Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Budi Daya Ikan Mas untuk Pemula sebagai Peluang Bisnis yang Menggiurkan

Kompas.com - 11/10/2022, 10:00 WIB
Budi Daya Ikan Mas Sumber Gambar: Pexels.com Budi Daya Ikan Mas
Rujukan artikel ini:
Rahasia Sukses Budidaya Ikan Mas
Pengarang: Hadi Tribowo
|
Editor Almira Rahma Natasya

Budi daya ikan mas mampu menjadi sebuah peluang usaha yang menarik, karena hampir semua masyarakat Indonesia sudah merasa sangat familier dengan ikan air tawar yang satu ini.

Ikan mas merupakan sumber protein yang sudah biasa dikonsumsi, karena selain mempunyai gizi dan rasa yang enak, harganya pun tergolong ramah di kantong.

Ikan mas sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang akan kehadirannya di Indonesia, karena ikan mas sebenarnya berasal dari Tiongkok dan Eropa, yang kemudian seiring berjalannya waktu mulai dibudidayakan dan memiliki nilai ekonomis.

Berdasarkan beberapa sumber, ikan mas yang tersebar di Indonesia merupakan ikan mas yang berasal dari Tiongkok Selatan dan telah berkembang sejak abad ke-19 di daerah Ciamis, Jawa Barat.

Tidak mengherankan jika budi daya ikan mas mampu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, karena memiliki potensi harga jual yang tinggi dengan permintaan yang tidak pernah sepi di pasaran.

Perawatan ikan mas juga tergolong mudah karena dapat dipelihara di kolam dengan air yang dangkal dan mengalir.

Maka dari itu, banyak sekali orang yang berminat untuk membudidayakan ikan mas sebagai peluang bisnis.

Jika ingin memulainya, bagaimana cara budi daya ikan mas bagi pemula? Simak caranya berikut ini.

Cara Budi Daya Ikan Mas

1. Mempersiapkan Kolam Ikan Mas

Pastinya, langkah awal untuk memulai budi daya ikan mas adalah dengan mempersiapkan lahan untuk dijadikan kolam.

Pada umumnya, terdapat tiga jenis kolam yang dapat digunakan untuk budi daya ikan mas, yaitu kolam tanah, kolam air deras, dan kolam terpal.

Meskipun memakan banyak biaya yang jauh lebih besar, tapi pada umumnya kebanyakan orang memilih kolam terpal sebagai media budi daya ikan mas.

Kolam terpal mempunyai beberapa kelebihan, salah satunya adalah tidak terlalu memakan banyak tempat, sehingga bisa dibuat di lahan sekitar rumah.

2. Memilih Bibit Ikan Mas

Setelah memilih dan mempersiapkan jenis kolam yang paling cocok dan sesuai, langkah selanjutnya adalah dengan memilih bibit yang bagus.

Bibit ikan mas yang bagus akan sangat menentukan kualitas ikan mas yang akan dipanen menjadi memiliki nilai jual yang tinggi.

Terdapat beberapa ciri bibit ikan mas yang bagus, seperti gerakan yang gesit, kulit yang mulus, berasal dari indukan berkualitas, dan nafsu makan yang besar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Akan jauh lebih baik jika kamu membeli bibit ikan mas melalui beberapa tempat yang sudah terpercaya.

3. Memelihara Ikan Mas

Kunci sukses untuk menghasilkan ikan mas yang berkualitas baik saat dipanen adalah dengan merawatnya sebaik mungkin.

Beberapa perawatan yang harus dilakukan adalah seperti memberi pakan secara teratur, menjaga kebersihan kolam, hingga memberikan probiotik untuk ikan mas.

Perawatan yang dilakukan secara rutin dan terencana tentunya akan menjadikan pertumbuhan ikan mas berjalan dengan baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jadi, siapkan waktu dan tenaga agar dapat memberikan perawatan dalam memelihara ikan mas supaya hasil panen dapat memuaskan.

4. Memanen Ikan Mas

Dibutuhkan waktu selama 2 hingga 3 bulan untuk mendapatkan bobot ikan mas yang ideal agar dapat segera dijual dan dipasarkan.

Biasanya, berat seekor ikan mas yang dianggap memenuhi standar pasar adalah sebesar 400 gram.

Oleh karena itu, fokuskan budi daya pada perawatan yang baik, khususnya kesediaan kolam dan pemberian probiotik, agar dapat terhindar dari penyakit serta berat ikan pun bisa bertambah dengan cepat.

Lakukan perawatan secara tekun dan terperinci agar bisa meminimalisir risiko kerugian di saat panen.

Itulah empat cara atau langkah dalam budidaya ikan mas yang dapat dilakukan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Namun, jika kamu membutuhkan informasi yang jauh lebih lengkap dan terperinci tentang budi daya ikan mas, buku Rahasia Sukses Budidaya Ikan Mas yang ditulis oleh Hadi Tribowo bisa dijadikan sumber referensi untuk mempelajarinya.

Buku ini menyuguhkan seluk beluk pembudidayaan ikan mas, mulai dari pemilihan lahan pembudidayaan, pembibitan, pakan, penanggulangan penyakit, hingga pengelolaan panen dan pasca panen.

Informasi dari buku ini diharapkan dapat menolong meningkatkan produksi ikan mas yang juga akan turut mendorong pendapatan para pembudidaya ikan mas menjadi jauh lebih makmur dan sejahtera.

Jika berminat menggeluti usaha budi daya ikan mas, langsung saja pesan dan beli bukunya lewat Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com