Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skill Public Speaking yang Perlu Kamu Kuasai

Kompas.com - 03/06/2022, 10:00 WIB
Skill Public Speaking
Sumber Gambar: Freepik.com Skill Public Speaking
Rujukan artikel ini:
Cepat dan Mudah Lancar Public…
Pengarang: Aba Mehmed Agha
|
Editor Almira Rahma Natasya

Berbicara adalah bentuk komunikasi secara verbal yang dapat dilakukan oleh semua orang, tapi tidak semua orang mampu berbicara di hadapan banyak orang.

Soft skill yang satu ini memiliki cara dan teknik tersendiri untuk bisa dikuasai, namun jangan merasa rendah diri jika kamu belum memiliki skill public speaking, sebab kemampuan ini masih bisa dipelajari.

Salah satu masalah yang sering ditemukan saat akan berbicara di depan banyak orang ialah perasaan nervous dan kurang percaya diri..

Apalagi, kini kemampuan berbicara di depan banyak orang tidak hanya akan berguna di dunia pendidikan ataupun kerja saja, tapi dalam kehidupan bermasyarakat pun skill ini mutlak dibutuhkan. Baca selengkapnya Manfaat Public Speaking.

Contohnya seperti saat sedang ada musyawarah, acara gotong royong, hingga berpidato yang pastinya membutuhkan jenis soft skill ini.

Oleh karena itu, kita harus mempelajari dan menguasai kemampuan public speaking agar memudahkan beberapa urusan kehidupan.

Namun, sebenarnya apa itu public speaking? Kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menguasainya? Simak seluruh jawabannya berikut ini.

Pengertian Public Speaking

Public speaking dapat diartikan sebagai sebuah seni atau keahlian dalam berbicara atau berpidato di hadapan banyak orang, dengan tujuan menyampaikan sesuatu agar dapat diterima dan dipahami oleh audiens.

Maka, public speaking sendiri masuk ke dalam kategori soft skill yang sangat bermanfaat bagi kita, dalam menjalankan kehidupan sebagai manusia yang saling membutuhkan dan berkomunikasi antara satu sama lain.

Dalam bahasa Indonesia, public speaking kerap diartikan sebagai berbicara di depan umum yang konotasinya bisa diaplikasikan dalam berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti rapat perusahaan, seminar pendidikan, pidato kelulusan, hingga pembukaan dalam sebuah arisan.

Agar pesan atau tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan public speaking dapat tersampaikan dengan baik, dibutuhkan beberapa kemampuan yang mendukung itu semua, dan siapa saja bisa mempelajari serta menguasainya agar bisa menekan rasa takut dan gugup saat berada di depan banyak orang.

Skill atau kemampuan apa sajakah yang diperlukan untuk dapat menguasai teknik public speaking? Berikut skill yang harus kamu kuasai jika ingin pandai dalam berbicara di depan banyak orang.

Skill untuk Menguasai Public Speaking

1. Keahlian dalam Memulai Percakapan

Salah satu hal yang paling krusial dalam melakukan public speaking ialah pembukaan yang mengharuskan memulai percakapan dengan audiens, karena jika kamu tidak bisa membuka obrolan dengan cara yang menarik, sudah bisa dipastikan ke depannya apa pun yang kamu bicarakan di hadapan mereka hanya akan masuk telinga kanan dan keluar dari telinga kiri.

Maka dari itu, buatlah pembukaan public speaking dengan cara yang menarik agar audiens bisa merasa terikat dan terkoneksi dengan apa yang sedang kamu bicarakan.

Misalnya, selipkan humor yang mampu menarik minat audiens untuk menyimak public speaking yang kamu lakukan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Akhiri dengan Penutup yang Kuat

Sama halnya dengan pembuka public speaking, keahlian untuk bisa menutup pembicaraan pun harus dimiliki untuk mampu memberikan pesan yang kuat terhadap audiens.

Penutup public speaking yang powerfull bisa berdampak sangat kuat dan mendalam terhadap audiens yang mendengarnya.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat penutup public speaking yang powerfull, yaitu memberikan kutipan dari tokoh terkenal, mengajak audiens untuk take action, dan lain sebagainya.

3. Kemampuan Menyampaikan Bahasa Verbal yang Baik

Sudah sepatunya ketika akan melakukan public speaking, kita harus memiliki keahlian dalam menyampaikan bahasa verbal kepada audiens, agar apa yang kita sampaikan mampu tersalurkan dan terkoneksi dengan kuat.

Pilihlah kata-kata yang tepat dan sesuai berdasarkan siapa audiens yang akan mendengar kita berbicara.

Apakah public speaking yang kita lakukan merupakan acara formal atau santai, itu sangat penting agar tidak salah mengambil tindakan, khususnya melalui ucapan.

4. Menampilkan Bahasa Tubuh yang Sesuai

Tidak kalah penting dengan bahasa verbal, bahasa tubuh juga menjadi syarat utama yang harus kamu kuasai jika ingin menampilkan public speaking yang kuat dan berkesan.

Gesture atau pembawaan yang tepat bisa meningkatkan minat audiens terhadap apa yang sedang kamu bicarakan.

Oleh karena itu, jangan hanya berfokus pada bahasa verbal, tapi perhatikan pula bahasa tubuh yang kamu tampilkan di atas panggung, agar pesan atau hal yang ingin kamu sampaikan bisa tersalurkan dengan baik kepada audiens.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh mengenai seluk beluk public speaking, buku berikut ini akan sangat cocok untuk menjadi bahan bacaan dalam menambah ilmu dan wawasan.

Buku Cepat dan Mudah Lancar Public Speaking yang ditulis oleh Aba Mehmed Agha akan mengupas tuntas seluk beluk mengenai public speaking, sehingga dalam satu buah buku kamu bisa mendapatkan banyak ilmu dan wawasan.

Tidak hanya berisi tips dan trik dalam melakukan public speaking, buku ini juga turut membahas sejarah public speaking, teori public speaking, fungsi public speaking, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya mengenai public speaking yang dibahas.

Bagi kamu yang tidak hanya mencari cara mengembangkan dan menguasai public speaking, tapi juga ingin mengetahui seluruh informasi tentang public speaking, buku ini adalah jawabannya.

Tunggu apa lagi, langsung saja beli dan pesan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com