Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara agar Tidak Grogi Saat Berbicara di Depan Umum

Kompas.com - 30/05/2022, 09:00 WIB
Cara Agar Tidak Grogi Saat Berbicara di Depan Umum Sumber Gambar: Pexels.com Cara Agar Tidak Grogi Saat Berbicara di Depan Umum
Rujukan artikel ini:
Stand and Deliver
Pengarang: Dale Carnegie Training
|
Editor Ratih Widiastuty

Hampir sebagian besar dari kita pastinya pernah merasakan rasa takut dan grogi ketika akan berbicara di depan umum akibat tuntutan pekerjaan maupun tugas, sebab tidak semua orang bisa merasa nyaman dan percaya diri untuk bisa melakukan public speaking.

Jika tidak mampu mengontrol dan mempersiapkan diri ketika akan berbicara di depan umum, rasa grogi dan cemas akan turut mempengaruhi kondisi fisik, seperti jantung berdetak dengan lebih kencang, keringat dingin, hingga rasa mulas yang muncul secara mendadak.

Jika tidak bisa diatasi, semuanya akan membuat penampilan public speaking kamu menjadi berantakan.

Perasaan nervous dan grogi ini seakan menjadi musuh utama yang menghalangi perasaan nyaman dan percaya diri untuk hadir membantu kamu ketika harus berbicara di depan umum.

Kenyataannya, rasa grogi dan nervous justru malah membuat konsentrasi kamu buyar sehingga isi atau hal yang ingin kamu sampaikan ketika public speaking justru malah terasa kosong.

Apalagi sekarang ini sepertinya kemampuan public speaking tidak bisa lepas dari kehidupan kita, sehingga mau tidak mau kamu harus mampu mengatasi dan melawan perasaan grogi dan nervous untuk bisa tampil secara maksimal.

Akan ada banyak kegiatan yang mengharuskan kita untuk berbicara di depan umum dan wajib sekali rasanya untuk mencari cara agar tidak grogi ketika melakukan public speaking.

Jika perasaan grogi dan nervous mampu kita atasi dan hilangkan, alhasil rasa percaya diri akan hadir untuk memberikan keberanian ketika harus berbicara di depan umum.

Rasa percaya diri pun akan membantu meningkatkan konsentrasi yang turut serta menyukseskan public speaking yang kamu lakukan.

Namun, bagaimana cara untuk menghilangkan perasaan grogi ketika melakukan public speaking? Berikut 5 cara agar tidak grogi saat berbicara di depan umum.

5 Cara Agar Tidak Grogi Saat Berbicara di Depan Umum

1. Persiapkan dan Pelajari Materi dengan Matang

Sebelum berbicara di depan umum, alangkah lebih baik jika kamu mempersiapkan dan mempelajari materi yang akan disampaikannya secara matang agar saat naik ke atas panggung, kamu tahu harus berbicara apa di depan banyak orang.

Dengan menguasai materi otomatis juga akan mengurangi hingga menghilangkan perasaan grogi.

Jika kamu paham dengan apa yang kamu bicarakan maka akan dengan mudah bisa menarik perhatian audiens untuk ikut terlibat dalam kegiatan public speaking yang kamu lakukan.

Obrolan yang kamu sampaikan dengan informasi yang mengajak audiens untuk menyimak akan semakin meningkatkan rasa percaya diri.

2. Berlatih di Depan Cermin atau Orang-orang Terdekat

Akan jauh lebih baik jika sebelum melakukan public speaking kamu terlebih dahulu berlatih dengan cara berbicara di depan cermin untuk meningkatkan rasa percaya diri yang akan menekan rasa grogi.

Namun, jika ingin menghilangian perasaan grogi sepenuhnya, berbicara di depan orang-orang terdekat akan menjadi pilihan yang tepat.

Berbicara di depan teman atau keluarga akan menambah keberaniannya serta rasa percaya diri sekaligus kamu juga bisa mendapatkan saran dan kritik yang akan sangat berguna nantinya ketika kamu akan berbicara di depan umum.


Baca juga: Tips Supaya Lebih Lancar dalam Public Speaking


3. Menjadi Diri Sendiri

Salah satu hal yang membuat banyak orang merasa nervous dan grogi saat berbicara di depan umum ialah karena mereka berusaha untuk meniru gaya berbicara orang lain agar tampak lebih menarik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Padahal dengan meniru gaya berbicara orang lain justru malah hanya akan menambah rasa gugup dan bisa tampak tidak natural.

Ketika menyampaikan materi, jangan pernah sekalipun berusaha untuk meniru atau menjadi orang lain ketika berbicara di depan umum.

Usahakan temukan ciri khas diri kamu sendiri untuk semakin meningkatkan rasa percaya diri saat melakukan public speaking.

4. Menjaga Kontak Mata

Alih-alih menyusur seluruh ruangan untuk melihat semua audiens yang hadir, akan jauh lebih baik jika kamu hanya berfokus pada satu audiens saja selama beberapa sesi public speaking.

Hal ini dilakukan untuk menghindari buyarnya konsentrasi kamu saat menyampaikan materi kepada seluruh audiens.

Fokus pada satu orang akan jauh lebih efektif untuk meningkatkan konsentrasi sekaligus mengurangi grogi saat tampil di hadapan banyak orang.

Jika kontak mata kamu terbagi ke seluruh audiens, maka tingkat fokus dan konsentrasi juga akan ikut terbagi, sehingga hanya akan memunculkan rasa grogi.

5. Menjaga Bahasa Tubuh

Agar bisa menyampaikan materi dengan baik di hadapan banyak orang, menjaga bahasa tubuh adalah hal yang penting untuk kamu perhatikan.

Bahasa tubuh yang kaku akan mengindikasikan jika kamu grogi dan nervous, sehingga audiens tidak akan merasa terkoneksi dengan apa yang kamu sampaikan.

Maka dari itu, jaga kondisi mood kamu agar tubuh bisa menjadi jauh lebih relaks saat akan berbicara di depan umum.

Tubuh yang rileks akan menyalurkan bahasa tubuh yang tepat dan nyaman kepada audiens yang membuat mereka akan terasa terkoneksi dengan apa yang kamu bicarakan.

Cara-cara ini bisa kamu coba lakukan saat merasa nervous dan grogi ketika akan berbicara di depan umum.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan ilmu yang jauh lebih mendalam tentang public speaking, buku berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Buku Stand and Deliver yang disusun oleh Dale Carnegie Training akan memberikan trik-trik public speaking yang dijamin mujarab untuk memenangkan hati audiens ketika kamu menyampaikan materi.

Bagi kamu yang merasa tidak memiliki bakat berbicara di depan umum, jangan kuatir karena berbicara di depan umum bukanlah bakat melainkan keahlian yang dapat dipelajari, salah satunya melalui buku ini.

Secara lengkap buku ini akan memberikan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang komunikator yang andal, seperti mempersiapkan materi dengan baik, mengatasi nervous dan grogi, hingga menarik perhatian audiens dengan cepat.

Buku Stand and Deliver bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com