Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Perbedaannya, Teman yang Baik VS Teman yang Buruk

Kompas.com - 03/08/2022, 09:54 WIB
cara membedakan toxic friendship pinterest cara membedakan toxic friendship
Rujukan artikel ini:
Kita Sama-Sama Manusia
Pengarang: Putri Al Fatih
|
Editor Rahmad

“Orang baru akan selalu berdatangan dalam kehidupan, namun hanya sahabat sejati yang akan tetap bertahan.”

Seorang teman adalah bagian dari integral dari kehidupan kita. Mereka bisa membuat kita merasa hidup serta bahagia. Tetapi, penting juga untuk mengenali siapa yang bisa kamu percayai. Oleh sebab itu, kamu perlu memilih teman yang baik dengan sangat bijak agar terhindar dari toxic friendship.

Terkadang, kita mungkin kerap berpikir teman selalu lebih baik dari yang lainnya. Alasannya adalah karena ikatan yang berbeda yang kita bagi dengan teman-teman kita lainnya. Banyak yang mengatakan bahwa teman sejati adalah dia yang akan selalu berada di sisi kamu, sedangkan teman yang buruk tidak akan peduli dengan dirimu, dan tidak akan memastikan keadaanmu.

Makanya, kamu perlu membedakan mana teman yang baik dan teman yang buruk agar kita terhindar dari toxic friendship. Sebelum itu, ada baiknya untuk kamu memahami terlebih dahulu tentang toxic friendship.

Cara Membedakan Teman yang Baik dengan Teman yang Buruk

cara membedakan toxic friendship cara membedakan toxic friendship

1. Teman sejati akan selalu memberi dukungan

Dalam hal memberi dukungan, teman yang baik tidak pernah kekurangan dalam hal ini. mereka sangat tahu betapa pentingnya untuk saling memberi dukungan satu sama lain. Teman baikmu akan mendukung apapun yang ada di dalam dirimu, bahkan hingga impian terliar kamu.

Saat dunia menilai kamu atas pilihan kamu, teman yang baik akan selalu datang sebagai penyelamat kamu dan selalu memberikan dukungan kepada kamu. Akan tetapi, dalam situasi yang sama, teman yang tidak baik akan mundur dan menarik dukungan mereka kepada kamu. Mereka akan menunjukkan sifat aslinya saat kamu berada di masa-masa sulit.

2. Teman yang baik akan mencintaimu dengan tulus

Mempunyai teman sejati, sama halnya dengan memiliki sumber cinta yang sangat berlimpah. Kamu akan selalu memiliki seseorang yang peduli terhadap dirimu seperti layaknya keluarga. Teman sejati akan merawatmu saat kamu sakit.

Meski terkadang teman sejati tidak pernah menunjukkan cinta satu sama lain, namun mereka selalu melakukan hal-hal yang mencerminkan cinta yang kamu miliki. Berbeda dengan teman palsu, ia mungkin akan menunjukkan cinta dan kepeduliannya yang palsu untuk dirimu, tetapi akan membuat alasan yang paling kuat saat kamu benar-benar tengah membutuhkannya.

3. Selalu ada untuk kamu

Apabila kamu terjebak di tengah-tengah situasi pertengkaran, teman yang baik akan memastikan untuk menerima omelan atau hukuman yang sama dalam hal ini. biasanya, mereka juga akan berbagi tuduhan.

Termasuk, jika ada seseorang yang membicarakan hal yang negatif tentang dirimu, maka seorang teman sejati akan memastikan untuk mematahkan pendapat negatif dari orang tersebut. ia juga tidak akan segan-segan untuk membela dan memberitahukan hal yang sebenarnya mengenai diri kamu.

Namun, temanmu yang palsu, tidak akan melakukan hal yang sama. Mereka mungkin malah bergabung dengan orang yang mengkritik kamu dan turut mengejek kamu. Mereka juga biasanya lebih memilih untuk diam saat ada orang lain yang mengkritik kamu tanpa alasan yang jelas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Selalu bisa meluangkan waktu untuk kamu

Saat kamu sedang membutuhkan seseorang untuk mendengarkan cerita keluhan kamu di satu hari, teman yang baik pasti akan mendengarkan kamu dengan sepenuh hati. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengirim pesan atau menelepon temanmu itu.

Mereka pasti akan segera menemui kamu terlepas dari adanya pekerjaan penting yang sedang mereka lakukan. Sementara teman yang palsu, tidak akan menjadikanmu sebagai prioritasnya dan akan menganggap bahwa pekerjaannya jauh lebih penting.

5. Paling seru jika diajak melakukan hal gila

Biasanya teman sejati adalah mereka yang selalu menyeret kamu untuk masuk ke dalam sesuatu yang gila dan unik. Tidak masalah jika kamu merencanakan sebuah lelucon atau pergi keluar pada malam hari, karena teman baikmu akan selalu bisa diandalkan.

Hal yang sama tidak akan terjadi pada temanmu yang palsu. Mereka tidak akan menemani kamu dalam kegilaan apapun. Apalagi jika ada sebuah kesalahan, mereka malah akan menyalahkan kamu.

6. Teman yang tulus tidak akan pamer saat mereka sukses

Kesuksesan bukanlah suatu hal yang pantas untuk dipamerkan jika memiliki tujuan untuk merendahkan orang lain, apalagi teman dekat kamu. Makanya, seorang teman sejati yang sudah sukses akan selalu berusaha untuk membantu sahabatnya untuk menggapai keberhasilan, kesuksesan, serta impiannya.

Setelah mengetahui ciri dari teman yang baik dan yang buruk, apakah kamu saat ini sudah bisa membedakannya? Jika kamu merasa ternyata kamu sedang terjebak di dalam toxic friendship, kamu bisa meredam kekecewaanmu dengan membaca buku Kita Sama-Sama Manusia. Buku karya Putri Al Fatih ini adalah buku bacaan terindah yang cocok untuk kamu, bukan hanya sebagai penguat, tetapi juga sebagai bukti kalau kamu tidak sendirian.

Apapun yang kamu tengah hadapi saat ini, mesti yakin bahwa dirimu kuat menjalani semua tantangan dalam kehidupan. Buku ini juga menjelaskan bahwa ada begitu banyak kisah yang bisa dijadikan sebagai teman seperjuangan, serta kekuatan baru untuk kamu yang merasa lelah menghadapi hidup.

Segera dapatkan buku ini di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com