Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Investasi Saham Bisa Jadi Sultan dalam Semalam? Simak Kesalahan Umum tentang Saham di Sini!

Kompas.com - 29/08/2022, 19:00 WIB
Buku Formula Mencari Investasi Saham Terbaik Sumber Gambar: Dok. Elex Media Komputindo Buku Formula Mencari Investasi Saham Terbaik
Rujukan artikel ini:
Formula Mencari Investasi Saham Terbaik
Pengarang: Adi Prasetya
|
Editor Ratih Widiastuty

Banyak sekali orang masuk ke dunia investasi dengan anggapan bahwa pasar modal adalah cara untuk menjadi sultan dalam waktu satu malam seperti kisah bandung bondowoso membangun candi prambanan.

Pola pikir ini berbahaya karena menimbulkan ekspektasi yang terlalu tinggi, sehingga banyak orang yang jatuh kepada menaruh risiko yang kelewat tinggi dan tidak siap dengan potensi kerugiannya juga yang mungkin disebabkan juga karena belum mengerti soal risiko secara lebih utuh.

Hal ini adalah salah satu kesalahan umum yang terjadi pada investor pemula.

Kesalahan lainnya yaitu:

1. Terlalu Yakin Bahwa Harga Saham “Pasti” Naik

Banyak yang menganggap bahwa misalnya perusahaan yang mempunyai fundamental bagus, harga sahamnya “pasti” naik signifikan dalam tahun tertentu.

Hal ini belum tentu terjadi, sangat banyak faktor yang bisa menyebabkan harga sebuah saham atau instrumen apa pun di dunia ini mengalami kenaikan dan penurunan.

2. Tidak Mengelola Risiko dengan Baik

Tidak ada yang bisa mengetahui masa depan apalagi dalam hal investasi, di mana semuanya adalah probabilitas dan bukan suatu kepastian.

Maka dari itu, penting bagi investor untuk menyadari kemungkinan risiko yang akan dia alami dan mengelola risiko tersebut.

3. Berekspektasi Kaya dari Investasi Saham

Kaya dari saham bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi.

Banyak investor hebat dunia yang berhasil kaya dari pekerjaannya sebagai investor full time.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, perlu digarisbawahi bahwa tidak ada yang pasti dalam dunia investasi saham, sehingga investor harus selalu bersiap akan kemungkinan terburuk.

Untuk menghindari kesalahan umum di atas, seorang investor harus memiliki hal-hal dasar yaitu 3M (money management, method, dan mental) agar mampu menemukan investasi saham terbaik.

Selain 3M tersebut, strategi analisis saham juga berperan penting pada kesuksesan berinvestasi.

Banyak strategi analisis saham yang bisa dipelajari, salah satunya adalah analisis cyclical sectoral, yaitu analisis pergerakan masing-masing sektor saham dalam sebuah siklus.

Lebih lengkapnya tentang analisis saham sektoral bisa Anda temukan pada buku “Formula Mencari Investasi Saham Terbaik”.

Buku ini membahas metode membeli saham dengan melihat sektor dan industri pada bursa saham dengan melihat data historisnya.

Meskipun masa lalu tidak menjamin masa yang akan datang, tapi mempelajari data historis untuk mengambil keputusan ke depan adalah sebuah strategi investasi.

Karena investasi tanpa melihat data adalah spekulasi!

Buku ini bisa Anda dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com