Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelusuri Jejak Peradaban Islam, Ini 5 Rekomendasi Buku Sejarah Islam yang Menginspirasi

Kompas.com - 11/04/2022, 13:00 WIB
Buku sejarah islam Sumber Gambar: Freepik.com Buku sejarah islam
Rujukan artikel ini:
Kronologi Sejarah Islam & Dunia
Pengarang: Fedrian Hasmand
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kecanggihan teknologi sering tidak diimbangi dengan kemajuan pemikiran masyarakatnya, hal inilah yang menjadi penyebab munculnya berbagai stereotip yang keliru di lingkungan masyarakat.

Di beberapa negara termasuk Indonesia, stereotip mengenai agama, kepercayaan, dan kebudayaan sering sekali menjadi topik pembicaraan hangat yang tidak berkesudahan.

Sebagai salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Islam punya beberapa persepsi dan rumor, karena buntut dari adanya berbagai stereotip tersebut.

Padahal, Islam mempunyai sejarah yang panjang dan berliku, sebelum akhirnya berhasil mencapai kejayaan dan menjadi salah satu agama terbesar di dunia.

Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi buku mengenai sejarah Islam yang akan menambah wawasan dan memberikan inspirasi untuk para pembacanya.

5 Rekomendasi Buku Sejarah Islam

1. Sejarah Islam di Jawa – Kamil Hamid Baidawi

Terbatasnya data-data yang membahas mengenai kapan dan bagaimana awal mula kedatangan Islam di Pulau Jawa akhirnya membuat banyak sejarawan memiliki perbedaan pendapat satu sama lain.

Narasi yang masih dipercaya sampai saat ini adalah bahwa Islam masuk ke tanah Jawa karena dibawa oleh para pedagang Muslim yang juga pendakwah dari beberapa negara Arab, dan kemudian Islam juga dikembangkan menjadi lebih kreatif melalui para wali, yang dikenal dengan nama Wali Songo.

Tapi, apakah narasi tersebut sudah cukup menjelaskan bagaimana sejarah Islam di Jawa?

Dengan membaca buku ini, kamu akan mendapatkan tiga pokok bahasan yang penting, yaitu mengenai awal mula kedatangan Islam, tokoh-tokoh penyebar Islam di tanah Jawa, dan bagaimana keadaan Pulau Jawa pada saat itu.

2. Kronologi Sejarah Islam & Dunia – Fedrian Hasmand

Sama seperti sebuah peradaban, Islam juga punya perjalanan sejarah yang panjang dan berliku sampai akhirnya berhasil diterima sebagai salah satu agama yang utama di berbagai belahan dunia.

Tidak seperti buku sejarah pada umumnya, buku ini akan memberikan cakupan pengetahuan sejarah Islam yang lebih luas, yang bisa merangkum hampir semua entitas dan peristiwa sejarah yang pernah terjadi di dunia.

Setiap bab yang ada dalam buku ini akan memaparkan dan mengurutkan berbagai peristiwa bersejarah secara jelas dan ringkas.

Buku ini juga dilengkapi dengan indeks untuk memudahkan kamu dalam penelusuran bagian-bagian tertentu.

3. Atlas Sejarah Islam – Buku Kita

Islam adalah sebuah agama yang memiliki sistem kehidupannya tersendiri, yang didasarkan pada Al-Qur’an dan Hadist Rasulullah SAW.

Sistem inilah yang membuat Islam mampu menguasai banyak wilayah di berbagai belahan dunia, mulai dari Jazirah Arab, Afrika, Andalusia (Spanyol), Persia, India, Irak, Afghanistan, bahkan juga berhasil menembus bagian utara Cina.

Keberhasilan Islam yang gemilang ini bahkan terus berevolusi dan mengikuti perkembangan zaman sampai hari ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dilengkapi dengan foto-foto dan ilustrasi peninggalan sejarah, buku ini akan mengupas secara tuntas mengenai berbagai peristiwa penting yang pernah terjadi dalam sejarah Islam di dunia.

4. Tragedi-Tragedi Paling Memilukan dalam Sejarah Islam – Muhammad Zulian Alfarizi

Kisah Rasulullah SAW yang terusir dari tanah kelahirannya sendiri, terbunuhnya Hamzah bin Abdul Muthalib dalam Perang Uhud, kisah wafatnya Hasan dan Husein bin Ali yang mengenaskan, ketiga peristiwa tersebut banyak disebut sebagai tragedi yang memilukan bagi sejarah islam yang dukanya sulit untuk dilupakan sampai sekarang.

Tidak hanya itu saja, masih banyak kisah dan peristiwa lain yang tidak kalah menyayat hati dan membuat kamu memahami berbagai kesulitan yang harus dialami oleh Islam sebelum sampai ke titik ini.

Selain menambah wawasan dan pengetahuan, buku ini juga sangat cocok digunakan sebagai buku untuk menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Tuhan yang Maha Esa.

5. Biografi 39 Tokoh Wanita Pengukir Sejarah Islam – Bassam Muhammad Hamami

Tidak hanya para pria, wanita juga memiliki peran yang sangat penting dalam perjuangan dakwah Islam dan bahkan berhasil menggoreskan tinta emas dalam sejarah perkembangan Islam di dunia.

Lewat buku ini, kamu akan belajar ilmu kehidupan dari para wanita mukminah yang hidup dan berjuang bersama dengan Rasulullah SAW.

Mereka ini adalah ibu kandung dan ibu susu Nabi, para istrinya, putri-putrinya, dan masih banyak lagi.

Kamu akan memahami bagaimana perjuangan dan pengorbanan seorang Khadijah dalam mendampingi dan memberikan semua harta bendanya demi membantu dakwah Rasulullah SAW, belajar dari Siti Aminah tentang caranya tabah dan tegar dalam menghadapi setiap cobaan dari Allah Swt, dan masih banyak lagi.

Setelah membaca buku ini, kamu akan paham bahwa para wanita juga bisa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia dan peradaban Islam.

Itulah beberapa daftar rekomendasi buku sejarah islam.

Untuk mendapatkan buku-buku ini, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com, atau kamu juga bisa membacanya dalam versi e-book melalui Gramedia Digital.

Selain itu, dalam menyambut bulan Ramadan, Gramedia Official Shop pada Tokopedia memberikan diskon hingga 90% untuk buku, Al-Qur'an, hingga sajadah dan tas pilihan.

Tokopedia Diskon Buku Gramedia Ramadan Tokopedia Diskon Buku Gramedia Ramadan

Ada pula gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian dengan langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com