Unsur-Unsur Manajemen, Pengertian, dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 05/08/2022, 18:00 WIB
Unsur Manajemen Sumber Gambar: Freepik.com Unsur Manajemen
Rujukan artikel ini:
Manajemen Produksi
Pengarang: Daryanto
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Manajemen merupakan salah satu bagian yang penting dalam kehidupan manusia, yang berguna untuk mengatur kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh individu maupun kelompok.

Dengan memiliki kemampuan manajemen yang baik, seseorang akan mampu memahami aktivitas apa yang harus ia kerjakan dan bagaimana cara menjalankannya dengan baik dan benar untuk memenuhi target yang akan dicapai.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Bapak Ilmu Manajemen, George R. Terry mengartikan manajemen sebagai proses panjang yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Hampir sama seperti George R. Terry, Henry Fayol mengartikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan sumber daya yang sudah ada sebelumnya, sebagai cara untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

Jika diartikan secara umum, manajemen bisa didefinisikan sebagai sekumpulan prinsip yang berkaitan langsung dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan penerapan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.

Setelah mengetahui pengertian manajemen secara luas, kamu juga harus memahami unsur-unsur manajemen yang ternyata memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup sebuah organisasi bisnis.

Menurut beberapa sumber, unsur-unsur manajemen lebih dikenal dengan istilah 6M, kamu bisa simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Unsur-Unsur Manajemen

1. Man (Manusia)

Menjalankan proses manajemen yang efektif dan efisien tentunya hanya bisa dijalankan oleh manusia, sehingga manusia termasuk ke dalam salah satu hal paling penting dalam unsur manajemen.

Tanpa adanya manusia, sebuah pekerjaan tidak akan bisa berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat, karena manusia adalah makhluk pekerja yang bisa menyelesaikan berbagai macam tugas serta mampu memotivasi manusia lain dalam melakukan pekerjaannya.

Manusia pada dasarnya mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif dan memberikan banyak ide yang inovatif demi tercapainya suatu tujuan organisasi.

2. Money (Uang)

Untuk bisa mencapai tujuan, uang merupakan modal dasar yang sangat diperlukan dalam sebuah organisasi, uang ini bisa digunakan untuk membeli dan mendapatkan berbagai sumber daya yang dibutuhkan.

Seseorang harus bisa mengelola keuangan dengan bijak dan efisien, sehingga semua perlengkapan dan peralatan bisa terpenuhi.

Salah satu poin penting yang bisa dilakukan untuk mengatasi keuangan adalah membuat pembukuan untuk mencatat proses keluar-masuknya keuangan setiap harinya, sehingga bisa mencegah adanya pemborosan.

3. Material (Bahan)

Pasokan bahan baku juga menjadi salah satu unsur yang penting dalam proses manajemen, karena kurangnya bahan baku secara otomatis akan mengakibatkan turunnya daya proses produksi.

Terhambatnya proses produksi baik dalam jangka pendek maupun panjang tentunya bisa menyulitkan organisasi untuk mencapai tujuannya.

Saat berurusan dengan bahan baku, pelaku bisnis harus memperhatikan berbagai hal yang penting seperti cara menangani bahan baku supaya tidak ada yang terbuang sia-sia dan cara menghitung kebutuhan bahan baku yang tepat supaya tidak menghabiskan anggaran yang tersedia.

4. Machine (Mesin)

Machine atau mesin merupakan unsur penting yang dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dan memudahkan pelaksanaan aktivitas perusahaan secara efektif dan efisien.

Mesin digunakan untuk memperbaiki kualitas produk yang tidak bisa dibenahi hanya dengan cara manual, sehingga kamu harus memperhatikan kualitas mesin tersebut agar bisa selalu terjaga dengan baik.

Selain untuk mempercepat pekerjaan dan memperbaiki kualitas produk yang dihasilkan, mesin juga berfungsi untuk menekan terjadinya kesalahan manusia atau human error.

5. Method (Metode)

Metode merupakan salah satu unsur manajemen yang diperlukan untuk bisa mengatur prosedur dan standar operasional suatu pekerjaan, yang membuat pekerjaan tersebut bisa lebih cepat selesai.

Dalam sebuah organisasi, seseorang harus mampu menciptakan berbagai metode atau strategi terbaiknya untuk bisa menghasilkan output yang baik dan berkualitas, sehingga tujuan yang efisien bisa tercapai.

6. Market (Pasar)

Target pasar atau konsumen juga merupakan elemen penting dalam unsur manajemen, karena tanpa adanya pemasaran, produk yang dihasilkan tidak akan laku terjual.

Dengan tidak adanya permintaan dari konsumen, sebuah organisasi bisnis bisa tiba-tiba menghentikan aktivitas produksinya dan gagal mencapai tujuannya.

Selain itu, keberadaan pasar atau konsumen juga penting agar perusahaan bisa mengetahui kekurangan dari suatu produknya untuk nantinya diperbaiki di kemudian hari, sehingga mampu menghasilkan produk yang terbaik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika diperhatikan secara seksama, keenam unsur manajemen ini memiliki keterkaitan satu sama lain, jadi jika salah satu unsurnya tidak ada, maka keseluruhan unsur tersebut akan sulit untuk terlaksana.

Setelah mengetahui keenam unsur manajemen, kamu juga harus memahami fungsi-fungsi manajemen yang akan semakin membantu terciptanya tujuan organisasi yang efektif dan efisien.

Berikut ini merupakan 5 fungsi manajemen yang wajib untuk dijalankan oleh para pelaku bisnis.

Fungsi Manajemen

1. Planning (Perencanaan)

Perencanaan merupakan sebuah rangkaian proses pemilihan atau penetapan strategi organisasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Ada 4 tahap yang perlu dilalui dalam proses perencanaan, yaitu menetapkan tujuan, merumuskan keadaan organisasi, mengidentifikasi adanya hambatan tertentu, dan mengembangkan rencana untuk mencapai tujuan.

Dengan adanya proses perencanaan, sebuah organisasi bisa menghindari resiko yang mungkin terjadi di masa mendatang, dan bisa mengambil keputusan yang tepat di segala situasi.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian merupakan serangkaian aktivitas pembagian tugas yang akan dikerjakan, serta proses pengembangan struktur organisasi yang akan disesuaikan dengan tujuan organisasi.

Jika tujuan pengorganisasian dijalankan dengan baik, sebuah organisasi akan mampu mengatur berbagai sumber dayanya dengan baik dan setiap unsur manajemen bisa menjalankan fungsinya dengan sebaik-baiknya.

3. Fungsi Staffing

Hampir sama seperti organizing, fungsi staffing ini bertujuan untuk menempatkan sumber daya organisasi di tempat yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Fungsi staffing ini tidak hanya berhubungan dengan tenaga kerja saja, tapi juga keseluruhan sumber daya dalam organisasi tersebut, termasuk peralatan, inventaris, dan sumber daya lainnya.

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, kebutuhan setiap divisinya tentu berbeda satu sama lain, jadi disinilah fungsi staffing ini akan sangat berguna jika digunakan dengan tepat.

4. Coordinating (Pengarahan atau Koordinasi)

Fungsi ini bertujuan untuk mengarahkan atau mengendalikan sebuah pekerjaan agar bisa semakin efektif dan efisien.

Dalam proses koordinasi, ada beberapa aktivitas yang harus dilakukan oleh perusahaan yaitu menerapkan motivasi kepada para tenaga kerja agar tetap dapat bekerja secara maksimal, memberikan penjelasan tugas secara rutin agar tidak terjadi miskomunikasi, dan menerapkan kebijakan sesuai dengan aturan perusahaan.

5. Controlling (Pengawasan)

Tujuan dari fungsi ini adalah untuk menilai pekerjaan yang sebelumnya sudah dilakukan oleh seluruh sumber daya yang ada dalam sebuah perusahaan.

Pengawasan ini penting dilakukan agar perusaahan bisa menentukan kualitas layanan atau produk yang akan dihasilkan sekaligus mengecek apakah seluruh prosedur perusahaan sudah dijalankan dengan baik atau belum.

Memahami pengertian, unsur-unsur, dan fungsi manajemen merupakan salah satu hal terpenting terutama bagi kamu yang ingin menjalankan sebuah bisnis.

Bisnis yang sukses baru bisa dijalankan dengan baik jika kamu mau lebih mempelajari seluk beluk dunia manajemen dengan baik.

Salah satu cara mengenal dunia manajemen adalah dengan membaca beberapa buku yang membahas soal manajemen, seperti dalam buku Manajemen Produksi yang ditulis oleh Daryanto.

Manajemen produksi merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, serta pengendalian kegiatan fungsi produksi untuk bisa menghasilkan produk yang berkualitas tinggi sesuai dengan keinginan konsumen.

Untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut, buku Manajemen Produksi bisa memberikanmu pengetahuan yang lebih mengenai dunia produksi dan aspek lain yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Pengetahuan mengenai manajemen produksi adalah hal yang penting untuk diketahui semua pihak yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis, sehingga bisnis yang dijalankan tidak akan berhenti sia-sia karena tujuannya tidak tercapai.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan dengan mudah melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Step by Step Belajar Jadi Youtuber Sukses

Step by Step Belajar Jadi Youtuber Sukses

buku
Mengulas Sejarah Ilmu Manajemen dari Awal Kemunculan Sampai Perkembangannya

Mengulas Sejarah Ilmu Manajemen dari Awal Kemunculan Sampai Perkembangannya

buku
5 Rekomendasi Buku yang Setidaknya Kamu Baca Sebelum Melakukan Pernikahan

5 Rekomendasi Buku yang Setidaknya Kamu Baca Sebelum Melakukan Pernikahan

buku
Berapa Tinggi Badan Member TXT? Berikut Ini Profil 5 Member TXT yang Punya Postur Tinggi Menjulang Sampai Dijuluki ‘Titan’

Berapa Tinggi Badan Member TXT? Berikut Ini Profil 5 Member TXT yang Punya Postur Tinggi Menjulang Sampai Dijuluki ‘Titan’

buku
5 Rekomendasi Buku Pantun Terbaik Untuk Belajar Karya Sastra Indonesia

5 Rekomendasi Buku Pantun Terbaik Untuk Belajar Karya Sastra Indonesia

buku
Yuk Jalan-Jalan Virtual ke Jepang dengan Membaca Buku Ini!

Yuk Jalan-Jalan Virtual ke Jepang dengan Membaca Buku Ini!

buku
Karya Sastra Pantun: Ini Sejarahnya Sampai Jadi Warisan Dunia oleh UNESCO

Karya Sastra Pantun: Ini Sejarahnya Sampai Jadi Warisan Dunia oleh UNESCO

buku
5 Tips Menjadi Programmer Pemula yang Sukses

5 Tips Menjadi Programmer Pemula yang Sukses

buku
Makna Mulia di Balik Kata Samawa Sebagai Ucapan Pernikahan

Makna Mulia di Balik Kata Samawa Sebagai Ucapan Pernikahan

buku
Siapa Member EXO yang Sudah Menikah? Yuk, Intip Fakta-Fakta Menarik Mengenai Para Member EXO Berikut Ini

Siapa Member EXO yang Sudah Menikah? Yuk, Intip Fakta-Fakta Menarik Mengenai Para Member EXO Berikut Ini

buku
Bolehkah Kelinci Makan Nasi? Simak Penjelasannya dan Pahami Juga Beberapa Makanan yang Berbahaya Bagi Kelinci

Bolehkah Kelinci Makan Nasi? Simak Penjelasannya dan Pahami Juga Beberapa Makanan yang Berbahaya Bagi Kelinci

buku
Jangan Ragu, Ini 9 Cara Sukses Memulai Bisnis Fashion!

Jangan Ragu, Ini 9 Cara Sukses Memulai Bisnis Fashion!

buku
Yuk Baca Puisi Motivasi Sukses, Biar Makin Semangat!

Yuk Baca Puisi Motivasi Sukses, Biar Makin Semangat!

buku
Ide Nama Panggilan untuk Sahabat Perempuan dan Tips Menjaga Persahabatan agar Tetap Awet dan Bertahan Lama

Ide Nama Panggilan untuk Sahabat Perempuan dan Tips Menjaga Persahabatan agar Tetap Awet dan Bertahan Lama

buku
10 Model Rambut Keriting Pendek Wanita Terbaik yang Stylish

10 Model Rambut Keriting Pendek Wanita Terbaik yang Stylish

buku
Ini Tips Memilih Model Rambut Wanita yang Cocok  dengan Bentuk Wajah

Ini Tips Memilih Model Rambut Wanita yang Cocok dengan Bentuk Wajah

buku
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.