Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Jurusan Kuliah yang Santai dan Tidak akan Membuat Kamu Jenuh

Kompas.com - 21/04/2022, 20:07 WIB
Jurusan kuliah yang santai Sumber Gambar: Freepik.com Jurusan kuliah yang santai
Rujukan artikel ini:
#Antisalahjurusan
Pengarang: Monic Christian dan Tim…
|
Editor Novia Putri Anindhita

Setelah menempuh wajib belajar 12 tahun sejak bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, mungkin sebagian dari kamu merasa lelah dengan mata pelajaran yang rumit dan berisi banyak hitungan atau hafalan.

Bagi kamu yang berkeinginan untuk kuliah dengan lebih santai dan tidak merasa jenuh dengan mata kuliah yang memberatkan, terdapat beberapa jurusan kuliah yang dipercaya lebih ringan dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Meskipun termasuk jurusan yang cenderung lebih santai, namun jurusan-jurusan ini tetap memiliki peluang kerja yang luas dan pengembangan karier yang terjamin.

Berikut adalah daftar beberapa jurusan kuliah yang santai dan tidak akan membuat kamu jenuh, dan bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang bingung dalam memilih jurusan kuliah.

Daftar Jurusan Kuliah yang Santai dan Tidak Membuat Jenuh

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan kuliah yang santai karena mata kuliahnya yang cenderung menarik, seperti creative thinking, periklanan, public relations, komunikasi lintas budaya, dan lain-lain.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai seni dan keterampilan dalam berkomunikasi dengan baik, secara lisan atau pun tertulis.

Peluang kerjanya pun sangat luas dan banyak dicari, mulai dari start up hingga perusahaan besar, bahkan kamu juga memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di stasiun televisi.

Perkuliahannya yang menyenangkan dijamin tidak akan membuat kamu merasa jenuh jika memang kamu memiliki ketertarikan dalam bidang komunikasi.

Kemampuan public speaking yang akan kamu kuasai selama berkuliah di jurusan ini juga akan sangat bermanfaat dalam bidang karier apa pun.

2. Bahasa dan Sastra

Jurusan Bahasa dan Sastra merupakan jurusan selanjutnya yang terbilang cukup santai dan memiliki banyak peminat.

Biasanya mahasiswa yang memilih jurusan Bahasa dan Sastra memiliki ketertarikan terhadap suatu budaya yang ingin mereka pelajari dengan lebih dalam, seperti Jepang, Korea, Prancis, dan lain-lain.

Di dalam jurusan ini kamu akan belajar terkait pemahaman linguistik, struktur bahasa, serta kebudayaan dari bahasa yang kamu pelajari.

Tugas-tugas yang diberikan pun cenderung menyenangkan, seperti menganalisis film, buku, drama, puisi, serta dongeng.

Jika berkuliah di jurusan ini kamu memiliki peluang untuk bekerja sebagai penerjemah, editor, jurnalis, copywriter, UX writer, penulis, guru, dan leksikografer.

3. Perhotelan dan Pariwisata

Jurusan Perhotelan dan Pariwisata menjadi salah satu jurusan selanjutnya yang tergolong cukup mudah karena memiliki lebih banyak praktik dibandingkan teori.

Mata kuliah yang erat kaitannya dengan dunia wisata dan liburan tentunya akan terasa menyenangkan dan tidak akan membuat kamu jenuh.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai ilmu manajemen perhotelan dan pariwisata yang membahas bagaimana cara untuk merancang, menyusun, mempraktikkan, dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan di sektor pariwisata dan akomodasi atau penginapan.

Dengan banyaknya tempat-tempat liburan dan pariwisata yang terdapat di Indonesia, memberikan kamu lapangan kerja yang begitu luas setelah lulus dari jurusan ini.

Selain itu, terdapat cakupan yang lebih luas dalam sektor pariwisata dan perhotelan selain hotel atau restoran saja, namun juga industri penerbangan, resor, dan perkapalan (cruise liners).

4. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Selain jurusan Pariwisata dan Perhotelan, jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi juga merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak praktik dibandingkan teori.

Jika kamu memiliki ketertarikan dalam cabang olahraga dan atletik serta kesehatan jasmani, maka mata kuliah yang ada di jurusan ini akan terasa menyenangkan ketika dijalani.

Di dalam jurusan ini kamu akan dibina untuk memiliki keterampilan dalam memanajemen penyelenggaraan pertandingan olahraga, sport entrepreneurship, jurnalisme, dan kemampuan menjadi pelatih dalam cabang olahraga.

Selain menjadi guru olahraga di sekolah, kamu juga akan memiliki prospek kerja untuk menjadi widyaiswara pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, peluang menjadi atlet profesional atau pelatih olahraga, konsultan kebugaran, peneliti keolahragaan, serta tenaga kesehatan non-medis di bidang keolahragaan.

Kamu juga akan memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan pengembangan diri melalui pendekatan aktivitas keolahragaan yang berkaitan dengan aspek kognitif, afektif, psikomotor, sosial, fisiologi, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa pilihan jurusan kuliah yang santai dan mungkin cocok bagi kamu yang tidak suka mempelajari banyak teori yang rumit.

Bagi kamu yang masih galau dalam memilih jurusan kuliah yang kamu inginkan, buku #Antisalahjurusan yang ditulis oleh Monic Christian dan Tim Tes Bakat Indonesia bisa membantu kamu untuk mengatasi kebimbangan yang kamu alami.

Buku ini akan mengajak kamu untuk mengetahui dan mengenali 3P di dalam diri kamu, yaitu Potentials, Passion, dan Personality.

Dengan memahami diri kamu secara lebih mendalam, kamu jadi bisa menentukan jurusan yang sesuai dengan kepribadian yang kamu miliki sehingga kamu tidak akan salah dalam memilih jurusan.

Selain itu, melalui buku ini tim penulis juga akan membimbing kamu untuk bisa mencermati kekuatan atau kelebihan yang ada pada masing-masing jurusan.

Dengan fakta menarik yang dibagikan di dalam buku, kamu akan menyadari berbagai pertimbangan yang perlu kamu pikirkan sebelum memutuskan jurusan apa yang ingin kamu pilih.

Kamu bisa mendapatkan buku #Antisalahjurusan ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com