Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati! Kurangi Konsumsi Makanan Penyebab Kesemutan Berikut Ini

Kompas.com - 26/10/2022, 18:00 WIB
Makanan Penyebab Kesemutan Sumber Gambar: Pexels.com Makanan Penyebab Kesemutan
Rujukan artikel ini:
Food Combining: Kombinasi Makanan Sehat…
Pengarang: Andang W. Gunawan
|
Editor Ratih Widiastuty

Makanan penyebab kesemutan tentunya harus dikurangi atau bahkan dihindari untuk dikonsumsi karena akan mengganggu kesehatan tubuh.

Perlu diketahui, kesemutan ialah suatu kondisi yang terjadi pada bagian tangan dan kaki yang memberikan sensasi seperti tertusuk-tusuk jarum.

Meski bersifat sementara, kesemutan nyatanya dapat cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman ketika harus melakukan aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kesemutan, seperti memakai sepatu yang kekecilan, terlalu lama jongkok atau duduk, hingga bisa juga gangguan kesehatan akibat saraf yang bermasalah, seperti neuropati.

Neuropati ialah istilah yang dipakai untuk gejala gangguan pada saraf tubuh, berupa kesemutan, otot kram, nyeri, hingga sulit buang air kecil.

Nah, jika kamu sering mengalami kesemutan, bisa saja ini diakibatkan oleh konsumsi makanan tertentu yang menyebabkan kesemutan.

Biasanya area tubuh yang mengalami kesemutan pun bisa dibarengi dengan kondisi lainnya, seperti sulit untuk bergerak, lemah, kaku, hingga terasa seperti terbakar atau dingin.

Faktanya, beberapa jenis makanan bisa memicu terjadinya kondisi kesemutan pada bagian tubuh yang mulai saat ini harus kamu waspadai dan hindari untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Makanan apa saja yang dapat memicu terjadinya kondisi kesemutan pada area tubuh? Simak jawabannya di bawah ini.

Makanan Penyebab Kesemutan

1. Makanan Manis yang Banyak Mengandung Gula

Penyebab yang dapat mengembangkan neuropati ialah penyakit diabetes yang sudah diketahui oleh banyak orang akibat gula darah yang tinggi.

Makanan manis yang mengandung gula dapat memicu terserang penyakit diabetes yang bisa berbahaya bagi tubuh karena selain menimbulkan kesemutan, diabetes juga bisa menimbulkan penyakit komplikasi lainnya.

Neuropati diabetik dapat terjadi dikarenakan kerusakan saraf yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

Maka kurangi atau hindari saja makanan yang mengandung gula atau pemanis buatan karena hanya akan memberikan kenikmatan sesaat dengan risiko tinggi.

2. Makanan Asin dengan Kandungan Garam yang Tinggi

Sama seperti makanan manis yang mengandung gula, makanan asin yang kaya akan garam pun dapat memicu kesemutan pada area tubuh.

Kandungan garam yang tinggi pada aliran darah bisa menyumbat peredaran darah yang menimbulkan kesemutan bahkan mati rasa pada saraf.

Agar saraf tidak menjadi stres dan terganggu, sebaiknya mulai saat ini kurangi konsumsi makanan asin dengan kandungan garam yang tinggi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Beberapa makanan seperti fast food, daging olahan, dan makanan lainnya yang tinggi natrium dapat memicu kesemutan pada area tubuh.

3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan penyebab kesemutan selanjutnya adalah makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Biasanya makanan seperti ini ada pada daging berlemak dan produk olahan susu.

Biasanya makanan yang tinggi akan lemak jenuh dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2, kegemukan, dan penyakit jantung.

Usahakan untuk selalu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi agar dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Cara Mengatasi Kesemutan

Jika kamu tengah mengalami kesemutan, maka jangan panik terlebih dahulu karena biasanya hanya terjadi sementara waktu saja.

Kamu dapat mengatasi kesemutan dengan cara yang mudah, yakni dengan menghindari makanan-makanan yang telah disebutkan dan menggantinya dengan makanan yang mengandung asam folat, omega 3, kaya antioksidan, asam alfa lipoat, dan vitamin B.

Tidak hanya lewat kontrol makanan, kesemutan pun dapat dihindari dengan cara memerhatikan posisi duduk dan tidur, sering menggerakkan tubuh, melakukan peregangan otot, serta istirahat yang cukup.

Namun, jika kesemutan yang kamu alami tidak kunjung hilang, maka alangkah lebih baik untuk segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ternyata memerhatikan konsumsi makanan yang tepat dapat menghindarkan kita dari kesemutan yang biasanya merupakan gejala atau pertanda awal dari gangguan saraf yang jika dibiarkan justru malah mengundang berbagai penyakit.

Oleh karena itu, baca buku Food Combining yang akan memberikan wawasan seputar kombinasi Makanan Serasi, atau yang lebih dikenal dengan food combining.

Pola makan dalam food combining akan membantu mencegah kita terkena beragam jenis penyakit, bahkan beberapa orang yang tengah sakit dan tidak dapat pulih secara medis mampu kembali sehat dengan menerapkan food combining.

Dilengkapi dengan informasi kombinasi makanan yang serasi dan tidak serasi beserta contoh menu sehari-hari dan resep masakannya, yang akan memudahkan siapa saja untuk mulai menerapkan pola makan ini.

Yuk, segera order bukunya di Gramedia.com atau baca bukunya secara digital melalui aplikasi Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com