Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rekomendasi Bisnis Kecil dengan Untung Besar di Era Digital Berikut Ini!

Kompas.com - 17/12/2021, 12:04 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bisnis Di Era Digital :…
Pengarang: IRSYAD KAMAL / KURNIA…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Di era yang serba digital seperti sekarang, kita semua diberikan kemudahan untuk bisa memperluas jangkauan bisnis dan memasarkan produk yang kita jual tanpa harus mengorbankan banyak waktu atau mengeluarkan modal yang besar.

Bisnis di era digital ini berbeda dengan bisnis di era sebelumnya, ada banyak sekali hal-hal penting yang harus kamu perhatikan seperti mental dan perencanaan yang matang, supaya bisnis yang kamu jalani berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan bisa menghasilkan keuntungan besar.

Ada banyak ide bisnis yang terbukti bisa menghasilkan banyak keuntungan, bagi kamu yang ingin mencobanya tapi belum tahu akan memilih bisnis apa, kamu bisa lebih dulu membaca beberapa rekomendasi bisnisnya berikut ini.

Rekomendasi Bisnis Kecil Untung Besar

1. Bisnis Menulis Konten Digital

Buat kamu yang punya hobi dan berbakat dalam menulis, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu ini untuk menghasilkan banyak uang.

Saat ini sudah banyak sekali website yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk mengirimkan hasil karya tulisanmu.

Jika mereka tertarik dan merasa tulisan kamu berkualitas, mereka akan memberikanmu komisi.

Jika kamu ingin mengasah kemampuan bahasa Inggrismu, kamu bisa menggunakan website WritersWeekly yang saat ini sudah bisa menjangkau level global, tapi kamu juga bisa menggunakan website Babe jika masih ingin menulis dalam bahasa Indonesia.

Kamu juga bisa menulis di situs blogmu sendiri, semakin menarik konten yang ada di blog kamu maka akan semakin besar juga peluangmu untuk mendapatkan tawaran pekerjaan dalam bidang ini.

2. Bisnis Dropship

Dropship merupakan salah satu bisnis digital yang memungkinkan kamu untuk menjual suatu produk tanpa harus repot memikirkan cara pengemasan dan pengirimannya, karena kamu hanya tinggal mengandalkan kemampuan promosimu saja.

Ketika ada pembeli yang tertarik dan ingin membeli produk yang kamu tawarkan, kamu tinggal memberikan nomor atau akun supplier dan dari sana lah kamu akan mendapatkan komisi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bisnis yang satu ini sangat bisa diandalkan di era digital seperti sekarang, karena kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan kamu juga bisa menjalankan bisnisnya dimana saja dan kapan saja.

3. Menjadi Podcaster

Podcast adalah konten audio yang bisa diakses secara online dan tersedia di berbagai macam platform salah satunya di aplikasi Spotify dan Anchor.

Menjadi seorang podcaster tidak membutuhkan banyak modal, yang paling penting kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan bisa dipahami oleh para pendengar dan memiliki ide yang brilian dalam menyusun konten yang akan dibicarakan dalam podcast nanti.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit dari bisnis yang satu ini kalau kamu mau konsisten dalam menyajikan konten audio yang bagus dan menarik minat masyarakat luas.

4. Bisnis Desain Grafis

Desain grafis menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan seiring dengan perkembangan zaman karena kebanyakan para pelaku usaha membutuhkan jasa ini.

Kamu bisa mulai menawarkan jasa desain kamu kepada para pelaku usaha dengan memberikan beberapa portofolio hasil karyamu.

Kamu juga bisa dan mempromosikannya melalui online untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan tentunya menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan banyak ide bisnis lainnya dalam buku Bisnis di Era Digital: Why Not? Karya Irsyad Kamal dan Kurnia Khafidatur.

Buku ini akan memberikan pemahaman kepada kamu bahwa teknologi digital kini tidak hanya menjadi sarana untuk berkomunikasi satu sama lain, tapi juga bisa menjadi tempat perdagangan baik barang maupun jasa.

Dengan penjelasan yang mudah dipahami, buku ini akan membuat kamu belajar bagaimana caranya menemukan ide dan inovasi baru, serta bagaimana caranya menyusun strategi dan rancangan bisnis yang tepat di era digital supaya bisnis yang kamu jalani bisa berjalan dengan baik, stabil, dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Jadi, bagi kamu yang tertarik ingin membaca buku ini lebih dalam lagi, kamu bisa membeli bukunya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com