Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan Hidup Seekor Anjing yang Bisa Memberikan 5 Makna Kehidupan

Kompas.com - 05/05/2022, 16:00 WIB
Tujuan hidup seekor anjing Sumber Gambar: Freepik.com Tujuan hidup seekor anjing
Rujukan artikel ini:
Kisah-Kisah Anjing (Dog Stories)
Pengarang: James Herriot
|
Editor Almira Rahma Natasya

Anjing merupakan hewan peliharaan yang bisa dibilang paling setia dan mengerti manusia.

Biasanya, anjing yang telah kita rawat dan hidup bersama selama bertahun-tahun akan menjadi sahabat paling setia, yang akan melindungi kita dari mara bahaya.

Namun, tahukah kamu, jika anjing pun memiliki tujuan hidup sendiri? Yakni menyadari potensinya agar dapat diakui dan terlibat dalam sebuah komunitas kehidupan.

Tak hanya dengan sesama anjing, tapi juga manusia dapat menjadi komunitas kehidupan yang bisa anjing tuju.

Setelah mendapatkan pengakuan dan terlibat dalam sebuah komunitas kehidupan, biasanya anjing akan dengan setia melindungi makhluk-makhluk yang ada di komunitas tersebut.

Maka tidak heran jika anjing rela mengorbankan nyawa mereka hanya untuk melindungi makhluk yang disayanginya, salah satunya adalah manusia.

Melihat kesetiaan anjing yang tiada tara membuat kita mampu mengambil makna kehidupan dari seekor anjing, yang biasanya akan tulus menjaga dan menyayangi tuannya yang mampu memberikan tujuan di kehidupannya, yaitu terlibat dalam sebuah komunitas kehidupan.

Apa saja makna kehidupan yang dapat kita ambil dari tujuan hidup seekor anjing?

Berikut lima makna kehidupan dari tujuan hidup seekor anjing yang bisa kamu renungkan.

5 Makna Kehidupan dari Tujuan Hidup Seekor Anjing

1. Menjadi Bahagia dengan Cara yang Sederhana

Seekor anjing akan sangat bahagia hanya dengan cara menjalin komunikasi dengan tuannya jika mereka diperlakukan dengan penuh kasih sayang dan cinta.

Kebahagiaan yang ditunjukkan oleh seekor anjing hanya melalui hal kecil dan sederhana ini sungguh sangat bermakna, di mana bahagia tidak mahal harganya.

Sering kali, kita sebagai manusia selalu mencari kebahagiaan melalui cara yang rumit dan sulit, sehingga saat tidak mencapainya, kita cenderung marah dan tidak mensyukuri hal-hal kecil yang ada di sekitar kita.

Beda halnya dengan seekor anjing, yang justru bahagia dengan segala kesederhanaan yang mereka dapatkan.

2. Ketulusan Tanpa Pamrih

Seekor anjing dapat dengan tulus mencintai dan menjaga tuannya jika diperlakukan dengan baik, bahkan beberapa anjing yang diperlakukan buruk sekali pun tetap menjaga dan mencintai tuannya tanpa pamrih.

Hal ini juga yang bisa kita renungkan tentang ketulusan tanpa meminta balasan jika akan berbuat baik.

Terkadang ketika akan berbuat baik, kita selalu mengharapkan imbalan, entah itu berupa pujian maupun materi, sehingga terasa tidak tulus.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka dari itu, ketulusan seekor anjing bisa kita renungkan.

3. Setia hingga Akhir Hayat

Tidak perlu dipertanyakan lagi jika kesetiaan seekor anjing memang tidak ada tandingannya, sebab biasanya seekor anjing mampu menjaga kesetiaan hingga akhir hayat mereka terhadap tuannya.

Kesetiaan seekor anjing bisa kita teladani, karena biasanya sebagai manusia kita kerap lupa akan kawan yang sudah lama tidak dihubungi kembali.

Mungkin, kita tidak perlu harus selalu berhubungan, tapi setidaknya harus selalu siap jika dibutuhkan pertolongan.

4. Mudah Memaafkan dan Melupakan

Seekor anjing akan dengan mudah memaafkan dan melupakan kesalahan tuannya ketika suatu waktu lupa memberinya makan.

Perilaku anjing yang satu ini sangat menyentuh, karena di saat dirinya disakiti atau terlupakan, dengan mudahnya mereka memaafkan dan melupakan kesalahan tuan mereka.

Mungkin rasanya akan sulit untuk memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain, tapi setidaknya dengan melihat sifat anjing yang satu ini, kita bisa tersadar akan kekurangan kita sebagai umat manusia, yang masih sulit untuk memaafkan dan melupakan luka yang dibuat orang lain.

5. Selalu Bergembira dan Bersenang-senang

Tekanan dan tuntutan dunia seakan mampu mencuri kebahagiaan kita untuk bersenang-senang sementara waktu, sementara seekor anjing mampu menikmati setiap momen dengan bergembira dan bersenang-senang, seperti berlari, melompat, hingga berkejaran.

Oleh karena itu, satu hal yang mampu kita renungkan dari sifat anjing yang satu ini adalah untuk bisa merasa rileks sekali waktu, atau bahkan setiap waktu agar fisik dan mental bisa beristirahat dari ketegangan dunia yang tak pernah ada habisnya.

Untuk kamu yang membutuhkan asupan cerita hangat nan menenangkan dari kisah-kisah anjing yang menyentuh, buku berikut ini bisa kamu baca dan nikmati.

Buku Dog Stories yang ditulis oleh James Herriot ini akan mengajak kamu menjelajahi cerita-cerita anjing yang menarik untuk disimak, sebagai bagian dari pengalaman James Herriot sebagai dokter hewan di pedesaan Yorkshire yang indah.

Dog Stories merupakan sekumpulan kisah sejati mengenai anjing-anjing beserta para pemilik mereka yang pastinya akan terasa sangat relate dan dekat dengan pembaca, khususnya bagi yang memelihara anjing.

Terdapat kisah tentang Cedric, anjing boxer yang kerap buang gas secara sembarangan; Gyp, anjing gembala yang hanya menggonggong satu kali saja sepanjang hidupnya; Pip, anjing terrier yang dibuang oleh pemiliknya; dan masih banyak lagi kisah-kisah anjing lainnya.

Buku Dog Stories ini dapat kamu beli dan pesan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com