Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Novel Sejarah untuk Menemanimu Menyelami Masa Lampau

Kompas.com - 13/04/2022, 11:10 WIB
Rekomendasi Novel Sejarah Sumber Gambar: Freepik.com Rekomendasi Novel Sejarah
Rujukan artikel ini:
Siapa Orang Asli Palestina? Sejarah…
Pengarang: Zafarul Islam Khan, Ph.D
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Dengan membaca buku, kita akan menambah wawasan baru yang mungkin belum pernah kita pelajari sebelumnya.

Selain itu, kita juga bisa mengenal berbagai macam peristiwa yang pernah terjadi di dunia, misalnya saja seperti peristiwa sejarah.

Baik atau buruknya sejarah, telah menjadi bagian dari perjalanan sebuah bangsa, dan akan menjadi pembelajaran yang berharga untuk masa depan.

Oleh karena itu, mempelajari sejarah adalah hal yang sangat penting bagi kita, agar kita tidak lagi melakukan kesalahan yang sama, dan supaya kita bisa lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang selama bertahun-tahun demi melihat anak cucunya hidup merdeka dan bebas dari penderitaan.

Membaca novel sejarah bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk bisa mengenal dan mempelajari sejarah, karena novel biasanya lebih mampu memantik rasa ingin tahu para pembaca.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi novel bertema sejarah yang bisa mengenalkanmu pada berbagai peristiwa di masa lampau.

Rekomendasi Novel Sejarah

1. Siapa Orang Asli Palestina? – Zafarul Islam Khan, Ph.D

Bagi kamu yang sering mengikuti perkembangan berita dunia, kamu pasti sudah mengetahui bahwa wilayah Palestina sampai saat ini masih dijadikan sebagai alasan konflik yang terjadi dengan negara Israel.

Sejak pertama kali Israel datang dan merebut salah satu wilayah Palestina, mereka semakin berusaha untuk masuk dan mengambil wilayah lainnya, sehingga Palestina menganggap mereka sebagai penjajah karena memaksa untuk merebut tanah milik Palestina yang sudah mereka huni bahkan sebelum Israel terbentuk.

Jadi sebenarnya, siapa orang pertama yang menghuni wilayah tersebut?

Apa benar bahwa wilayah yang menjadi rebutan tersebut sebenarnya adalah sebuah tanah yang telah dijanjikan dan diperuntukkan untuk orang Israel?

Semua pertanyaan ini tentunya akan terjawab secara lengkap dalam buku ini.

Tidak hanya itu saja, penulis juga akan memberikan kamu pengetahuan baru mengenai asal muasal wilayah konflik tersebut dan mengapa wilayahnya tidak pernah sepi dengan konflik bahkan sampai akhir zaman.

2. Dari Panggung Sejarah Bangsa – Lukman Hakiem

Sejarah tidak hanya mengisahkan tentang peristiwa, tapi juga tentang perjalanan waktu dan tokoh.

Ketiganya saling terlibat dan berhubungan satu sama lain.

Dalam buku setebal 312 halaman ini, kamu akan mengetahui berbagai kisah perjuangan para tokoh yang berjuang untuk kemerdekaan dan kesejahteraan NKRI.

Dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah untuk dipahami, para pembaca akan ikut larut ke dalam alur tulisannya, dan bahkan bisa merasakan sentuhan emosional yang dirasakan oleh tiap tokoh yang diceritakan.

Buku ini cocok sekali dibaca untuk kamu yang ingin lebih mengenal dan belajar mengenai arti perjuangan, serta kontribusi yang nyata bagi bangsa dan negara.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Teh dan Pengkhianat – Iksaka Banu

Buku ini berisi 13 cerita pendek yang akan memperlihatkan kepada kita bagaimana warna warni dunia sejarah, terutama pada masa kolonial.

Ada kisah yang membahas mengenai alasan mengapa sepeda banyak digunakan oleh kaum bumiputera saat zaman Hindia Belanda, ada juga kisah yang membahas wabah cacar yang melanda suatu daerah, dan masih banyak lagi.

Penulis ingin menegaskan bahwa sejarah sebenarnya tidak hanya berpusat pada peperangan dan kontak senjata saja, tapi juga tentang kemanusiaan, fanatisme, dan pengorbanan sampai akhir.

4. Seri Nusantara Membara: Invasi ke Sumatra – Nino Oktorino

Setelah beratus-ratus tahun menguasai wilayah Indonesia, Belanda akhirnya menyerah dan memberikan kekuasaan penuh kepada pemerintah Jepang, tepatnya pada 8 Maret 1942.

Bangsa Indonesia pada awalnya menyambut niat baik Jepang yang telah berhasil mengusir Belanda dan membebaskan rakyat Indonesia dari penjajahan serta penderitaan tiada akhir.

Sayangnya, Jepang juga punya maksud yang sama, yaitu untuk menguasai wilayah dan kekayaan alam Indonesia demi memakmurkan negaranya.

Hal inilah yang membuat mereka tiba-tiba saja menyerang wilayah-wilayah di Kalimantan dan Sumatra.

Buku ini akan membahas secara lengkap bagaimana awal mula invasi Jepang ke berbagai wilayah di Sumatra, dan apa saja bentuk perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Sumatra untuk melawan serta mengusir Jepang dari wilayah mereka.

5. Keris dan Katana – Nino Oktorino

Dua tahun sejak Jepang menduduki wilayah Indonesia, mereka mulai terdesak dan tidak kuasa menahan gempuran musuh-musuhnya dalam Perang Asia Timur Raya.

Hal ini akhirnya membuat mereka harus segera membentuk barisan pemuda yang akan membantu mereka dalam peperangan.

Setelah itu, mereka membentuk PETA (Pembela Tanah Air), sebuah barisan pemuda pembantu Jepang yang nantinya akan menjadi cikal bakal Tentara Nasional Indonesia.

Pemuda PETA yang dibentuk dan dilatih langsung oleh Jepang, memanfaatkan berbagai kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan memperkuat barisan pertahanan, untuk kemudian digunakan dalam perjuangan membela kemerdekaan Indonesia.

Buku ini akan membahas mengenai kekalahan Jepang pada Asia Timur Raya, apa saja bentuk perjuangan PETA dalam membela tanah air, dan bagaimana Indonesia akhirnya berhasil memperoleh kemerdekaan pada pertengahan Agustus tahun 1945.

Semua kisahnya akan dibahas dengan sangat lengkap dalam buku ini.

Membaca berbagai novel bertema sejarah akan membantu kita memasuki mesin waktu dan mengarungi berbagai peristiwa di masa lampau.

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari sejarah dengan cara yang menyenangkan, kamu bisa mendapatkan buku-buku ini melalui Gramedia.com, atau kamu juga bisa membaca versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com