Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Daftar Jajanan Pedas Kekinian yang Hits dan Siap Bikin Kamu Ketagihan

Kompas.com - 15/04/2022, 18:00 WIB
Jajanan pedas kekinian Sumber Foto: Freepik.com Jajanan pedas kekinian
Rujukan artikel ini:
Kuliner Cita Rasa Pedas
Pengarang: Forum Komunikasi Kuliner Indonesia…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Berbagai jenis kuliner dengan cita rasa pedas kini hampir selalu berhasil menarik perhatian masyarakat dari berbagai kalangan.

Mulai dari jajanan pedas yang berkuah sampai yang kering, semuanya benar-benar mampu menggugah selera dan membuat konsumen tertarik untuk mencicipinya, terutama bagi para pecinta makanan pedas.

Berkat popularitasnya yang semakin meningkat, berbagai menu jajanan pedas ini bisa dengan mudah kamu temukan di mana saja, mulai dari pinggiran jalan, di pusat perbelanjaan, maupun di toko online atau e-commerce.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi jajanan pedas kekinian yang bikin ngiler dan siap bikin kamu ketagihan.

5 Jajanan Pedas Kekinian yang Hits

1. Pentol Pedas

Pentol merupakan makanan ringan sejenis bakso yang saat ini sedang populer dan bisa dengan mudah kamu temukan di gerobak kaki lima.

Jika bakso biasanya memiliki kuah yang banyak, pentol ini disajikan dengan kuah yang kental, dengan bahan dasar tepung kanji, daging sapi, dan sedikit bumbu rempah.

Dengan tekstur yang kenyal dan lembut, pentol ini biasanya disajikan dengan bumbu saus kacang atau saus sambal pedas yang membuat jajanan ini disukai banyak orang.

2. Seblak

Makanan pedas berkuah asal Bandung, Jawa Barat ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Makanan yang satu ini terkenal dengan bumbu rempah yang dipadukan dengan sambal, sehingga mampu menghasilkan aroma dan rasa pedas yang unik.

Dengan isian dan topping yang bervariasi, jajanan seblak ini sudah mulai naik kelas, dari jajanan yang biasanya hanya dijual di kaki lima, sampai kini akhirnya berhasil dijadikan sebagai menu di restoran maupun kafe anak muda.

3. Basreng

Basreng atau bakso goreng ini merupakan jajanan pedas yang terbuat dari adonan bakso, yang dicampur dengan bumbu pedas dan digoreng sampai garing.

Setelah matang, basreng ini juga masih dibalur dengan bubur cabai untuk memastikan rasanya benar-benar pedas.

Bentuknya yang tipis dan kering, membuat jajanan yang satu ini lebih awet dan sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai cemilan untuk menemani kegiatanmu selama di rumah.

4. Bakso Aci

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Makanan berbahan dasar aci ini mirip dengan seblak, namun berbeda dari segi isi dan bumbu yang digunakan.

Bakso aci biasanya disajikan dengan campuran tahu, siomay kering, batagor kering, kacang sukro, ceker ayam, sambal, dan juga perasan jeruk nipis, yang akan semakin menambah kenikmatan pada hidangan ini.

5. Makaroni Pedas Level

Selain basreng, jajanan kering yang satu ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai cemilan, maupun lauk pelengkap nasi.

Sensasi bunyi kriuk yang dihasilkan, membuat makaroni ini semakin enak untuk dinikmati.

Selain itu, kamu juga bebas menentukan level kepedasan yang kamu inginkan, sehingga bisa disesuaikan dengan seleramu sendiri.

Jajanan kekinian yang satu ini menjadi salah satu jenis jajanan yang masih sangat populer di masyarakat, bahkan beberapa gerainya juga tersedia di kota-kota besar.

Bagi para pecinta kuliner, beragam variasi jajanan pedas ini pastinya sangat menggugah selera dan sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

Tapi bagi kamu yang tertarik untuk membuka bisnis dan masih bingung menentukan produk yang akan dijual, maka berbagai jenis jajanan pedas ini bisa menjadi ide bisnis yang menarik untuk kamu coba.

Resep yang mudah untuk dibuat dan bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan, menjadi salah satu keuntungan utama dalam bisnis rumahan yang satu ini.

Untuk semakin memperkaya dan memperdalam wawasan kamu mengenai berbagai macam jenis bumbu rempah yang menghasilkan rasa pedas, kamu bisa coba membaca buku Kuliner Cita Rasa Pedas yang ditulis oleh Forum Komunikasi Kuliner Indonesia (Forkomkulindo).

Kuliner dengan cita rasa pedas memang sudah terukir sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia, yang dibuktikan dengan ditemukannya berbagai macam naskah kuno, yang membahas mengenai penemuan cabe, jahe, lada, merica, dan andaliman di beberapa wilayah, seperti Jawa, Lombok, Minang, dan Sulawesi Utara.

Dalam buku ini, kamu akan belajar bagaimana caranya mengolah cabai bersamaan dengan bumbu dapur lainnya, dan menu makanan apa saja yang cocok untuk dikombinasikan dengan cabai dan sambal.

Tidak hanya itu saja, buku ini juga akan memberikan pengetahuan baru mengenai cara-cara pengelolaan dan strategi pengembangan usaha kuliner pedas yang bisa kamu praktikkan dalam usaha yang akan kamu jalani.

Setelah berhasil mengenai jenis-jenis bumbu dapur penghasil rasa pedas, kamu bisa mulai untuk mempelajari berbagai macam resep masakan pedas yang bisa dengan mudah kamu temukan dalam buku resep atau bisa juga melalui internet.

Kalau kamu lebih suka membacanya dalam versi buku, kamu bisa membeli berbagai buku resepnya melalui website Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com