Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Tahu Tentang Sleep Call, Fenomena Menelepon Hingga Tertidur di Kalangan Anak Muda

Kompas.com - 06/03/2022, 19:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Beyond Mars and Venus
Pengarang: John Gray
|
Editor Novia Putri Anindhita

Kini anak muda kerap menggunakan istilah kebarat-baratan untuk menunjukkan aktivitas yang mereka lakukan agar terdengar menarik.

Salah satu tren tersebut ialah sleep call, yakni aktivitas berkomunikasi menggunakan ponsel, baik berbentuk video maupun suara, yang dilakukan di malam hari bersama pasangan atau sahabat hingga jatuh terlelap tidur.

Meskipun tampak sepele dan membosankan, namun aktivitas sleep call nyatanya mampu membantu hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) agar tetap terhubung dan semakin mempererat hubungan tersebut.

Biasanya obrolan yang dibahas adalah menceritakan segala sesuatu secara terbuka dan blak-blakan, hingga keduanya sama-sama jatuh tertidur karena efek nyaman dan tenang yang diberikan.

Akan tetapi, di balik tren sleep call ini ternyata mempunyai beberapa manfaat yang berguna untuk meningkatkan kualitas hubungan yang biasanya terasa renggang dan kehilangan nyawa saat dipisahkan oleh jarak.

Manfaat dari Sleep Call

1. Mempunyai Teman Curhat

Aktivitas sleep call tidak hanya berguna untuk mengisi waktu sebelum tidur, tapi juga bisa dijadikan tempat untuk mencurahkan hati kepada pasangan agar terasa lebih intens dan hangat.

Kamu bisa menceritakan apa saja dari hati ke hati selama melakukan sleep call agar beban yang ada di dalam hati bisa sedikit terangkat dan kamu juga bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik setelah melakukan sleep call.

2. Jauh di Mata, Dekat di Hati

Sleep call juga mampu mendekatkan perasaan melalui aktivitas komunikasi yang akan memuaskan perasaan rindu terhadap pasangan sebelum beranjak tidur sehingga bisa menjadi momen untuk saling terbuka terhadap satu sama lain.

Apalagi, khususnya, untuk orang-orang yang menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR), sleep call seakan menjadi solusi untuk menghabiskan quality time dengan pasangan meskipun terpaut jarak yang memisahkan.

3. Obat Tidur yang Mujarab

Bagi kamu yang merasa memiliki kesulitan untuk tidur cepat, sleep call dapat dipilih sebagai obat tidur yang mujarab sebab biasanya obrolan yang dibicarakan saat melakukan sleep call bersifat menyenangkan sehingga mampu mengurangi stres yang menjadi penyebab sulit tidur.

Usahakan untuk membicarakan momen-momen yang gembira dan berkesan bersama pasangan agar beban pikiran bisa terurai dan rasa kantuk pun akan segera menyergap menyeret kamu ke dunia mimpi secepat mungkin.

4. Mempererat Komitmen Hubungan

Saat kesibukan menuntut waktu dan perhatian, biasanya kamu akan merasa kesulitan untuk membagi waktu terhadap pasangan dikarenakan pekerjaan yang menyita hari-harimu selama melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka dari itu, sleep call dapat menjadi pilihan yang tepat agar kamu bisa tetap terhubung dan berkomunikasi dengan pasangan supaya komitmen hubungan yang kalian jalankan akan semakin erat dan kokoh walaupun dihadang oleh kesibukan sehari-hari.

5. Menghilangkan Rasa Sepi

Ketika kamu merasa lelah dan sendirian di malam hari karena terlaku sibuk dengan pekerjaan dan diri sendiri, melakukan sleep call akan menjadi jalan keluar yang tepat untuk menghilangkan rasa sepi yang ada di dalam diri.

Hubungi pasangan maupun teman saat rasa sepi mulai hadir agar tekanan batin dapat berkurang sehingga kamu dapat meningkatkan kualitas hubungan sekaligus membunuh rasa sepi yang hadir di malam hari.

Siapa bilang jika kegiatan sleep call hanya sekadar ajang tren belaka, ternyata sleep call mempunyai beberapa manfaat yang akan berguna untuk kehidupan sehari-hari, khususnya masalah hati dan emosi.

Namun, di balik manfaat yang ditawarkan oleh sleep call, terdapat juga kekurangan yang menyertainya, seperti penggunaan ponsel yang berlebihan jika sedang seru berbincang-bincang akan mengurangi performa baterai ponsel kamu serta waktu tidur juga akan terusik sehingga berisiko mengganggu kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan saat melakukan aktivitas sleep call agar tidak dilakukan secara berlebihan dan tahu batasan kapan harus mulai mengakhirinya.

Berbicara soal hubungan, mungkin buku berikut ini bisa menjadi bahan bacaan yang sesuai untuk kamu dalam memahami perasaan masing-masing terhadap pasangan.

Buku Beyond Mars and Venus yang ditulis oleh John Gray yang merupakan versi teranyar dari buku dia sebelumya, Men Are from Mars, Women Are from Venus.

Di sini, Gray masih memaparkan teori tentang pria dan wanita yang masih terasa relevan meskipun sudah dua puluh tahun lebih berlalu sehingga masih dapat diaplikasikan oleh pasangan muda saat ini.

Kamu akan mendapatkan pemahaman untuk tahu apa yang diinginkan oleh pria dan wanita agar hubungan yang terjalin bisa saling terbuka dan memahami sehingga menciptakan keserasian yang tak terelakkan.

Buku Beyond Mars and Venus bisa kamu beli di Gramedia.com dan selamat memahami perasaan pasangan masing-masing.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com