Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Ingin Usaha Apa? Ini Inspirasi Bisnis yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 20/12/2021, 13:00 WIB
Sumber Foto : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Memulai Bisnis Dari Nol, Smart…
Pengarang: M. Suyanto
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Salah satu tantangan yang sering dihadapi orang-orang saat ingin memulai bisnis adalah kebingungan memilih bisnis apa yang akan dijalankan.

Selain itu, orang-orang juga masih tidak tahu bagaimana cara membuat ide bisnisnya menjadi unik sehingga bisa lebih diterima oleh para konsumen.

Jika kamu sedang menghadapi kesulitan ini, jangan langsung mengurungkan niat, karena kamu masih bisa menemukan banyak solusi, salah satunya adalah dengan mengambil inspirasi bisnis dari orang lain dan mengembangkannya dengan caramu sendiri.

Tapi walaupun kamu sudah berhasil menemukan inspirasi bisnis dan sudah tahu bagaimana cara mengembangkannya, kamu tidak serta merta akan langsung menjadi seorang pengusaha yang berhasil, karena semuanya tetap bergantung pada kerja keras dan ketekunanmu dalam berusaha.

Jika kamu masih bingung, kamu bisa lebih dulu membuka bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar.

Selain untuk menghemat pengeluaran kamu, tapi juga bisa menilai apakah bisnis yang sedang kamu jalani ini bisa diterima di pasaran atau tidak.

Berikut adalah beberapa ide inspirasi bisnis yang bisa kamu coba.

5 Inspirasi Bisnis yang Bisa Kamu Coba

1. Membuka Warung Makan

Saat akan memulai usaha ini, kamu tidak perlu menyiapkan atau menyewa tempat khusus. Diambil dari luvne, ternyata kamu bisa saja membukanya di rumah dengan menyiapkan meja dan beberapa kursi.

Waktu berjualannya pun bisa kamu tentukan sendiri.

Selain meja dan kursi, kamu juga harus mempersiapkan alat-alat masak yang lengkap seperti kompor, tabung gas, panci, piring, gelas, dan beberapa wadah lainnya yang semuanya sebenarnya sudah pasti tersedia di rumahmu.

Untuk menu makanannya juga bisa kamu tentukan sendiri.

Usahakan untuk selalu membuat dan menyajikan makanan yang lezat supaya para pembeli tetap mau kembali untuk membeli makanan yang kamu jual.

2. Membuka Jasa Les Privat

Jika kamu memiliki pengetahuan yang lebih di mata pelajaran tertentu dan didukung dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, maka kamu bisa mencoba untuk membuka jasa les privat.

Jenis usaha ini tidak memerlukan banyak modal, kamu tinggal membuat dan menyebarkan brosur di tempat-tempat yang strategis untuk mempromosikannya, atau bisa juga melalui mulut ke mulut supaya bisa lebih efektif.

Untuk para mahasiswa yang ingin menambah uang tabungan, membuka jasa ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bukan hanya untuk pelajaran umum, kamu juga bisa membuka les untuk bidang lain seperti les piano atau gitar.

Di awal, kamu bisa mulai dengan mendatangi rumah para siswa untuk mengajar, setelah sudah mulai dikenal dan kamu sudah punya banyak murid, kamu bisa membuka tempat les dari rumah sehingga siswa yang akan datang ke rumahmu sesuai jadwalnya.

3. Membuka Bisnis Desain Grafis

Sama dengan les privat, pengetahuan dan keterampilan menjadi modal utama untuk memulai bisnis ini, salah satunya adalah keterampilan dalam hal desain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jasa desain ini juga beragam mulai dari desain logo, ilustrasi, animasi, atau website.

Kamu tinggal memanfaatkan media sosial atau marketplace untuk mempromosikan bisnismu.

Kamu juga perlu menyiapkan portofolio hasil desainmu kepada para pelanggan untuk bisa mengukur kecocokan desainmu dengan keinginan mereka, dan juga untuk membangun kepercayaan antara kamu dengan calon pelanggan.

4. Dropshipper

Dropship bisa menjadi pilihan bisnis untuk kamu yang tidak memiliki modal yang besar.

Kamu hanya tinggal menyiapkan smartphone dan mempromosikan produk milik orang lain melalui media sosial yang kamu punya.

Setelah ada calon pelanggan yang tertarik, kamu tinggal memberikan nomor kontak supplier yang menyediakan produk tersebut, dari sana kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah dan harga produk yang dibeli oleh pelanggan.

5. Menjadi Penulis Lepas

Jenis usaha yang satu ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam hal penulisan dan tata bahasa.

Usaha ini memiliki beberapa bidang seperti copywriter, reviewer, penulis artikel blog, penulis naskah, dan masih banyak lagi.

Semakin kamu bisa mengembangkan diri, maka keterampilan menulis kamu juga akan semakin baik.

Yang harus kamu siapkan untuk memulai usaha ini adalah laptop dan portofolio hasil tulisanmu, baru kemudian kamu bisa mempromosikannya ke berbagai platform yang ada.

Selain sebagai sarana untuk menambah penghasilan, jenis usaha ini juga akan membantu kamu untuk bisa lebih produktif setiap harinya.

Di era internet yang semakin canggih ini, masih banyak sekali ide-ide bisnis lain yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk kamu jadikan bisnis sendiri.

Jika kamu masih ragu dan takut untuk memulai, kamu bisa lebih dulu membaca buku Memulai Bisnis dari Nol, Smart in Entrepreneurship karya M. Suyanto.

Buku ini akan memberikan gambaran bagaimana caranya memulai bisnis dari nol di masa revolusi industri 4.0 ini, terutama bagi kamu yang masih belum memiliki modal yang banyak.

Selain itu, buku ini juga akan memberikan kamu banyak kisah inspiratif dari orang-orang ternama yang sempat jatuh bangun saat baru memulai usaha, sampai akhirnya mereka berhasil menjadi seorang pengusaha sukses.

Kisah inspiratif lainnya juga bisa kamu temukan dalam buku Apa yang Bob Sadino Lakukan Ketika Kita Tidur? karya Byzka Wibisono.

Melalui buku ini kamu akan diberi tahu bagaimana cara seorang Bob Sadino mengatur waktu dan memanfaatkan peluang yang membawanya jadi seorang pebisnis tersukses di Indonesia.

Bob Sadino juga mengingatkan bahwa kamu tidak boleh ragu-ragu saat ingin memulai suatu bisnis, karena peluang untuk gagal biasanya akan lebih besar jika kamu terlalu takut untuk mencobanya.

Jika kamu tertarik, kamu bisa membeli dua buku inspiratif ini melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com