Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan UTBK dan SBMPTN? Ini Hal yang Harus Kamu Tahu

Kompas.com - 15/06/2022, 09:00 WIB
Apa Perbedaan UTBK dan SBMPTN Sumber Gambar: Freepik.com Apa Perbedaan UTBK dan SBMPTN
Rujukan artikel ini:
Xplore Tka Soshum Utbk Sbmptn
Pengarang: Tim Litbang dan Guru…
|
Editor Ratih Widiastuty

Mungkin kita dibuat sedikit kebingungan dengan berbagai istilah yang hadir selama proses pendaftaran kuliah di perguruan tinggi negeri.

Berbagai istilah ini biasanya hadir dalam bentuk singkatan yang sudah tidak terdengar asing lagi di telinga, tapi tak jarang kita ketahui kepanjangan dan fungsinya.

Padahal, penting sekali untuk memahami dan mengetahui apa arti dan kepanjangan dari istilah-istilah ini, agar ke depannya kita mampu mengambil keputusan dan rencana yang tepat untuk pendidikan selanjutnya bagi masa depan.

Salah dua dari istilah atau singkatan tersebut ialah UTBK dan SBMPTN sebagai jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki maksud yang serupa, yakni seleksi Perguruan Tinggi Negeri jalur ujian.

Jika memiliki maksud yang sama, mengapa harus hadir beberapa istilah ini?

Pada dasarnya terdapat tiga jalur yang bisa dipilih untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Baca selengkapnya terkait Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN.

Ketiganya memiliki tujuan yang sama, namun terdapat sedikit perbedaan dalam pelaksanaannya.

SNMPTN ialah jalur penerimaan mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik atau portofolio yang dimiliki, sedangkan Seleksi Mandiri merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki komponen tes dan seleksi tersendiri.

Lalu, bagaimana dengan SBMPTN sendiri? Apa perbedaannya dengan UTBK?

Perbedaan UTBK dan SBMPTN

1. Apa Itu SBMPTN?

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mempunyai tujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi bisa menyelesaikan pembelajaran di Perguruan Tinggi Negeri dengan baik serta tepat waktu, dilihat dari hasil UTBK dan beberapa kriteria lainnya yang ditetapkan bersama.

Jadi, boleh dibilang seorang calon mahasiswa belum tentu bisa mengikuti SBMPTN jika hasil UTBK yang dihasilkannya tidak sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk bisa bersaing menempuh studi di Perguruan Tinggi Negeri.


Baca juga: Rekomendasi Buku SBMPTN


2. Apa Itu UTBK?

Sementara itu, UTBK boleh dibilang adalah tes seleksi atau ujian yang ditempuh oleh calon mahasiswa untuk dapat belajar di Perguruan Tinggi Negeri.

UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang dalam praktiknya calon mahasiswa akan menggunakan komputer selama proses ujian berlangsung.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hasil dari UTBK ini sangat penting untuk menentukan apakah kamu layak atau tidak untuk dapat mengikuti SBMPTN sebagai salah satu jalur masuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri.

Boleh dibilang hasil UTBK adalah salah satu syarat yang dibutuhkan jika kamu ingin mengikuti SBMPTN. Sama halnya dengan tes TOEFL yang biasanya menjadi syarat wisuda.

Jadi, dapat disimpulkan perbedaan antara SBMPTN dan UTBK ialah proses yang harus dijalaninya.

Di mana UTBK merupakan ujian yang harus dilakukan agar bisa mengikuti SBMPTN, sementara SBMPTN sendiri ialah tes yang dilakukan oleh calon mahasiswa untuk bisa menempuh studi di Perguruan Tinggi Negeri dengan syarat memiliki nilai UTBK yang sesuai.

Jadi, sebelum kamu mendaftarkan diri untuk mengikuti SBMPTN, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengikuti UTBK terlbih dahulu.

Kamu bisa mendaftar UTBK di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang menyediakan pendaftaran, penjadwalan, dan pengumuman hasil ujian.

Setelah kamu selesai mengikuti UTBK dan memperoleh hasil yang memuaskan, langkah selanjutnya ialah mempersiapkan diri untuk mengikuti SBMPTN.

Salah satu persiapan yang terbukti efektif adalah dengan mengerjakan latihan soal SBMPTN.

Buku Xplore TKA Soshum UTBK SBMPTN dan Xplore TKA Saintek UTBK SBMPTN adalah dua buku yang bisa dipilih sebagai kumpulan latihan soal sebelum mengikuti tes UTBK dan SBMPTN agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Kedua buku ini berisi materi TKA Soshum dan Saintek yang isinya dijamin lengkap dengan pembahasan yang mendetail dan mendalam.

Tak hanya itu, kedua buku ini pun disertai dengan contoh soal beserta pembahasannya di setiap materi.

Buku ini juga berisi drilling soal latihan per topik bahasan yang memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan calon mahasiswa sebelum mengikuti SBMPTN.

Kedua buku ini sudah bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com