Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahasa Cinta yang Perlu Kamu Tahu untuk Lebih Membahagiakan Pasangan

Kompas.com - 27/02/2022, 11:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
The Art of Loving
Pengarang: Erich Fromm
|
Editor Novia Putri Anindhita

Dalam hubungan setiap pasangan pasti ada fase naik turun dan mereka harus mencari solusi untuk memperbaikinya, dengan cara memahami pasangan mereka masing-masing sehingga tetap bertahan menjalankan hubungan.

Bicara soal cinta, setiap orang pastinya mempunyai definisi atau arti cinta yang berbeda-beda sesuai dengan perasaan dan sudut pandang masing-masing, sehingga mungkin makna cinta yang kamu berikan kepada pasangan belum tentu sama serta dapat diterima.

Mungkin ketika kamu mencoba untuk memberikan cinta melalui perbuatan yang kamu lakukan dan timbul keraguan dalam diri apakah pasangan kamu merasa senang atau tidak, muncul perasaan cemas dan khawatir akan hubungan tersebut akibat tidak mampu memahami bahasa cinta terhadap satu sama lain.

Permasalahan tersebut masih bisa dibilang wajar karena sebagai pasangan pastinya kalian memiliki harapan dan kenyamanan masing-masing yang mampu diberikan oleh cinta, sehingga penting sekali untuk bisa menggali bahasa cinta apa yang paling disukai oleh pasanganmu.

Kamu perlu mengetahui love language atau bahasa cinta apa yang paling cocok untuk mengekspresikan rasa cinta seperti apa yang ingin kamu sampaikan kepada pasangan agar bisa saling nyaman dan memahami satu sama lain.

Namun, bahasa cinta seperti apa saja yang bisa diberikan kepada pasangan agar mereka bisa bahagia, berikut lima bahasa cinta yang akan membantu kamu untuk lebih memahami perasaan pasangan.

5 Bahasa Cinta yang Perlu Kamu Tahu

1. Words of Affirmation

Orang yang mempunyai bahasa cinta seperti ini cenderung lebih menyukai kata-kata romantis dan positif, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, yang ditujukan sebagai bentuk pujian atau ungkapan yang mampu membuat hati dimabuk kepayang.

Pujian atau perhatian yang bisa kamu berikan pada pasangan dalam bentuk ucapan seperti memuji penampilannya, rasa masakannya, hingga kebiasaannya akan memunculkan perasaan bahagia yang tulus dan menyentuh.

Tidak hanya berupa lisan, kata-kata pujian ini juga dapat kamu tulis dalam bentuk surat cinta dengan rangkaian kalimat romantis nan memabukkan yang dijamin akan membuat pasangan dengan bahasa cinta ini akan semakin jatuh cinta terhadap kamu.

2. Receiving Gifts

Tanda cinta yang dimiliki oleh pemilik bahasa cinta receiving gifts adalah hadiah sebagai bentuk rasa kasih sayang dan perhatian yang diterima dari nilai hadiah tersebut sekaligus usaha serta waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkannya.

Hadiah yang diberikan kepada pasangan juga mampu menjadi simbol yang akan selalu mengingatkan pada cinta dan kasih sayang yang kamu berikan, yang akan terus dikenang dengan memandang dan mengingat hadiah tersebut.

Maka usahakan untuk memberikan hadiah yang berkesan dan memiliki makna yang mendalam pada pasangan agar ia dapat terus mengingat perasaan cinta dan sayang yang kamu berikan kepadanya.

3. Quality Time

Orang yang memiliki bahasa cinta quality time menerjemahkan rasa cinta mereka melalui kebersamaan yang berkualitas, seperti obrolan yang mendalam, mencurahkan isi hati, mengerjakan sesuatu bersama-sama, hingga hanya sekadar menonton film di bioskop.

Rasa cinta dan perhatian yang mereka dapatkan dari kebersamaan ini seolah mampu menjadi simbol kasih sayang yang membuat nyaman, aman, dan membuat mereka bahagia akan setiap momen yang dihabiskan bersama-sama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mereka seakan rela melakukan apa saja untuk bisa mendapatkan quality time bersama pasangan, seperti menjadwalkan pertemuan, menyiapkan makanan, hingga mematikan ponsel saat sedang bersama pasangan mereka.

4. Physical Touch

Tipe orang yang memiliki bahasa cinta seperti ini lebih menginginkan sentuhan fisik sebagai bentuk kasih sayang dan perhatian, seperti berpegangan tangan, berpelukan, hingga ciuman.

Sentuhan-sentuhan fisik ini mampu memberikan kenyamanan dan kebahagiaan akan perhatian yang diberikan pasangan sehingga menumbuhkan rasa cinta yang jauh lebih mendalam lagi.

Berikan sentuhan fisik yang sesuai dengan batasan yang diberikan oleh pasangan kamu agar mampu menunjukkan bahasa cinta physical touch tanpa perlu mengganggu kenyamanan masing-masing.

5. Acts of Service

Jenis bahasa cinta yang ditunjukkan dalam acts of service adalah dengan memberikan perhatian melalui tindakan yang dilakukan untuk menunjukkan rasa cinta dan sayang kepada pasangan.

Tindakan-tindakan sederhana sekali pun sudah mampu membuat orang yang memiliki bahasa cinta ini dimabuk kepayang, seperti membukakan pintu, mengambilkan benda, atau memasak makanan untuk pasangan.

Lakukan tindakan-tindakan yang akan membuat pasanganmu merasa nyaman dan bahagia saat dilakukan meskipun tindakan sekecil apa pun agar mereka mampu menangkap perhatian yang kamu berikan.

Di antara kelima bahasa cinta ini, termasuk ke dalam golongan manakah kamu?

Namun, jika kamu mau menambah sudut pandang akan cinta secara lebih mendalam, buku yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu baca.

Buku The Art of Loving yang ditulis oleh Erich Fromm akan memberikan point of view baru tentang cinta dari sudut pandang psikologi yang berguna untuk memahami arti dan hakikat dari cinta secara lebih mendalam.

Karya klasik ini akan menunjukkan bagaimana sebenarnya rasa cinta yang sesungguhnya itu, di mana dibutuhkan kerendahan hati dan keyakinan sebelum mengucap rasa cinta kepada pasangan.

Di era yang semakin modern ini, kekuatan cinta semakin tergerus maknanya sehingga terkadang banyak orang yang salah kaprah dibuatnya dan buku ini akan membantu kamu untuk memahami hal tersebut.

Buku The Art of Loving bisa langsung kamu beli di Gramedia.com dan selamat memahami seni dari mencintai.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com