjalan kaki untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Tapi saat kamu masih merasa nyeri dan sulit untuk menggerakan bagian kaki, itu berarti kamu masih belum benar-benar pulih, jadi tunggulah dulu sekitar 1 sampai 2 hari kemudian.

Itu dia 6 cara menyembuhkan sakit pada engkel kaki secara alami, yang tentunya bisa dengan mudah kamu lakukan sendiri di rumah.

Meski terlihat mudah untuk dilakukan, berbagai permasalahan pada tubuh seperti cedera atau nyeri tentunya menjadi salah satu hal yang harus kamu hindari.

Di balik itu semua, menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh adalah hal terpenting yang harus dilakukan.

Selain berolahraga, masih ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan mengenali setiap bagian tubuhmu beserta organ-organ yang ada di dalamnya.

Melalui buku Tentang Tubuhmu yang ditulis oleh dr. Gia Pratama, kamu akan dipandu untuk mengenal anatomi tubuh serta fisiologi dasar, yang bisa membantu mengetahui setiap sistem yang ada di dalam tubuhmu.

Mengenal organ yang ada di dalam tubuh beserta keunikannya akan membuatmu menyadari bahwa merawat dan menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang paling penting.

Meski membahas materi yang sedikit rumit, dr. Gia bisa menyampaikan tulisannya dengan bahasa yang ringan dan gaya bercerita yang menarik, ini tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembaca.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa temukan buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com