Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mempelajari Keahlian Baru? Ini Daftar Technical Skill yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2022

Kompas.com - 17/03/2022, 21:00 WIB
Sumber gambar: freepik.com Sumber gambar: freepik.com
Rujukan artikel ini:
Python untuk Programmer Pemula
Pengarang: Jubilee Enterprise
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Perkembangan zaman saat ini sudah semakin tidak bisa dihindari, hal ini mengharuskan manusia untuk terus beradaptasi dan mengikuti arus perkembangan yang terjadi agar tidak ketinggalan zaman.

Mempelajari berbagai bidang ilmu dengan cepat dan tepat menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi orang yang update dalam banyak hal.

Dalam proses mempelajari hal baru, ada baiknya kita mendalami berbagai macam bidang yang saling berhubungan satu sama lain sehingga kita bisa mendapatkan pengetahuan secara maksimal.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita pasti bisa menilai dan mengamati beberapa bidang tertentu yang terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan, misalnya seperti bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tapi keduanya juga tetap harus diimbangi dengan technical skill atau keahlian teknis yang lebih bersifat praktik dibandingkan teori, sehingga kita bisa punya peluang yang besar untuk diterima di perusahaan tertentu.

Apa Itu Technical Skill?

Kebanyakan perusahaan memang mencari pelamar yang punya segudang kemampuan teknis untuk bisa menunjang pekerjaannya dengan baik.

Semakin banyak keahlian yang kita punya, maka kita akan lebih mudah untuk bersaing dengan orang lain, dan juga punya peluang yang besar untuk mendapatkan jabatan pekerjaan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Jadi, technical skill ini sebenarnya merupakan sebuah keterampilan yang ada dalam diri manusia, yang mengarah pada pengetahuan dan keahlian tertentu yang bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Pada umumnya keahlian teknis ini memang sering dikaitkan dengan bidang tertentu seperti sains, keuangan, dan IT.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa kemampuan teknis yang terbukti paling dibutuhkan di tahun 2022 dan bisa kamu pelajari mulai dari sekarang.

Daftar Technical Skill yang Penting untuk Dikuasai

1. Digital Security

Kemampuan teknis lain yang juga dibutuhkan di tahun ini adalah digital security, pekerjaan yang satu ini biasanya berkaitan langsung dengan keamanan data pengguna aplikasi tertentu.

Perkembangan media sosial di era digital memang semakin memudahkan masyarakat untuk beraktivitas, tapi juga membuat data kita rawan untuk dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itulah, peran digital security sangat dibutuhkan dalam bidang ini.

Sama seperti programmer, seorang digital security juga punya tugas yang cukup berat karena mengurus identitas banyak orang dalam suatu negara, jadi pekerjaan yang satu ini wajib diberikan bayaran yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

2. Desain Grafis

Selain ilmu pengetahuan dan teknologi, desain grafis juga menjadi salah satu bidang keahlian yang terus berkembang pesat.

Untuk itulah, ada banyak sekali perusahaan yang akhirnya membutuhkan jasa seorang graphic designer untuk membuat tampilan media sosial perusahaannya terlihat lebih menarik dan atraktif, sehingga akan banyak orang yang tertarik.

Jika kamu menyukai dunia desain dan ingin menjadi seorang graphic designer, ada beberapa aplikasi pembuatan desain yang sebisa mungkin harus kamu kuasai, yaitu Adobe Experience (UX Design), UI Design, Digital Product Design Software, Adobe Creative Suite (photoshop), dan masih banyak lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Profesi graphic designer ini menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan dalam dunia digital dan memiliki jenjang karir yang jelas dan menjanjikan, jadi tidak ada alasan bagi kamu untuk ragu saat mempelajari dan mendalami dunia desain grafis.

3. Data Analyst

World Economic Forum (WEF) telah merilis berbagai daftar pekerjaan yang paling dibutuhkan mulai tahun ini sampai kisaran tahun 2025, dan profesi data analyst menjadi peringkat pertama dalam daftar pekerjaan tersebut.

Hal ini juga diperkuat dengan semakin dibutuhkannya profesi data analyst untuk membantu mengolah dan menganalisis berbagai macam data yang bisa membuat suatu perusahaan mendapatkan keuntungan.

Seorang data analyst juga bertugas untuk meneliti berbagai informasi melalui pengamatan data yang optimal, dan untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan banyak program serta aplikasi pengolahan data seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL.

4. Programming

Perkembangan zaman yang semakin maju akhirnya membuat banyak perusahaan yang lebih memilih untuk fokus dalam mengembangkan sektor digitalnya sebagai salah satu strategi marketing, misalnya seperti membuat website atau aplikasi tertentu.

Jadi untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan membutuhkan seorang programmer yang punya keahlian khusus terutama dalam bidang programming dan application development (pengembangan aplikasi).

Sebagai orang yang bertanggung jawab penuh terhadap kelancaran proses programming, seorang programmer diharuskan untuk bisa memahami berbagai macam bahasa pemrograman yang ada di komputer.

Hal ini akan sangat membantu jika nantinya terjadi kesalahan tertentu.

Walaupun terkesan sulit, tapi saat ini programmer masih menjadi salah satu bidang pekerjaan yang diminati banyak orang karena terbukti memberikan hasil yang menjanjikan.

Untuk mempelajari dan meningkatkan skill kamu dalam bidang programming, kamu bisa coba membaca buku Python untuk Programmer Pemula yang ditulis oleh Jubilee Enterprise.

Phyton termasuk salah satu bahasa pemrograman yang dinilai paling aman untuk dipelajari para pemula yang masih awam dengan dunia programming, jadi melalui buku ini kamu akan mempelajari mulai dari dasar-dasar Python, cara pemrograman database menggunakan Python, dan masih banyak lagi.

Setelah membaca berbagai macam materi yang ada dalam buku ini, kamu akan semakin jatuh cinta dengan dunia Python dan akhirnya merasa ketagihan untuk terus mempelajari dan mendalami bahasa pemrograman yang tersisa.

Technical skill atau keahlian teknis memang terbukti sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena bisa membantu mempengaruhi kinerja seseorang, dan membuat suatu pekerjaan bisa diselesaikan dengan maksimal.

Maka dari itu, sebelum kamu masuk ke dunia kerja yang nyata, ada baiknya kamu selalu berusaha untuk mempelajari keahlian baru dan terus melatihnya sampai kamu bisa menguasainya secara matang.

Melalui cara ini, kamu bisa menjadi pribadi yang mandiri dan dipenuhi banyak kemampuan yang sesuai dengan zaman.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin menjadi seorang programmer yang baik, kamu bisa mendapatkan buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com