Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Perusahaan Tbk, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 24/01/2022, 16:00 WIB
tbk Sumber Gambar: Freepik.com tbk
Rujukan artikel ini:
Manajemen Keuangan Sebagai Dasar Pengambilan…
Pengarang: Ni Luh Gede Erni…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Mungkin kamu sudah pernah melihat istilah Tbk di belakang beberapa nama perusahaan, seperti PT Bank Mandiri Tbk, PT XL Axiata Tbk, dan lain-lain.

Namun, apakah kamu tahu arti dan maksud dari perusahaan Tbk ini?

Pengertian Perusahaan Tbk

Istilah Tbk secara sederhana merupakan kepanjangan dari ‘terbuka’ dan menandakan bahwa perusahaan tersebut tergolong dalam perusahaan perseroan terbuka atau perusahaan publik.

Perusahaan Tbk memiliki arti bahwa bentuk dari kepemilikan perusahaan disalurkan kepada masyarakat yang melakukan pembelian saham melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menjadi pemilik saham di perusahaan tersebut.

Berdasarkan laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kepemilikan saham dalam perusahaan Tbk minimal dimiliki oleh setidaknya 300 pemilik saham dan memiliki modal awal sebesar tiga milyar rupiah, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Tujuan dari perusahaan Tbk ini adalah untuk menjual saham dan obligasinya kepada masyarakat luas sehingga bisa memperoleh modal sebanyak-banyaknya berupa uang tunai.

Selanjutnya modal tersebut bisa digunakan untuk mengerjakan kegiatan ekspansi perusahaan ataupun proyek lain yang dinilai menguntungkan.

Karena memiliki sumber modal usaha yang diperoleh dari beberapa pemilik saham, maka semakin besar nilai saham yang diberikan juga akan membuat profit yang didapatkan semakin besar.

Bentuk perusahaan Tbk memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut, yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin mendirikan perusahaan.

Kelebihan Perusahaan Tbk

  1. Perusahaan jadi terlihat lebih meyakinkan dengan adanya label Tbk, karena sahamnya bisa dimiliki oleh banyak investor yang berasal dari masyarakat.
  2. Memiliki peluang untuk mengembangkan sayap perusahaan karena mempunyai modal yang besar dari investor.
  3. Dalam segi finansial, perusahaan Tbk juga mendapat keuntungan dari pemerintah berupa fasilitas insentif pajak penghasilan atau PPh, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2015.
  4. Bisa melakukan strategi diversifikasi bisnis untuk mengurangi peluang terjadinya risiko.
  5. Meningkatkan likuiditas atau kemampuan yang dimiliki perusahaan untuk memenuhi kewajibannya.
  6. Dengan menjadi perusahaan terbuka, maka akan lebih mudah bagi perusahaan untuk melakukan merger ataupun negosiasi dengan perusahaan lain dengan memanfaatkan saham.
  7. Bisa meningkatkan potensi pasar untuk semakin meningkatkan penjualan produk.

Kekurangan Perusahaan Tbk

  1. Keterbukaan informasi di dalam perusahaan dan pengambilan keputusan untuk mengembangkan bisnis harus selalu diinformasikan kepada para investor.
  2. Diwajibkan membuat laporan rutin untuk disampaikan kepada BEI, yang meliputi laporan keuangan dan kegiatan perusahaan per kuartal, semester, hingga tahun.
  3. Ketransparanan akan rencana bisnis, data, dan manajemen perusahaan yang diberikan kepada investor juga dapat dimanfaatkan oleh kompetitor.
  4. Keterbatasan kekuasaan pemilik karena sahamnya dimiliki oleh banyak investor.
  5. Perlu terus menjaga hubungan dengan para investor karena akan sangat memengaruhi pergerakan saham di perusahaan.
  6. Perusahaan Tbk juga memiliki risiko delisting atau penghapusan nama perusahaan dari papan penjualan.
  7. Jika perusahaan tidak transparan dan tidak pernah memberikan dividen, maka ada kemungkinan para investor akan menjual sahamnya dan bisa menyebabkan saham perusahaan menjadi anjlok.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian dari perusahaan Tbk beserta dengan kelebihan dan kekurangannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sebelum memutuskan bentuk perusahaan seperti apa yang akan kamu dirikan, ada baiknya kamu melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu untuk mengetahui masing-masing risikonya.

Pengetahuan terpenting yang harus kamu miliki dan kamu kuasai dalam mendirikan sebuah perusahaan adalah manajemen keuangan yang baik.

Untuk mempelajarinya, terutama jika kamu masih cukup awam, buku Manajemen Keuangan sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bisnis yang ditulis oleh Ni Luh Gede ini akan membantu kamu.

Secara spesifik buku ini mengulas dengan lengkap mengenai keuangan perusahaan yang dapat digunakan dalam berbagai skala, baik itu perusahaan kecil, menengah, ataupun perusahaan besar.

Pengelolaan manajemen keuangan dalam perusahaan ini merupakan hal yang sangat penting supaya perusahaan bisa mengelola sumber daya yang dimiliki, terutama dalam aspek keuangan.

Dengan pengelolaan manajemen keuangan yang baik, maka kamu bisa menghasilkan keuntungan dengan maksimal, yang juga akan berimbas pada kesejahteraan para pemegang saham atau investor di perusahaan.

Di dalam buku ini, tim penulis memaparkan bagaimana cara untuk menggunakan dana yang dimiliki oleh perusahaan dengan seefisien mungkin.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik ini, diharapkan tujuan dari perusahaan bisa tercapai sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Jika kamu tertarik untuk membaca bukunya, kamu bisa mendapatkan buku Manajemen Keuangan sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bisnis ini dengan membelinya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli bukunya dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com