Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku Belajar Gitar untuk Pemula, Mudah dan Menyenangkan

Kompas.com - 22/02/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Belajar Bermain Gitar Otodidak
Pengarang: R. AGUSTINUS ARUM EKA…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Gitar menjadi salah satu alat musik yang populer dan sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai usia, baik tua maupun muda.

Alasan utama yang membuat gitar sangat populer adalah karena alat musik ini bisa diandalkan untuk menghasilkan berbagai genre musik mulai dari dangdut, pop, rock, jazz, metal, dan masih banyak lagi.

Tapi bagi sebagian orang, gitar juga bisa membuat orang yang memainkannya terlihat sangat keren sehingga banyak dari mereka yang berlomba-lomba untuk mempelajarinya.

Tidak sedikit juga orang yang berani untuk merogoh kocek dalam-dalam untuk belajar gitar pada ahlinya, demi menekuni hobi dan mewujudkan impiannya menjadi seorang musisi.

Bagi kamu para pemula yang ingin belajar gitar tapi belum memiliki dana yang cukup untuk les privat, beberapa buku di bawah ini bisa membantu kamu untuk mempelajari alat musik gitar dari level dasar.

Rekomendasi Buku Belajar Gitar

1. Belajar Bermain Gitar Otodidak – R. Agustinus Arum Eka N

Hampir semua jenis alat musik sebenarnya bisa kamu pelajari secara otodidak.

Dalam buku yang satu ini, penulis akan membahas secara lengkap mengenai seluk beluk gitar mulai dari sejarahnya, berbagai perlengkapan yang berhubungan dengan gitar, cara mengenali tangga nada, cara mengenali chord gitar, teknik bermain gitar, dan masih banyak lagi.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa buah lagu yang nantinya bisa kamu coba mainkan sebagai bahan untuk latihan dan bahan ujian, agar kamu bisa mengetahui sudah sejauh mana pembelajaran yang kamu jalani.

2. Jago Bermain Gitar: Untuk Tangan Kiri-Normal dan untuk Tangan Kanan-Kidal – Bayu Satya DS

Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan di industri musik tanah air saat ini semakin ketat sehingga menuntut banyak musisi untuk semakin menunjukkan kreatifitasnya dalam berinovasi.

Untuk itu, buku ini akan memberikan kamu banyak pengetahuan mengenai improvisasi dalam bermain gitar yang bisa kamu pelajari dengan mudah, selain itu kamu juga akan diajarkan untuk bisa menciptakan lagu sendiri.

Tidak hanya itu saja, buku ini juga akan memberikan materi gitar khusus untuk orang-orang kidal sehingga mereka juga bisa meningkatkan skill bermain gitar mereka menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

3. Mudahnya Bermain Gitar – Hendri Cahya Wibowo

Tidak ada yang sulit kalau kamu mau belajar dan berusaha, termasuk dalam hal bermain gitar, karena buku ini akan membantu kamu menguasai alat musik ini secara otodidak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Melalui buku ini kamu akan dituntun untuk mempelajari gitar tahap demi tahap, mulai dari cara membaca notasi balok, cara memetik gitar dengan benar, cara memainkan nada satu persatu, dan masih banyak lagi.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa macam latihan seperti latihan membaca tabulasi, latihan strumming dengan 10 lagu, dan kamu juga akan diberikan beberapa profil gitaris dalam negeri dan mancanegara yang akan menambah wawasan kamu dan membuat kamu semakin semangat untuk belajar gitar.

4. Belajar Otodidak Menjadi Gitaris Andal – Adi Nugroho

Bagi kamu yang tidak biasa membaca buku fisik, kamu tetap bisa mempelajari gitar dengan membaca versi e-booknya dalam buku ini.

Buku yang satu ini akan membantu kamu untuk mempelajari gitar sampai pada tahap terampil atau mahir.

Kamu akan diajarkan bagaimana cara mengenal tangga nada dasar, membentuk akord-akord dan teknik memainkannya, dan bagaimana caranya berimprovisasi dengan beberapa tangga nada tertentu.

Melalui latihan yang rajin dan intensif, penulis dalam buku ini yakin bahwa kamu bisa menjadi pengiring band atau bahkan musisi suatu hari nanti.

Selain untuk hobi, bisa bermain gitar ini ternyata juga memiliki berbagai manfaat yang sangat penting bagi manusia.

Misalnya, membantu menyingkirkan stres yang biasanya muncul akibat banyaknya aktivitas, sehingga dengan bermain gitar kamu akan merasa lebih tenang dan rileks.

Selain itu, bermain gitar juga bisa membantu meningkatkan daya ingat karena kamu harus selalu mengingat hal-hal mengenai kunci gitar yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari gitar secara otodidak, kamu bisa coba untuk membaca beberapa buku di atas, yang bisa kamu beli di Gramedia.com atau baca versi e-booknya di Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com