Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Gaya Hidup Boros, Ini 5 Cara Hidup Hemat yang Bisa Kamu Terapkan

Kompas.com - 22/03/2022, 09:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Seni Hidup Minimalis
Pengarang: Francine Jay
|
Editor Ratih Widiastuty

Semakin mudahnya dalam mengakses berbagai hal melalui dunia digital membuat kita menjadi lebih konsumtif dan boros dalam membeli segala sesuatunya, sehingga dibutuhkan cara hidup hemat yang akan meredam hasrat untuk terus membuang-buang uang.

Tantangan yang dihadapi oleh anak muda zaman sekarang terbilang cukup berat.

Sekarang ini sudah banyak sekali pilihan barang dan gaya hidup yang bisa mendorong perilaku konsumtif, karena semuanya bisa didapatkan dengan mudah dan praktis.

Bayangkan saja, kehadiran e-commerce yang semakin menjamur memberikan penawaran cara berbelanja yang mudah, murah, dan praktis, dengan berbagai jenis kebutuhan yang diperlukan, namun tidak mengherankan mampu membuat kita menjadi pribadi yang boros pula.

Tuntutan gaya hidup juga menjadi salah satu penyebab mengapa kini rasanya sulit sekali untuk menabung dan menyisihkan uang, mulai dari membeli kopi di kafe setiap hari, menonton film di bioskop setiap minggu, semuanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk sebuah gaya hidup yang dianggap relevan dengan zaman sekarang.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara hidup hemat yang akan membantu kita dalam mengubah gaya hidup yang boros.

Berikut 5 cara hidup hemat yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

5 Cara Hidup Hemat

1. Sesuaikan Pengeluaran dengan Pendapatan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk hidup hemat adalah dengan melakukan penyesuaian antara pengeluaran dengan pemasukan, dengan cara tidak memaksakan diri untuk membeli kebutuhan melebihi budget yang dimiliki.

Belilah kebutuhan secara terkendali sesuai dengan kondisi finansial yang kamu miliki untuk menghindarkan kamu dari keharusan berutang, dengan cara menyesuaikan kebutuhan sehari-hari dengan jumlah pemasukan yang kamu terima setiap bulannya.

2. Catat dan Prioritaskan Kebutuhan Alih-Alih Keinginan

Penting sekali bagi kamu untuk mencatat hal-hal apa saja yang menjadi prioritas, seperti kebutuhan akan bahan makanan, kebersihan, hingga tagihan yang harus dibayar, dan mengesampingkan berbagai macam keinginan yang akan mengganggu kondisi keuangan.

Kurangi beberapa kegiatan yang tidak perlu dan hanya menguras kantong belaka, seperti minum kopi di kafe, makan di restoran, atau berbelanja baju di mal.

Gaya hidup atau keinginan seperti itu hanya akan menggiring kamu ke pola perilaku konsumtif yang pada akhirnya akan menjerumuskanmu pada kesengsaraan.

3. Jangan Membuat Utang Jika Memang Tidak dalam Kondisi Darurat

Berutang adalah sesuatu yang akan menjerumuskan kamu pada kehidupan yang tidak tenang, jika meminjam uang hanya untuk sesuatu yang tidak perlu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jangan pernah mencoba untuk berutang jika memang tidak terdesak kondisi yang darurat, karena pada akhirnya hanya akan ada penyesalan dan penderitaan jika utang tersebut tidak mampu kamu bayar dan malah menumpuk.

4. Mencari Promo

Cara hidup hemat lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari berbagai promo.

Kini berbagai promo dapat dengan mudah kamu temukan di mana pun, mulai dari promo untuk kebutuhan pokok hingga membayar berbagai tagihan.

Potongan harga, cashback, hingga bonus yang bisa kamu dapatkan dari sebuah promo akan meminimalisir pengeluaran, sehingga kondisi finansial kamu bisa jauh lebih hemat dengan cara memaksimalkan promo yang ada.

5. Menjadi Seorang Minimalis

Cara terakhir yang mungkin bisa kamu coba untuk hidup hemat adalah dengan menjadi seorang minimalis yang tidak memerlukan banyak barang-barang di dalam rumah, sehingga mampu memangkas pengeluaran yang biasanya timbul dari keinginan membeli sesuatu yang hanya berdasarkan pada nafsu sesaat saja.

Hidup minimalis akan memaksimalkan setiap momen yang mampu membuat kualitas hidup jauh lebih bermakna dan berkesadaran, yang pada akhirnya akan membawa pada kebahagiaan yang sebenarnya tentang menjalani kehidupan di dunia.

Berbicara soal gaya hidup minimalis, mungkin buku yang satu ini akan sangat cocok dan relevan untuk menolong kamu dalam memahami konsep dan cara hidup minimalis itu sendiri.

Buku Seni Hidup Minimalis yang ditulis oleh Francine Jay merupakan karya yang dibuat berdasarkan pengalaman penulis saat menjadi seorang minimalis, dan ternyata mampu membuat kualitas hidupnya jauh lebih bermakna.

Segala macam perihal minimalis akan dibahas dengan lengkap dan jelas di buku ini, sehingga akan memudahkan kamu dalam memahami konsep serta cara dalam memulai hidup minimalis.

Mulai dari mindset, metode, langkah, hingga konsep minimalis yang ramah lingkungan akan kamu dapatkan dari buku yang sangat penuh dengan wawasan dan ilmu seputar hidup minimalis ini.

Buku Seni Hidup Minimalis bisa langsung kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com