Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kebebasan Finansial dan Bagaimana Kamu Bisa Mewujudkannya

Kompas.com - 03/05/2022, 09:00 WIB
Kebebasan Finansial Sumber Gambar: Freepik.com Kebebasan Finansial
Rujukan artikel ini:
Rich Dad Poor Dad
Pengarang: Robert T. Kiyosaki
|
Editor Ratih Widiastuty

Mungkin sebagian dari kamu sudah sering mendengar istilah "kebebasan finansial" yang belakangan ini semakin banyak dibicarakan di media sosial, terutama oleh tokoh-tokoh influencer.

Namun, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan kebebasan finansial atau financial freedom tersebut?

Berikut adalah pengertian dari kebebasan finansial dan tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya.

Pengertian Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial merupakan suatu kondisi di mana seseorang terbebas dari segala jenis utang dan memiliki passive income yang bisa mencukupi kebutuhan hidupnya.

Passive income ini bisa kamu dapatkan melalui bisnis, investasi, kepemilikan aset, adsense Youtube atau blog, dan lain-lain.

Dengan memiliki passive income tiap bulannya, kamu jadi tidak perlu bekerja terlalu keras atau bahkan tidak bekerja sama sekali, sehingga mempunyai lebih banyak waktu untuk bisa menikmati hidup.

Selain perlu memiliki passive income, perencanaan keuangan yang baik sejak dini juga dibutuhkan untuk bisa mencapai tahap kebebasan finansial ini.

Memiliki perencanaan keuangan sejak dini berarti kamu telah membuat komitmen untuk tidak terlalu berfoya-foya ketika masih muda, dan lebih memilih menabung demi mewujudkan kebebasan finansial di usia dewasa.

Cara Mewujudkan Kebebasan Finansial

1. Mencatat Keuangan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan kebebasan finansial sejak dini adalah dengan mengelola pendapatan yang kamu miliki dengan melakukan pencatatan keuangan.

Catatlah secara rutin, baik pemasukan atau pun pengeluaran yang kamu lakukan setiap bulannya, agar bisa memantau bagaimana kamu dalam menggunakan uang.

Dengan begitu kamu jadi bisa melihat apakah kamu sudah mengatur keuangan dengan baik atau belum.

Jika merasa ada pengeluaran yang terlalu besar untuk kebutuhan tersier yang tidak terlalu penting, maka kamu bisa mengatur kembali pengeluaran kamu agar jadi lebih hemat dan lebih tepat dalam mengalokasikannya.

2. Jangan Takut Gengsi

Ketika melakukan pencatatan keuangan, kamu mungkin akan menyadari pengeluaran-pengeluaran berlebih yang kurang penting, seperti terlalu sering nongkrong di kafe-kafe kekinian, membeli produk tertentu karena sedang tren, dan lain-lain.

Pengeluaran-pengeluaran ini bisa kamu kurangi atau bahkan kamu hilangkan jika kamu mampu mengadopsi pola pikir untuk tidak takut gengsi.

Selalu ingat akan tujuan dan mimpi kamu untuk bisa mencapai kebebasan finansial di masa depan, sehingga kamu akan jadi lebih mindful dalam menggunakan uang dan tidak menghambur-hamburkannya secara berlebihan.

Mengikuti tren yang tidak pernah ada habisnya dan sering kali berubah-ubah dengan cepat hanya akan menimbulkan kepuasan sesaat, namun bisa mengacaukan rencana keuangan kamu dalam jangka panjang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Melakukan Investasi

Ketika menerima gaji bulanan, cobalah untuk langsung menyisihkan sebagian uang dari pendapatan yang kamu terima untuk diinvestasikan.

Semakin dini kamu melakukan investasi, maka kamu akan memiliki waktu yang lebih panjang untuk bisa melipatgandakan keuangan dan mewujudkan kebebasan finansial di masa depan.

Meskipun investasi merupakan salah satu cara yang menjanjikan dalam membantu kamu mencapai kebebasan finansial, namun kamu perlu mempelajarinya terlebih dahulu agar tidak justru mengalami kerugian.

Kamu bisa mencari tahu mengenai investasi dan berbagai instrumen di dalamnya melalui internet atau dengan membaca buku-buku yang membahas tentang investasi dan saham.

4. Memikirkan Penghasilan Tambahan

Selain kepemilikan aset investasi, terdapat banyak cara lain yang juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan mencapai kebebasan finansial dengan lebih cepat.

Jika memiliki modal yang cukup besar, kamu bisa membangun indekos, menyewakan bangunan perkantoran, rental kendaraan, membeli franchise, dan lain-lain, yang bisa menjadi passive income dalam keuangan kamu.

Namun jika belum memiliki modal yang memadai, kamu pun bisa membangun bisnis atau usaha kecil-kecilan, mencari pekerjaan sampingan sebagai freelance, membuat blog atau akun Youtube, serta masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu praktikkan untuk mencapai kebebasan finansial, sehingga kamu bisa memiliki lebih banyak waktu luang untuk menikmati hidup di masa depan nanti.

Selain dengan menjalankan tips-tips yang telah dibagikan di atas, kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak insight mengenai kebebasan finansial dengan membaca buku Rich Dad Poor Dad yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki.

Melalui buku ini, penulis akan menceritakan pengalaman keuangan yang dialami oleh ayahnya yang berpenghasilan biasa-biasa saja dan ayah dari seorang temannya yang kaya raya.

Kisah ayah dari Robert Kiyosaki inilah yang akan mengubah perspektif kamu bahwa kebebasan finansial tidak hanya bisa dicapai oleh orang yang memiliki penghasilan tinggi saja.

Selain mengubah pola pikir, penulis juga akan mengarahkan kamu untuk memiliki kesadaran mengenai pentingnya kepekaan finansial dan membangun aset sedini mungkin, terutama di zaman yang semakin canggih seperti saat ini.

Banyak sudut pandang baru terkait pemahaman keuangan yang akan kamu dapatkan di dalam buku ini dan bisa menjadi pondasi yang akan membantu kamu untuk meraih kebebasan finansial.

Kamu bisa mendapatkan buku Rich Dad Poor Dad ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com