Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya Berikut Ini

Kompas.com - 04/04/2022, 14:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Ng Kucingpedia
Pengarang: STEPHANIE WARREN DRIMMER &…
|
Editor Novia Putri Anindhita

Ada beberapa penyebab kenapa kucing tidak mau makan, sehingga membuat kita sebagai orang yang memeliharanya menjadi khawatir dengan kondisi kesehatan si kucing.

Beberapa jenis kucing juga cenderung agak rewel dalam memilih makanan, sehingga wajar saja jika beberapa kucing ini secara tiba-tiba nafsu makannya jadi menurun karena mereka cenderung pilih-pilih dan mudah merasa bosan.

Penciuman kucing yang tajam menjadi faktor lainnya mengapa kucing sulit sekali untuk makan, karena biasanya mereka memilih makanan yang cenderung berbau amis yang tajam, contohnya seperti makanan basah, ikan, atau daging ayam, sehingga saat disodorkan makanan kering yang telah menjalani proses panjang saat pembuatannya, menghilangkan aroma yang tajam tersebut.

Perlu kesabaran dan ketelatenan dalam mengurus kucing yang susah makan, karena pastinya selain rasa khawatir, kita pun akan merasa bingung harus melakukan apa agar anak bulu kesayangan kita ini bisa kembali makan dengan lahap dan normal.

Sebagai pemilik kucing, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab di balik nafsu makannya yang tiba-tiba menurun agar bisa mengambil tindakan yang tepat.

Agar kamu tidak merasa bingung dan cemas lagi, simak penyebab kucing tidak mau makan beserta solusi yang bisa kamu lakukan.

Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan

1. Makanan

Faktor yang kerap membuat kucing tidak mau makan biasanya karena mereka tidak menyukai makanan yang diberikan.

Ada beberapa alasan mengapa kucing tidak mau memakan makanan tersebut, seperti teksturnya yang terlalu keras, aromanya yang kurang kuat, hingga mungkin mereka hanya sekadar bosan dengan makanan yang dikonsumsinya.

Untuk penanganannya, kamu dapat mencoba mengganti pakan kucing kamu dengan merek atau jenis yang lain dan lihat reaksi mereka, apakah kembali lahap atau tidak.

Tips yang bisa kamu coba sebelum mengganti pakan adalah jangan langsung semua pakan diganti, tapi beri mereka makanan baru secara sedikit demi sedikit agar pencernaan kucing bisa beradaptasi.

2. Karang Gigi

Patut diwaspadai jika kucing sudah mulai ogah-ogahan untuk melahap makanan yang disediakan bisa berindikasi pada penyakit mulut, yakni karang gigi, di mana terdapat plak yang menumpuk dan mengeras pada gigi kucing, sehingga membentuk karang gigi yang biasanya akan menyebabkan radang gusi.

Radang gusi yang dialami oleh kucing akan menyebabkan mereka merasa kesakitan saat harus mengunyah makanan, sehingga wajar saja jika kucing jadi malas untuk makan.

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa.

Biasanya dokter akan melakukan scaling pada gigi kucing yang terdapat plak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Atau, jika kamu ingin menghilangkan plak secara perlahan, kamu bisa mengurangi memberikan makanan basah pada kucing dan menggosok giginya setiap hari menggunakan pasta gigi khusus hewan.

3. Sakit

Kucing yang nafsu makannya menurun juga bisa menjadi tanda jika kucing kamu sedang sakit, sehingga mereka malas untuk menyentuh makanannya.

Lihat tanda-tanda lainnya, seperti kucing menjadi lemas atau susah bernapas sebagai indikasi yang menguatkan jika kucing kamu sedang sakit.

Penanganan paling tepat jika ini terjadi adalah dengan membawanya ke dokter hewan, agar bisa diketahui penyakit apa yang menyerang untuk bisa diberi penanganan yang tepat.

4. Stres

Penyebab lainnya yang membuat kucing kesayangan jadi malas makan bisa saja akibat stres karena pindah ke lingkungan baru atau terdapat kucing baru di rumah, sehingga mereka merasa terancam dan tidak nyaman yang menyebabkan kucing jadi malas makan.

Kamu bisa memberikan perhatian pada kucing yang sedang stres dengan cara mengelus-elus bulu mereka atau ajak bicara mereka dari hati ke hati.

Meskipun tampak konyol, tapi biasanya cara ini terbukti efektif.

Semoga setelah kamu mengetahui penyebab kucing menjadi malas makan, kamu jadi dapat mengambil tindakan dan solusi yang tepat untuk mengembalikan nafsu makan mereka yang hilang.

Tapi, jika kamu merasa penasaran dengan dunia dan seluk-beluk tentang kucing, buku yang satu ini rasanya akan menjawab rasa penasaran yang kamu miliki.

Buku Kucingpedia akan menjadi kamus tentang kucing yang lengkap untuk melengkapi atau menambah wawasan kamu seputar dunia kucing.

Secara lengkap, buku ini akan membahas seluk-beluk dunia kucing, seperti aneka kucing ras, berikut penjelasannya, foto, serta bagaimana cara untuk memeliharanya.

Tidak hanya itu, kamu juga akan menemukan berbagai cerita dan informasi menarik tentang kucing bersama kerabatnya yang imut dan menggemaskan.

Bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk membaca buku ini, Kucingpedia bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com