Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Stakeholder? Simak Definisi dan Perannya Berikut Ini

Kompas.com - 11/01/2022, 18:00 WIB
Sumber Foto: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Art Of War: Strategi Kepemimpinan,…
Pengarang: Asti Musman
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat bekerja atau berada dalam sebuah organisasi atau perusahaan, biasanya dibutuhkan peran dari sekelompok orang yang memangku jabatan tertentu sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing.

Organisasi atau perusahaan tidak akan mampu berjalan dengan baik jika keberadaan orang-orang tersebut tidak ada, karena semua keputusan dan tugas yang mereka kerjakan teramat berpengaruh.

Masing-masing fungsi dari jabatan tersebut akan menentukan kemajuan atau arah perusahaan dan organisasi ke bentuk yang lebih solid lagi, sehingga peran mereka tidak dapat dianggap remeh sama sekali.

Namun, sesungguhnya apa sebutan orang-orang yang memiliki jabatan dan peran di dalam perusahaan dan organisasi ini? Mereka disebut sebagai stakeholder, sebuah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Pengertian akan stakeholder mutlak dibutuhkan bagi siapa saja yang ingin bergabung atau telah berkecimpung dalam suatu perusahaan, organisasi, maupun bisnis tertentu.

Daripada bingung, simak definisi dan peran stakeholder yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk kamu yang bekerja di sebuah perusahaan atau menggeluti bisnis.

Definisi Stakeholder

Stakeholder merupakan seluruh pihak di dalam kelompok, termasuk individu, yang mempunyai kepentingan, peran, dan fungsi dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang saling berhubungan.

Stakeholder adalah pihak yang memiliki pengaruh dalam mengambil sebuah keputusan dalam perusahaan yang akan memengaruhi sebuah bisnis tertentu.

Maka dari itu, teramat penting untuk mengetahui peran atau fungsi dari stakeholder yang akan sangat membantu dan berpengaruh dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Kehadiran stakeholder dapat menopang sebuah perusahaan dalam suatu kegiatan bisnis yang memberikan bantuan untuk memperluas serta mengembangkan visi dan misi dari perusahaan tersebut.

Beberapa stakeholder dalam sebuah perusahaan terdiri dari karyawan, pegawai, staf, direktur, manajer, dan lain sebagainya.

Bahkan, pesaing dari perusahaan tersebut pun bisa dibilang sebagai stakeholder karena mampu memengaruhi kondisi perusahaan.

Jadi, dapat disimpulkan jika stakeholder adalah suatu kelompok atau individu dalam organisasi maupun perusahaan yang mampu memberikan pengaruh penting di dalam pengambilan keputusan.

Peran Stakeholder

Masing-masing pihak yang mampu memberikan kontribusi dalam menjalankan perannya dalam sebuah perusahaan, bisa disebut sebagai stakeholder, berikut peran beberapa stakeholder yang ada.

1. Investor

Investor memberikan peran yang penting dan nyata dalam sebuah perusahaan karena mampu memengaruhi kondisi keuangan perusahaan lewat modal yang mereka tanamkan dalam bentuk saham.

Tidak heran, peran investor sebagai stakeholder merupakan peran yang sangat krusial bagi keberlangsungan dan keberlanjutan perusahaan dalam menjalankan bisnis ke depannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Karyawan

Apa artinya sebuah perusahaan tanpa keberadaan karyawan sebagai sumber daya manusia yang akan memberikan peranan penting, khususnya di bidang produksi.

Karyawan memberikan peranan yang nyata sebagai stakeholder karena aktif dan berkontribusi secara langsung dalam laju produktivitas perusahaan.

3. Supplier

Pemasok atau supplier dapat memberikan fungsi dan peran sebagai penyedia bahan baku sumber daya untuk produksi sebuah perusahaan, sehingga mampu menjalankan bisnisnya.

Peran supplier sebagai stakeholder akan sangat memengaruhi faktor produksi dalam sebuah perusahaan, sehingga keberadaannya tidak dapat dianggap sepele.

4. Konsumen

Siapa yang akan membeli dan memberikan penghasilan untuk perusahaan jika bukan konsumen.

Pembeli atau konsumen adalah kunci dari keberlangsungan sebuah perusahaan.

Tanpa kehadiran konsumen yang perannya sebagai stakeholder teramat penting, sebuah perusahaan akan sia-sia belaka menjalankan produksi dan kegiatannya.

5. Kompetitor

Keberadaan pesaing atau kompetitor pun tidak luput dari peran stakeholder, karena pesaing mampu memengaruhi stabilitas sebuah perusahaan.

Bayangkan, jika kompetitor mampu membuat produk atau menarik investor sebanyak mungkin, akan seperti apa pengaruhnya terhadap perusahaan yang kamu jalankan.

Untuk lebih meresapi dan memahami peran dan fungsi dari stakeholder ini, kamu juga bisa membaca buku berikut sebagai bahan referensi.

Buku Art of War yang ditulis oleh Asti Musman ini akan menunjukkan bagaimana sebuah strategi yang baik untuk menjalankan salah satu peran sebagai stakeholder.

Penulis membeberkan strategi-strategi dari tokoh-tokoh penting bersejarah, seperti Suntzu, Machiavelli, dan Bhagavadghita yang bisa diterapkan dalam peran stakeholder untuk membangun sebuah bisnis.

Semuanya disajikan dengan rinci dan lengkap, sehingga dapat dengan mudah diserap serta dipahami oleh pembaca yang ingin menerapkan strategi-strategi ini di kehidupan nyata.

Jika kamu sudah tidak sabar lagi ingin segera memiliki dan membaca buku ini, bisa langsung membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com