Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Terapkan 5 Nilai yang Terkandung di Dalam Sila Ke 3 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari!

Kompas.com - 28/10/2022, 11:30 WIB
nilai yang terkandung dalam sila ke 3 Sumber: Gramedia.com nilai yang terkandung dalam sila ke 3
Rujukan artikel ini:
Inti Sari Pendidikan Pancasila dan…
Pengarang: Muhammad Tohir, S.H., M.H.
|
Editor Rahmad

Pancasila merupakan ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pancasila disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945.

Sesuai dengan namanya, Pancasila memiliki lima sila yang terkandung di dalamnya. Setiap sila memiliki makna serta nilai yang berbeda-beda, yang terkandung di dalamnya. Seperti pada sila ke 3 Pancasila yang memiliki lambang sila ke 3 yaitu pohon beringin yang memiliki makna bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dengan keberagaman di dalamnya sehingga istimewa untuk dipertontonkan.

Sila ke 3 ini juga mengandung sebuah nilai atau pedoman dasar dalam kehidupan rakyat Indonesia. Jadi, berikut ini nilai-nilai yang terkandung di dalam sila ke 3 Pancasila.

Nilai-nilai dalam Sila ke 3 Pancasila

nilai yang terkandung dalam sila ke 3 nilai yang terkandung dalam sila ke 3

1. Cinta tanah air

Pada sila ke 3 terdapat nilai yang dapat kita ambil dan sangat bermanfaat untuk kehidupan sebuah bangsa dan negara, nilai tersebut adalah cinta tanah air. Dengan mencintai tanah air Indonesia, kita dapat berusaha secara maksimal untuk menjaga keharmonisan sesama bangsa Indonesia.

Selain itu, bangsa Indonesia juga memiliki peran dalam menjaga alam yang terdapat di wilayah Indonesia. Seperti yang sudah kita tahu bersama, kondisi alam Indonesia sangat berpengaruh bagi kondisi flora dan fauna yang ada di Indonesia.

Alam yang terawat dengan baik pasti akan membuat flora dan fauna di dalamnya bisa bertahan hidup lebih lama. Dengan begitu, keturunan kita nantinya masih bisa melihat flora dn fauna itu.

Untuk melakukan cinta tanah air, maka sebaiknya kita bisa memulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Kalau diri sendiri sudah mencintai tanah air, maka kita bisa dengan mudah mengajak orang lain untuk turut serta mencintai tanah air Indonesia.

2. Persatuan dan kesatuan

Bunyi dari lambang sila ke 3 adalah persatuan Indonesia. Jadi, sila ke 3 mempunyai nilai persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia memiliki peran penting untuk keutuhan bangsa Indonesia.

Keutuhan bangsa Indonesia dapat memicu semangat untuk membuat negara Indonesia ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Kalau Indonesia bisa berkembang, maka tidak menutup kemungkinan jika Indonesia akan semakin dikenal lebih banyak negara lagi.

3. Rela berkorban

Nilai selanjutnya yang terdapat dalam sila ke 3 adalah rela berkorban terutama untuk membela negara. Rela berkorban adalah salah satu bentuk dari sikap dan perilaku nasionalisme.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sikap dan perilaku nasionalisme ini adalah salah satu bentuk untuk mencintai negaranya. Dari adanya rasa cinta inilah kitab isa terbangun rasa keinginan untuk bisa ikut serta dalam pembangunan negara Indonesia.

4. Bangga dengan keberagaman

Indonesia dikenal dengan keberagamannya. Maka dari itu, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang bangga dengan adanya keberagaman ini. Rasa bangga inilah yang terkandung di dalam nilai sila ke 3.

Semakin kita bangga akan keberagaman di negara Indonesia, maka kita akan berusaha untuk tidak membandingkan atau menjelek-jelekan setiap keberagaman yang dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia. Sebab, hal ini mampu menyebabkan konflik sesama bangsa Indonesia.

5. Senang menggunakan produk lokal

Kalau kamu orang yang suka menggunakan produk lokal, maka dapat dikatakan kalau kamu telah menerapkan nilai dari sila ke 3. Sebab, nilai pada dila ke 3 ini dapat melatih kamu untuk bangga dalam menggunakan produk-produk buatan Indonesia,

Dengan melakukan hal ini, maka kamu sudah turut serta dalam membangun ekonomi Indonesia terutama untuk para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). UMKM yang semakin berkembang, maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan baru yang terbuka.

Itulah nilai-nilai yang terkandung di dalam sila ke 3 Pancasila. Dengan mengetahuinya, maka diharapkan kamu bisa menerapkannya di dalam kehidupan. Jika kamu ingin memahami wawasan Pancasila lebih dalam, kamu bisa membaca buku Inti Sari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Buku ini adalah penggabungan pembelajaran mengenai nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan yang secara umum memang perlu untuk diketahui bersama oleh seluruh warga negara Indonesia.

Melalui buku ini, pembaca bisa memahami nilai-nilai Pancasila dan sistem politik demokratis menurut Pendidikan kewarganegaraan serta untuk memahami masalah seperti ketahanan nasional, identitas bangsa, negara hukum, wawasan nusantara, good governance, serta sistem politik demokrasi.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com