Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia 8 Jajanan SD yang Sekarang Jadi Jajanan Kekinian

Kompas.com - 02/08/2022, 18:00 WIB
jajanan sd yang hits Sumber: teknovidia jajanan sd yang hits
Rujukan artikel ini:
Gurih- Gurih Club Hits di…
Pengarang: Dhila Sina
|
Editor Rahmad

Grameds pasti suka ngemil bukan? Ngemil sepertinya sudah menjadi budaya orang Indonesia, lantaran negara kita memiliki beragam jajanan yang beraneka rupa, mulai dari kue-kue basah, cilok, gorengan, martabak, dan masih banyak lagi.

Nah, belakangan ini, jajanan kekinian yang tengah hits kembali adalah jajanan Sekolah Dasar (SD) anak tahun ‘90-an. Ya, banyak sekali pelaku bisnis kuliner yang mulai melirik kembali jajanan SD yang mulai punah ini. Nah, Grameds yang anak ‘90an masih ingat tidak jajanan yang sering kalian beli saat SD?

Jajanan SD memang sangat lekat dengan kenangan kita saat masih sekolah, ya. Tidak heran kalau membuat kita penikmatnya jadi bernostalgia. Berbicara soal jajanan kekinian, berikut ini beberapa jajanan SD yang kembali booming menjadi jajanan kekinian.

Jajanan Kekinian Anak Sekolah Dasar (SD)

1. Telur Gulung

telur gulung telur gulung

Sumber: cookpad.com

Dari sekian banyak jajanan jaman SD, telur gulung yang begitu melekat di hati masyarakat. Telur ayam yang dikocok bersamaan dengan tambahan garam dan penyedap rasa, lalu digoreng acak, kemudian dililitkan pada sebuah tusuk sate. Setelah matang, dinikmatinya bersama dengan saus pedas yang disirami ke telur gulung tersebut.

Kalau sekarang, lebih beragam pilihannya, kamu bisa memilih telur gulung yang polos, telur yang dililitkan dengan bakso, sosis, atau otak-otak. Kalau jaman dulu, satu tusuk telur sangat murah, dibanderol dengan harga mulai dari Rp250,- kini per tusuknya dibanderol dengan harga mulai dari Rp.1000,- sampai Rp 2000,-.

2. Kue Sarang Laba-laba

kue sarang laba-laba kue sarang laba-laba

Sumber: tokopedia

Camilan yang manis ini memiliki banyak penggemarnya pada tahun ’90-an. Cara membuatnya juga cukup mudah, hanya memerlukan tepung terigu, telur, serta gula. Setelah itu diaduk semua bahan hingga merata dan mengental. Setelah adonan jadi, adonan kemudian dimasukkan ke dalam sebuah botol plastik, yang mana tutup botolnya sudah diberi lubang kecil-kecil.

Cara memasaknya juga mudah, cukup ditaruh di atas tempat memanggang kue cubit, kemudian dibentuk dengan bentuk seperti sarang laba-laba. Biasanya ditambahi dengan meises atau susu kental manis pada bagian atasnya.

3. Mie Sakura

mie sakura mie sakura

Sumber: GoFood

Yang nggak akan ketinggalan untuk dijadikan cemilan saat jam istirahat sekolah adalah mie sakura. Entah mengapa mie ini legendaris banget buat anak ’90-an. Rasanya seakan cukup melekat di ingatan sebagian orang.

Uniknya, mie sakura ini disajikan di dalam gelas cup plastik atau styrofoam kecil. Makannya pun unik karena bukan menggunakan sendok atau garpu, melainkan menggunakan sumpit kayu, di mana satu sumpit dibelah menjadi dua bagian. Gimana, masih ingat?

4. Telur Dadar Mini

telur dadar mini telur dadar mini

Sumber: ilmupedia

Telur dadar mini ini selalu diburu banyak anak sekolah dan menjadi jajanan favorit karena harganya yang murah dan mengenyangkan. Dahulu, telur dadar mini ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp50,- per cetak mininya.

Yang seru kalau beli jajanan ini adalah kita bisa meminjam pengait yang digunakan oleh penjualnya untuk membalik telur pesanan kita. Jadi, kita bisa membuat telur mininya itu sendiri.

Biasanya, telur ini dicampur dengan sedikit tepung terigu dan air, lalu ditambah dengan garam dan penyedap. Makannya menggunakan wadah kertas koran yang sudah dibentuk menjadi mangkuk. Sebagai pelengkap, kita bisa menikmati telur dadar mini ini dengan tambahan saus dan kecap di atasnya.

5. Kue Cubit Setengah Matang

kue cubit kue cubit

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sumber: bobo.id

Saat ini kue cubit sudah masuk ke deretan jajanan kekinian. Sudah banyak pula cafe dan tempat nongkrong yang menyajikan kue cubit di dalam daftar menunya, tetapi kue cubit tradisional saat sekolah dulu masih jadi juara.

Kue cubit memiliki cetakan dengan bentuk yang unik, yaitu bentuk ikan, bunga, bulat, juga bentuk lonjong seperti kulit kerang. Apalagi kamu bisa meminta kepada penjualnya untuk membuatnya setengah matang agar rasanya lebih enak saat dimakan panas-panas.

6. Cilok

cilok cilok

Sumber: GoFood

Cilok adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang selalu dijual di sekolah-sekolah. Biasanya, cilok dijual dalam keadaan hangat, ditambah dengan lumuran saus racikan juga kecap. Selain dengan saus racikan, ada juga yang disajikan dengan saus kacang.

Biasanya cilok dimasukkan ke dalam wadah plastik, ditambah dengan tusukan dari bambu yang bisa memudahkan kita untuk memakannya.

7. Mie Lidi

mie lidi mie lidi

Sumber: rinenews.com

Mie lidi atau biasanya disebut dengan lidi-lidian adalah cemilan yang berasal dari tepung terigu dan tepung sagu. Kemudian adonan dibentuk menyerupai sapu lidi, yang ditaburi dengan bubuk cabai dan sedikit garam untuk menciptakan rasa yang asin dan juga gurih.

8. Es Potong

es potong es potong

Sumber: popbela.com

Es potong juga menjadi es favoritnya anak sekolah. Es potong ini memiliki berbagai macam rasa yang bisa dibeli dengan harga Rp500,- saja per potongnya. Bisa dicelup ke dalam lelehan coklat. Rasanya juga tidak kalah dengan es krim modern yang tersedia di minimarket.

Dan masih banyak lagi jajanan kekinian yang sudah ada sejak tahun ’90-an yang bisa membawa kamu bernostalgia dengan kenangan manis waktu sekolah. Sekarang pun kamu bisa menikmati kembali jajanan SD tersebut.

Untuk kamu yang memiliki hobi memasak, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena pada dasarnya, bahan yang digunakan untuk membuat jajanan kekinian pada zaman SD dulu sangat mudah ditemui. Kamu bisa mencontek resepnya di buku Gurih-Gurih Club Hits di Instagram- Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual.

Penulis buku ini, Dhila Sina adalah sosok ibu-ibu zaman now yang sangat eksis di media sosial terutama Instagram. Ia adalah seorang ibu yang sangat multitasking, karena selain mengurus anak dan suami, ia juga memiliki kecintaan pada memasak dan food photography.

Buku Gurih-Gurih Club Hits di Instagram- Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual ini berisi 60 resep jajanan serta camilan laris kekinian yang sedang hits dan juga yang disukai oleh para penikmat kuliner.

Buku ini memuat berbagai resep camilan mulai dari bakso aci, cireng sobek, combro, cireng crispy, jamur crispy, lumpia basah, mini sausage puff, tahu crispy, tahu gejrot, tahu walik, jumbo cheesy long fries, sosis telur hingga seblak. Sangat lengkap bukan? Buku ini sangat pas untuk kamu yang suka masak di rumah atau yang ingin mencoba untuk memasak camilan sendiri di rumah.

Segera dapatkan buku ini di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com