Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pengertian Tumbuhan Ganggang hingga Manfaatnya

Kompas.com - 07/05/2022, 09:00 WIB
Mengenal Pengertian Tumbuhan Ganggang hingga Manfaatnya
Sumber Foto : Pixabay Mengenal Pengertian Tumbuhan Ganggang hingga Manfaatnya
Rujukan artikel ini:
SMA/MA Kelas X, XI, XII…
Pengarang: Nuzulul Rachmawati Dkk
|
Editor Ratih Widiastuty

Berbicara tentang tumbuhan memang sangatlah banyak, bahkan ada juga mikroorganisme yang menyerupai tumbuhan. Salah satu mikroorganisme yang mirip dengan tumbuhan adalah ganggang atau dikenal juga dengan sebutan alga.

Oleh karena itu, ganggang termasuk ke dalam jenis kingdom protista dan dapat menghasilkan makanannya sendiri.

Adapun cara untuk memperoleh makanannya dilakukan dengan cara fotosintesis, sehingga sangat membutuhkan cahaya matahari. Ganggang bisa tumbuh di air laut atau air tawar yang di mana akan menempel pada suatu tempat, seperti batu. Akan tetapi, ada juga yang tumbuh di air tanpa menempel.

Pengertian Ganggang

Ganggang merupakan tumbuhan yang sering dinamakan sebagai tumbuhan talus. Hal ini dikarenakan ganggang belum mempunyai daun, batang, dan akar, sehingga untuk bertahan hidup biasanya menumpang di suatu tempat.

Selain itu, ganggang juga termasuk ke dalam tumbuhan yang bersel satu. Akan tetapi, ada juga tumbuhan ganggang yang bentuknya menyerupai benang dan selnya jumlah banyak.

Dalam pergerakannya, ganggang ada yang bisa bergerak secara aktif dan ada juga yang bergerak secara tidak aktif. Jenis ganggang dapat bergerak secara aktif karena mempunyai suatu alat yang berfungsi untuk bergerak.

Adapun alat-alat itu bentuknya seperti bulu-bulu cambuk (flagel). Bentuk thalli dari ganggang ada dua, yaitu multiseluler dan uniseluler.

Tidak hanya itu, ganggan juga memiliki beberapa pigmen warna, fikosianin, klorofil, fikosantin, fikoeritrin, xantofil.

Fikosianin merupakan pigmen warna biru, klorofil merupakan pigmen warna hijau, fikosianin merupakan pigmen warna cokelat, fikoeritrin merupakan pigmen warna merah, dan xantofil merupakan pigmen warna kuning.

Ciri-Ciri Ganggang

Supaya kamu bisa mengenal ganggang jauh lebih dalam, maka bisa simak ciri-ciri dari ganggang sebagai berikut.

  1. Memiliki klorofil yang berfungsi menghasilkan makanan pada saat fotosintesis.
  2. Bisa bergerak secara aktif dan bisa juga secara tidak aktif.
  3. Reproduksinya dapat dilakukan dengan cara seksual atau aseksual.
  4. Bersifat fotoautotrof atau dapat melakukan berfotosintesis
  5. Termasuk ke dalam kelompok organisme eukariotik.

Manfaat Ganggang

Berbicara soal ganggang bisa dibilang memiliki banyak sekali manfaat, salah satu manfaat dari ganggang yang bisa dirasakan dan bisa kita lihat ada pada bidang kosmetik. Bukan hanya itu, ganggang juga dimanfaatkan pada industri tekstil. Beberapa manfaat lainnya ganggang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Sebagai Bahan Pengental

Manfaat pertama dari ganggang adalah sebagai bahan pengetal dan biasa digunakan dalam pembuatan pelapis kertas, pasta gigi, tekstil, shampo, dan lem. Chondrus sp merupakan jenis ganggang yang biasa digunakan dalam pembuatan lem.

Sementara itu, Chondrus Crispus serta Gigortina Mamilosa merupakan jenis anggang yang biasanya digunakan untuk menghasilkan karagenan yang biasanya ada dalam pembuatan krim, shampo, dan penyamak kulit.

  • Sebagai Bahan Bakar

Manfaat kedua dari ganggang adalah sebagai bahan bakar, ganggang yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar seperti Chrysophyta dan Chlorophyta. Dapat dijadikan sebagai bahan bakar karena didalamnya terkandung senyawa pembentuk bahan bakar. Adapun kandungan itu berupa lipid yang ada di dalam mikroalga kurang lebih 20 persen. Biasanya ganggang jenis itu mudah ditemukan di laut.

  • Sebagai Bahan Peledak

Bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar saja, tetapi ganggang bisa juga digunakan sebagai bahan peledak. Salah satu jenis ganggang yang biasa digunakan sebagai bahan peledak adalah ganggang diatom atau ganggang keemasan. Dalam hal ini, ganggang ganggang keemasan akan digunakan dalam campuran bahan peledak.

  • Sebagai Bahan Obat-Obatan

Ganggang bisa juga digunakan dalam bidang kesehatan, biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat suatu obat. Salah satu jenis ganggang yang memiliki khasiat untuk membuat obat adalah Chlorella yang di mana diketahui didalamnya terkandung klorofil sekitar 2-3 persen dari beratnya, kemudian kandungan protein sekitar 55-60 persen, vitamin E, vitamin C, kalium, kalsium, dan magnesium.

  • Sebagai Pakan Hewan Ternak

Manfaat ganggang yang kelima adalah sebagai bahan hewan ternak. Hal ini dikarenakan ganggang memiliki kandungan kalium yang cukup banyak. Ganggang dengan jenis Gracilaria sp biasanya dimanfaatkan untuk memberikan pakan kerang abalone yang umumnya dibudidayakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB).

Demikian pembahasan tentang tumbuhan ganggang beserta ciri-ciri dan manfaatnya. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu bisa memanfaatkan ganggang dengan baik. Apalagi bisa menjadi penghasilan tambahan.

Buku tentang pembahansan Ganggang bisa Grameds temukan di aneka Buku Biologi di Gramedia.com. Selain itu tersedia juga kumpulan latihan soal yang bisa Grameds coba sebagai latihan.

Semua buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com