Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lolos SBMPTN untuk Menggapai Jurusan Kuliah Impian Kamu

Kompas.com - 21/03/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Mega Bank Sbmptn Saintek 2022…
Pengarang: THE KING EDUKA &…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu kesempatan bagi calon mahasiswa untuk bisa mewujudkan mimpinya menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia.

Untuk bisa lolos bukanlah hal yang cukup mudah, karena kamu harus bersaing dengan calon mahasiswa lain dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin, asalkan kamu memiliki kemauan yang kuat dan mengetahui strategi yang tepat untuk bisa memaksimalkan kesempatan kamu lolos seleksi ini.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti supaya bisa menggapai jurusan kuliah impian kamu di Perguruan Tinggi Negeri.

Tips agar Lolos SBMPTN

1. Mempersiapkan Dokumen

Kelengkapan dokumen merupakan salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dan jangan sampai terlewatkan.

Berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar SBMPTN ini, yaitu memiliki akun di laman LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), kemudian menyediakan dokumen Surat Keterangan Lulus (SKL), ijazah, NIK (Nomor Induk Kependudukan), dan pas foto 4×6.

Ketika akan mengikuti ujian pun jangan lupa untuk mencetak kartu peserta dan membawanya ke lokasi ujian sebagai identitas kamu.

Meskipun terlihat sepele, namun kelengkapan berkas atau dokumen bisa memengaruhi keberhasilan kamu untuk lolos dari seleksi masuk PTN ini.

2. Membuat Jadwal Belajar

Setelah yakin bahwa dokumen yang kamu butuhkan sudah lengkap, kini saatnya kamu untuk fokus mempelajari materi-materi yang diujikan di dalam tes.

Jika kamu mengikuti sebuah bimbingan belajar, tentunya kamu akan diberikan jadwal materi pelajaran yang akan dibahas setiap harinya bersama dengan tutor kamu.

Jika kamu belajar secara mandiri di rumah, maka kamu pun perlu untuk membuat jadwal agar kamu bisa belajar dengan lebih efisien dan lebih konsisten.

Materi tes SBMPTN terbaru saat ini akan menguji kemampuan kamu dalam tiga bidang, meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), tes kemampuan bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Bagi kamu yang mengikuti SBMPTN Saintek, maka mata pelajaran untuk TKA terdiri dari Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan juga Biologi.

Sedangkan untuk materi Soshum terdiri dari mata pelajaran Geografi, Sosiologi, Sejarah, dan Ekonomi.

Materi TPS, baik untuk Saintek maupun Soshum, yang akan diujikan di antaranya adalah Penalaran Umum (PU), Penalaran Kuantitatif (PK), Pemahaman Baca dan Menulis (PBM), serta Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU).

Kamu bisa menentukan jam atau waktu belajar kamu dan menyusun jadwal dengan dua sampai tiga materi per harinya.

Meskipun belajar dengan giat merupakan hal yang baik, namun jangan lupa untuk tetap menyisipkan waktu beristirahat di sela-sela aktivitas belajar kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Memahami Konsep dan Perbanyak Latihan Soal

Pada dasarnya, soal ujian SBMPTN memiliki pola yang tidak jauh berbeda setiap tahunnya.

Kamu akan memahami hal ini ketika banyak berlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya.

Kamu bisa mendapatkan soal-soal ujian ini dengan mencarinya di internet atau melalui buku yang mengulas mengenai soal SBMPTN.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menguasai konsep dasar dari teori-teori yang diujikan, misalnya seperti materi tentang himpunan, muatan elektron, atom, dan lain-lain

Jika kamu sudah memahami dengan matang dasar-dasar teori tersebut, maka kamu akan lebih mudah untuk bisa mengaplikasikannya ke dalam berbagai model soal yang diberikan.

4. Mengikuti Try Out

Setelah belajar dengan tekun selama beberapa waktu, kamu pun perlu menguji hasil belajar kamu dengan mengikuti try out.

Selain untuk mengetahui sejauh mana nilai atau skor yang bisa kamu dapatkan, kamu juga bisa lebih mengakrabkan diri dengan suasana ujian saat mengikuti try out.

Kamu jadi terbiasa mengerjakan soal-soal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, sehingga kamu tidak akan kewalahan pada saat hari ujian nantinya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan peluang kamu agar lolos SBMPTN.

Bagi kamu yang akan mengikuti SBMPTN Saintek, buku Mega Bank SBMPTN Saintek 2022 yang ditulis oleh The King Eduka dan tim Mitrasiswa bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani persiapan kamu dalam menghadapi ujian.

Masih dari penulis yang sama, mereka juga menghadirkan buku Mega Bank UTBK SBMPTN Soshum 2022 bagi kamu yang akan mengikuti SBMPTN Soshum.

Kedua buku ini akan menjadi bekal berharga untuk membantu kamu sukses menjalani tes dengan berbagai benefit yang dibagikan di dalamnya.

Keunggulan-keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari kedua buku ini, yaitu mengetahui info resmi dan infografis seputar SBMPTN 2022, daftar jurusan SBMPTN Saintek dan Soshum 2022, ringkasan materi yang singkat, padat dan jelas, tips dan trik untuk mengerjakan soal dengan cepat dan tepat, kumpulan rumus praktis, serta prediksi soal SBMPTN dan pembahasannya.

Buku-buku ini juga dilengkapi dengan bonus CD yang berisi software dan link aplikasi Android UTBK SBMPTN, video pembelajaran, serta paket e-book soal TOEFL beserta pembahasannya untuk masuk ke PTN.

Kamu bisa mendapatkan kedua buku persiapan SBMPTN ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com