Apa Itu Franchise? Bisnis Waralaba yang Mulai Diminati sebagai Peluang Usaha

Kompas.com - 12/01/2022, 13:00 WIB
Sumber gambar: Unsplash
Rujukan artikel ini:
Strategi Membeli Bisnis & Franchise…
Pengarang: Cipto Junaidi
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kemajuan zaman dan teknologi kini mampu menciptakan peluang dan jenis bisnis yang beragam, sehingga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan sekaligus bervariasi.

Menjalankan sebuah bisnis kini tidak perlu lagi membutuhkan waktu yang lama agar produk atau jasa yang ditawarkan dapat dikenal oleh banyak orang, karena kehadiran bisnis waralaba atau yang lebih dikenal dengan franchise.

Franchise menawarkan atau menjual nama, resep, produk, dan jasa yang bisa kamu jalankan tanpa perlu bersusah payah membangun semuanya dari nol dan hanya perlu menyiapkan modal saja untuk menjalankannya.

Kemudahan ini begitu menggiurkan untuk diambil sebab prospek dan keuntungannya biasanya sangat menjanjikan karena target pasar dan branding yang dibangun sudah dikenal oleh banyak orang.

Membeli sebuah usaha waralaba atau franchise hanya diperlukan modal dan tekad, karena elemen-elemen lainnya, seperti bahan produk, jasa, standar operasional, resep, dan lain sebagainya sudah dijual satu paket dalam bisnis tersebut.

Namun, jika ditilik lebih dalam, apa sih sebenarnya franchise itu?

Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan tentang bisnis waralaba atau franchise berikut ini.

Apa Itu Franchise?

Bisnis waralaba atau franchise merupakan hubungan salah satu pihak yang diberikan hak untuk memanfaatkan atau memakai hak dari sebuah kekayaan intelektual suatu merek dengan perjanjian yang telah ditentukan sebelumnya.

Boleh dibilang franchise merupakan sebuah sistem bisnis yang menjual nama sebuah brand untuk digunakan oleh orang lain sebagai peluang usaha, sehingga tidak sulit untuk memasarkannya karena brand tersebut biasanya telah memiliki nama.

Usaha yang kerap menawarkan waralaba atau franchise adalah makanan, minuman, hingga minimarket, di mana franchise harus membayar franchise fee kepada franchisor untuk membeli hak intelektual dari brand tersebut.

Kelebihan Bisnis Franchise

Terdapat sejumlah keuntungan yang ditawarkan oleh model bisnis jenis ini karena mampu menjaring konsumen dengan lebih cepat dan akurat menggunakan nama brand yang dijual.

Pihak franchisor mendapatkan keuntungan dengan menjual nama brand mereka kepada franchise, karena akan meminimalkan risiko usaha serta dapat memperluas jaringan usaha dan pelayanan dengan memakai modal franchise.

Jaringan yang semakin lebar dan meluas menjadi keuntungan lainnya yang akan didapatkan oleh franchisor karena telah berhasil menjual nama brand mereka ke banyak franchise yang membelinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan model usaha waralaba ini, franchisor akan mampu menguasai pasar melalui peningkatan omzet yang dihasilkan dari penjualan franchise, sehingga memudahkan dalam hal pengawasan dan perputaran modal yang dihasilkan.

Sedangkan keuntungan yang akan didapatkan oleh franchise adalah tidak perlu pusing lagi dalam membentuk sistem bisnis, pengembangan produk, hingga mencari pasar konsumen, karena semuanya sudah diajarkan dan ditangani oleh franchisor.

Namun, sebelum kamu akan mengambil atau membeli hak intelektual dari sebuah brand dengan menggunakan sistem waralaba ini, alangkah lebih baik jika kamu mencari tahu terlebih dahulu akan seluk beluknya.

Cari sebuah brand yang mempunyai keunikan atau ciri khas tersendiri agar saat kamu memutuskan untuk memulai usaha, konsumen akan langsung tahu dan terikat dengan jenis produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Periksa juga standar operasional dari brand tersebut agar usaha yang kamu jalankan mampu memberikan kualitas dan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.

Terakhir, jangan lupa buat catatan keuangan yang jelas agar pemasukan dan pengeluaran dalam aktivitas bisnis yang sedang dijalankan dapat terpantau dengan baik sehingga mengurangi risiko kerugian.

Rekomendasi buku berikut ini sepertinya akan cocok untuk kamu yang akan memulai menggeluti bisnis waralaba atau franchise karena pembahasannya akan teramat sangat membantu.

Buku Strategi Membeli Bisnis dan Franchise Tanpa Uang Tanpa Utang akan menjadi petunjuk awal yang pas sebagai bahan pembelajaran sebelum masuk ke dalam dunia waralaba atau franchise.

Temukan rahasia yang dapat membantu kamu dalam membangun sebuah usaha waralaba atau franchise dengan risiko yang amat kecil dan minim.

Buku ini jelas bukan hanya sekedar motivasi, tapi berisi resep, strategi, dan cara yang tepat dalam membangun sebuah bisnis waralaba atau franchise tanpa uang tanpa utang.

Kamu bisa mendapatkan dan membeli buku ini di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian.

Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.