Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Ensiklopedia Anak Terbaik untuk Si Buah Hati

Kompas.com - 14/02/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Canva
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Balita Cerdas: Kebun
Pengarang: Larousse
Penulis Renny Novita
|
Editor Almira Rahma Natasya

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mempunyai pengetahuan yang luas agar kelak dia bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Salah satu cara yang dapat membantu memenuhi rasa ingin tahu anak adalah dengan memperkenalkannya kepada ensiklopedia anak ketika mereka masih kecil.

Ensiklopedia berasal dari kata dalam bahasa Yunani, yaitu “enkyklios paideia”, yang secara harfiah berarti pengetahuan universal.

Ensiklopedia adalah kumpulan pengetahuan (bisa dalam satu tema maupun universal) yang disusun menurut abjad dan dipenuhi dengan fakta menarik yang memudahkan anak-anak menyerap dan menangkap informasi.

Ensiklopedia anak biasanya memiliki teks yang mudah dibaca dan penuh dengan grafis yang berwarna sehingga anak-anak tertarik untuk belajar.

Kira-kira, ensiklopedia anak mana yang terbaru dan terbaik bagi anak-anak?

5 Rekomendasi Buku Ensiklopedia Anak Terbaik

1. Seri Ensiklopedia Balita Cerdas

Buku seri ensiklopedia balita cerdas adalah buku terbaik untuk si kecil mengenal kata-kata di sekitarnya.

Seri ensiklopedia ini mempunyai banyak edisi yang menarik, di antaranya Dinosaurus, Kebun, Cerdas Sopan Santun, Taman Kanak-kanak, Kebun Binatang, Hewan Kecil, Mobil, Tubuh Manusia, Rumah Sakit, Emosi, Dokter, Hewan Peliharaan, Kereta, Alam Semesta, dan masih banyak lagi.

Di dalam buku ensiklopedia ini, anak akan diberikan perkenalan tentang satu topik sesuai judul buku disertai penjelasan singkat yang informatif disertai gambar yang lucu.

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan stiker lucu dari buku ini yang bisa digunakan anak-anak untuk mengulang perbendaharaan kata barunya.

2. Seri Ensiklopedia 4D

Ini adalah ensiklopedia yang menggabungkan ilmu pengetahuan dengan teknologi terkini, yaitu 4D.

Pengalaman membaca semakin lengkap lagi dengan diajaknya anak-anak untuk melihat objek dan makhluk hidup yang ada di dalam buku, hanya dengan cara mengaktivasi bukunya lewat aplikasi gratis DEVAR yang bisa diunduh di Play Store.

Seri Ensiklopedia 4D ini sudah mempunyai beberapa tema menarik seperti Antariksa, Dunia Hewan, Rahasia Samudra, Keajaiban Dunia, Dinosaurus, Dunia Bawah Laut, Tubuh Manusia dan Dunia Mikro.

Dengan merasakan sendiri pengalamannya, anak-anak akan lebih mengingat apa yang ada di dalam buku.

Jadi tidak ada salahnya bagi kamu untuk membelikan si kecil buku ensiklopedia dengan konsep petualangan ini.

3. Seri Ensiklopedia Cerdas

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ensiklopedia anak terbitan Bhuana Ilmu Populer ini adalah buku wajib yang harus ada untuk anak-anak usia sekolah dasar.

Anak-anak akan mengenal mulai dari hal yang paling mendasar dahulu sehingga mereka mengerti setiap pokok bahasannya.

Beberapa tema yang bisa melengkapi koleksi ensiklopedia antara lain, Dunia Anak, Transportasi, Tubuh Manusia, Sekolah, Dinosaurus, Pertanian dan Peternakan, Laut, dan Dunia Hewan.

Yang membedakan ilmu pengetahuan antara ensiklopedia dan kamus adalah informasi yang disajikan sudah melalui riset dan fokus pada detail dan fakta.

Sehingga ketika anak membaca sebuah buku ensiklopedia, dia akan belajar dan mendapat pengetahuan lebih dalam tentang sebuah tema yang sedang dibahas.

4. Seri Ensiklopedia Cerdas dari Amazing Kids

Seri ensiklopedia anak satu ini juga diperuntukan untuk anak yang sudah menduduki bangku pendidikan minimal pendidikan dasar.

Sebuah ensiklopedia telah disusun secara sistematis dan metodis sehingga cocok sebagai materi yang bisa dipelajari sendiri oleh anak.

Anak tidak akan kebingungan meskipun di dalam ensiklopedia memuat banyak sekali informasi.

Jangan khawatir dengan isi informasi yang ada di dalamnya, karena pasti error free atau tidak akan ada kesalahan informasi di dalamnya.

Jika kamu ingin Ensiklopedia Cerdas ini menjadi bagian dari koleksi anak, ada beberapa tema yang bisa dikoleksi antara lain Serangga, Dinosaurus dan Binatang Purba, Negara-negara di Dunia, Penemuan yang Mengubah Dunia, Kendaraan Berat, Profesi Pekerjaan, Transportasi Dunia, Binatang Mamalia, Kereta Api, Luar Angkasa, Binatang Laut, Tubuh Manusia serta Pahlawan Indonesia.

5. Seri Ensiklopedia Anak Cerdas

Seri ensiklopedia ini dibuat oleh tim ahli yang berkualitas dari team Larousse, Geraldine Maincent dan Sophie Crepon, para penulis dari negara Perancis, yang membuat seri ini sangat dapat dipercaya untuk orang tua yang ingin menginvestasikannya bagi anak-anak.

Selain menyajikan ilustrasi, grafik, dan peta yang gemas, informasi yang ada di dalam buku ini tidak kalah padat dan menarik.

Ada beberapa tema yang kalian bisa koleksi diantaranya Tubuh Manusia, Rekor Dunia, Penemuan, Alam, dan Olahraga.

Jadi, tunggu apalagi untuk sebuah investasi yang berharga bagi anak-anak selain juga pendidikan formal di sekolah.

Segera dapatkan seri ensiklopedia anak terbaik di atas di Gramedia.com!

Dapatkan gratis voucher diskon yang bisa digunakan untuk borong buku di atas dengan harga yang lebih hemat! Klik di sini untuk segera dapatkan gratis vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com