Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Teknologi AI? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Kompas.com - 24/02/2024, 09:00 WIB
Apa Itu Teknologi AI  Sumber Gambar: Freepik.com Apa Itu Teknologi AI 
Rujukan artikel ini:
Why? Artificial Intelligence - Kecerdasan…
Pengarang: Yearimdang
|
Editor Ratih Widiastuty

Teknologi Artificial Intelligence atau yang lebih dikenal dengan AI merupakan kecerdasan buatan yang eksistensinya saat ini tengah dibicarakan oleh banyak orang.

Teknologi AI ini dinilai mampu memudahkan proses kerja di berbagai bidang industri.

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran teknologi AI memang mampu mempermudah berbagai proses pekerjaan di berbagai industri yang tentunya akan menekan beberapa kendala seperti efisiensi dan biaya.

Manfaat yang dihadirkan oleh teknologi AI juga tidaklah main-main, mulai dari memperkecil risiko kegagalan suatu sistem sampai mampu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Teknologi AI memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman sehingga dapat menyesuaikan input-input baru untuk mengerjakan berbagai macam tugas.

Akan tetapi, di balik potensi dan manfaat yang diberikan oleh teknologi AI, terdapat pula berbagai macam ancaman dan risiko bagi kelangsungan hidup manusia.

Salah satu ancaman yang mungkin sudah tampak di depan mata adalah akan semakin banyak pekerjaan manusia yang mampu dikerjakan oleh teknologi AI sehingga ancaman pengangguran pun terasa semakin nyata.

Lantas, apa sebetulnya teknologi AI itu sendiri? Cari tahu penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Teknologi AI?

Teknologi AI atau Kecerdasan Buatan mengacu pada simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diberi program untuk berpikir serta meniru tindakan manusia.

Teknologi ini juga bisa diterapkan pada mesin apa pun yang memperlihatkan ciri-ciri sehubungan dengan pikiran manusia, seperti pemecahan masalah dan pembelajaran.

Karakteristik dari teknologi AI adalah kemampuannya untuk mengambil tindakan dan menasionalisasi dengan peluang terbaik demi mencapai tujuan tertentu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pembelajaran mesin yang menjadi bagian dari teknologi AI mengacu pada konsep apabila program komputer bisa secara otomatis belajar serta beradaptasi dengan data baru tanpa bantuan manusia.

Teknik pembelajaran yang mendalam ini memungkinkan pembelajaran otomatis dengan penyerapan sejumlah besar data tidak terstruktur, seperti gambar, video, atau teks.

Teknologi AI didasarkan pada prinsip kecerdasan manusia bisa didefinisikan sedemikian rupa sehingga mesin dapat dengan gampang menjalankan tugas dan menirunya, mulai dari yang paling sederhana hingga yang jauh lebih kompleks.

Tidak hanya itu, tujuan dari teknologi AI juga termasuk dalam meniru aktivitas kognitif manusia melalui berbagai macam robot yang saat ini sepertinya sudah mulai lumrah kita lihat.

Teknologi AI terus dikembangkan oleh para peneliti demi mendapatkan manfaat yang akan menguntungkan berbagai macam industri.

Namun, di balik keuntungannya terdapat pula beberapa kekurangan teknologi AI yang tentunya masih belum mampu mengalahkan kecerdasan kita sebagai umat manusia.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi AI

Kelebihan Teknologi AI

  • Efisiensi waktu untuk tugas-tugas berat data.
  • Memberikan hasil pekerjaan yang konsisten.
  • Agen virtual dengan teknologi AI selalu tersedia.
  • Bagus dalam mengerjakan tugas yang berorientasi pada detail.

Kekurangan Teknologi AI

  • Biaya operasionalnya masih mahal.
  • Hanya memahami apa yang telah ditampilkan.
  • Memerlukan keahlian teknis yang jauh lebih mendalam.
  • Terbatasnya jumlah pekerja yang memenuhi syarat untuk membuat peralatan teknologi AI.
  • Tidak mampu menggeneralisasi dari satu tugas ke tugas lainnya.

Meskipun mempunyai segudang manfaat yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia, tapi teknologi AI juga menghadirkan ancaman yang tak kalah masifnya juga.

Contohnya seperti beberapa program teknologi AI yang mampu mengedit wajah hingga suara manusia justru malah disalahgunakan untuk menipu sehingga semakin mudah saja tindak kriminal dilakukan dengan hadirnya teknologi AI ini.

Jika masih bingung dan ingin mengenalkan teknologi AI pada anak-anak, buku Why? Artificial Intelligence – Kecerdasan Buatan merupakan komik yang bercerita mengenai kondisi dunia sekarang yang mulai dikuasai oleh robot-robot sebagai pengganti tenaga kerja manusia.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi tentunya akan membawa dampak perubahan dengan nilai plus dan minusnya masing-masing yang akan dibahas dalam komik ini sehingga banyak pengetahuan yang akan diperoleh terutama tentang teknologi AI yang dibuat oleh manusia.

Pesan dan dapatkan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com