Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Tentang Musik yang Bisa Menambah Wawasan dari Berbagai Perspektif

Kompas.com - 21/02/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
The Jadugar: 15 Tahun Mengobrak-Abrik…
Pengarang: TIM PENULIS THE JADUGAR
|
Editor Ratih Widiastuty

Setiap orang akan menikmati karya seni yang satu ini.

Dari musik, ada banyak sekali yang bisa diperoleh, mulai dari melepaskan penat, penyemangat dalam berolahraga, hingga teman di saat sedang galau.

Musik mampu mengaduk-aduk emosi setiap pendengarnya sesuai dengan lirik, irama, dan nada yang diperdengarkan, sehingga tidak mengherankan jika musik bisa menjadi media untuk melepaskan penat dan stres yang melanda.

Berbagai genre musik yang ada juga dapat menjadi opsi untuk setiap mood yang sedang dirasakan, seperti musik pop saat sedang ingin relaks, musik rock untuk memberikan adrenalin, hingga musik disco saat ingin bergoyang.

Jadi, tidak ada satu orang pun yang bisa menolak daya tarik dari sebuah musik yang memang diciptakan untuk menjadi solusi dalam mencurahkan emosi dan isi pikiran yang kerap hadir dalam diri kita.

Namun, jika kamu ingin menikmati musik dalam media yang berbeda, buku bisa menjadi jawabannya, karena dalam sebuah buku yang membahas soal musik terdapat berbagai perspektif baru dari karya seni yang satu ini.

Jika kamu penasaran dengan buku tentang musik apa saja yang layak dibaca, berikut lima rekomendasi buku tentang musik yang bisa kamu baca.

5 Rekomendasi Buku Tentang Musik

1. The Jadugar: 15 Tahun Mengobrak-Abrik Video Musik Indonesia

Buku ini tampak menarik karena memperlihatkan proses kreatif dari pembuatan sebuah video musik, khususnya yang dibuat oleh The Jadugar, duo pembuat video musik yang beranggotakan Anggun dan Betmen.

Sesuai dengan judul bukunya, di sini kamu akan melihat dokumentasi dari perjalanan The Jadugar selama 15 tahun dalam dunia pembuatan video musik, yang bisa dibilang cukup mengejutkan karena saat itu mereka berhasil mematahkan stigma jika membuat sebuah video musik memerlukan waktu yang lama dengan kru dan biaya yang besar.

Buku ini berisi tulisan esai dari beberapa penulis muda berbakat, wawancara dengan sejumlah orang, hingga cerita dari The Jadugar tentang video-video musik yang mereka buat dan semuanya ditulis dengan apik di sini.

2. Jurnalisme Musik dan Selingkar Wilayahnya

Buku yang ditulis oleh Idhar Resmadi ini bisa menggambarkan dan menangkap segala macam hal tentang jurnalisme musik, mulai dari lahirnya di Negeri Barat hingga sejarah masuknya ke Indonesia.

Tidak melulu membahas jurnalisme musik, buku ini pun turut membahas kritik soal musik hingga berbagai macam hal lainnya yang berhubungan dengan tulisan tentang musik itu sendiri.

Idhar Resmadi mampu menyajikan tulisan jurnalisme musik secara lengkap dan kompeten dengan sumber referensi yang terpercaya, sehingga isi buku ini dapat memberikan wawasan yang kaya seputar musik dari sisi jurnalisme.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Why? Music – Musik

Buku ini memberikan wawasan lengkap seputar musik yang akan membantu anak dan remaja dalam memahami segala seluk beluk dunia musik.

Mulai dari prinsip dasar hingga sejarah tentang musik, serta berbagai kisah seputar musik ditulis lengkap di sini, sehingga ilmu yang akan didapatkan bisa terasa sangat maksimal dan komprehensif.

Disajikan dalam format komik, buku ini akan dengan mudah disukai oleh anak-anak dan remaja yang akan memudahkan mereka dalam memahami setiap materi yang dibahas.

4. Musikpedia

Buku ensiklopedia tentang musik ini menghadiri khazanah dunia musik dengan lengkap dan memuaskan, sebab hampir semua hal tentang musik bisa kamu temukan dalam buku ini yang memudahkan siapa saja untuk menikmatinya.

Banyak tokoh-tokoh musik dari seluruh dunia yang ikut dibahas di sini, mulai dari Bach, The Beatles, hingga Beyonce, yang lengkap dibicarakan untuk menambah sumber pengetahuan tentang tokoh-tokoh penting dalam dunia musik.

Tidak hanya membahas tokoh-tokoh di dunia musik, buku ini juga membicarakan tentang berbagai genre musik yang ada, seperti jazz, klasik, country, pop, rock, folk, hiphop, sampai K-pop.

5. Dangdut: Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia

Musik dangdut memang tidak bisa dipisahkan dengan kebudayaan Indonesia, maka dari itu buku ini akan memberikan khazanah dan wawasan mengenai musik dangdut yang ditulis dengan apik dan lengkap oleh Andrew Weintrab.

Fase dan sejarah tentang perkembangan musik dangdut diungkap di sini secara terstruktur, agar kamu bisa lebih memahami lagi asal usul musik khas Nusantara ini seiring perkembangan zaman.

Buku ini berisi wawancara dengan bintang-bintang dangdut, analisa menyeluruh mengenai standar musik dangdut, sampai sumber jurnalistik yang dapat dipercaya.

Kelima buku ini bisa menjadi sumber informasi yang beragam dalam memandang musik dari berbagai sisi dan perspektif, sehingga mampu memperkaya wawasan kamu seputar dunia musik yang beragam.

Buku-buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com