Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Utama Antara Pameran Tunggal dengan Pameran Kelompok Dapat Dilihat Dari Apa Saja?  Cari Tahu di Sini

Kompas.com - 25/02/2024, 09:00 WIB
Perbedaan Utama Antara Pameran Tunggal dengan Pameran Kelompok Dapat Dilihat Dari  Sumber Gambar: Freepik.com Perbedaan Utama Antara Pameran Tunggal dengan Pameran Kelompok Dapat Dilihat Dari 
Rujukan artikel ini:
Seri Smart Science : Pameran…
Pengarang: KIM EUN AE
|
Editor Ratih Widiastuty

Pameran merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan dengan memberikan gagasan dari seniman kepada publik lewat media karya seni yang dibuatnya.

Lewat kegiatan tersebut, diharapkan akan tercipta komunikasi antara seniman yang diwakilkan oleh karya seninya dengan publik sebagai pemberi apresiasi.

Biasanya kegiatan pameran ini dapat dilangsungkan secara tunggal maupun kelompok melalui koordinasi kepanitiaan yang sudah dibentuk sebelumnya.

Untuk dapat menyelenggarakan pameran harus memenuhi beberapa unsur, seperti objek atau kumpulan objek yang akan dipamerkan, pengaturan display, mengomunikasikan ide, didasarkan pada masyarakat umum, dan dilakukan dengan tujuan serta maksud tertentu.

Secara sederhana, pameran dapat menjadi suatu wadah atau kesempatan untuk para seniman dalam menunjukkan dan mengapresiasikan hasil karya seninya kepada khalayak umum.

Dengan memamerkan karya seninya, seniman bisa memberi tahu makna dan tujuan kepada masyarakat sebagai penikmat karya seni.

Saat ini, pameran tidak cuma terbatas pada pertunjukan yang diadakan di dalam museum atau aula saja, tapi pameran menjadi terasa jauh lebih fleksibel dan mempunyai wadah yang lebih bervariasi.

Berdasarkan jumlah penyelenggaranya, pameran dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu pameran tunggal dan pameran kelompok.

Lalu, apa yang membedakan antara pameran tunggal dengan pameran kelompok itu sendiri? Cari tahu penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pameran Tunggal

Pameran tunggal adalah pameran karya seni yang hanya berasal dari seorang seniman saja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seluruh karya seni yang dipamerkan merupakan hasil dari seorang seniman saja.

Jenis pameran yang satu ini dapat diselenggarakan secara perseorangan dengan memamerkan berbagai macam bentuk karya seni, seperti karya seni lukis, seni patung, seni grafis, seni keramik, atau lainnya dengan atas nama perorangan.

Pameran Kelompok

Berbeda dengan penyelenggaraan pameran tunggal, pameran kelompok merupakan pameran yang menunjukkan karya seni dari sekelompok seniman atau lebih dari satu seniman.

Jenis pameran ini biasanya dilangsungkan oleh sekelompok seniman yang setiap senimannya memamerkan karya seni.

Perbedaan Pameran Tunggal dengan Pameran Kelompok

Pameran tunggal dan pameran kelompok merupakan dua jenis pameran yang berbeda berdasarkan jumlah seniman yang memamerkan karya seni mereka.

Berikut adalah beberapa perbedaan dari pameran tunggal dengan pameran kelompok:

  • Pameran tunggal merupakan pameran yang cuma mempunyai satu seniman saja. Sementara pameran kelompok diselenggarakan oleh beberapa seniman yang berkontribusi di dalamnya.
  • Pameran kelompok biasanya akan dikoordinasi oleh seorang kurator yang akan menyeleksi karya seni mana yang layak dipamerkan dan diapresiasi oleh pengunjung. Sedangkan dalam pameran tunggal, seniman dapat mengelola pamerannya sendiri atau bekerja sama dengan kurator.
  • Biasanya pameran tunggal cuma mengangkat satu jenis bidang dengan satu aliran. Sementara pameran kelompok dapat terdiri dari beberapa bidang atau bisa juga satu bidang dengan aliran yang berbeda.
  • Pada umumnya pameran tunggal akan lebih sering diselenggarakan dibandingkan dengan pameran kelompok sebab untuk menyatukan beberapa seniman dengan idealisme yang berbeda tentunya tidaklah mudah.
  • Instansi, institusi, atau organisasi akan jauh lebih banyak mengundang seniman untuk berkontribusi dalam pameran kelompok dibandingkan pameran tunggal sebab pada umumnya mereka mempunyai misi untuk memberikan peluang pada lebih banyak orang.
  • Pameran tunggal memiliki penataan tempat yang lebih leluasa dan fleksibel. Sedangkan penataan tempat pada pameran kelompok tentunya akan jauh lebih cermat supaya semua seniman mempunyai kesempatan yang setara untuk memperoleh perhatian pengunjung.
  • Pameran tunggal dapat menentukan tema dengan lebih leluasa. Sementara tema dalam pameran kelompok tentunya harus lebih cermat supaya tidak terkesan acak, dapat mewakili jati diri semua seniman, dan disepakati oleh seluruh seniman yang terlibat.

Setelah memahami perbedaan antara pameran tunggal dan pameran kelompok, ini saatnya untuk mengenalkan anak-anak pada dunia seni melalui literasi.

Lewat buku Seri Smart Science: Pameran Istimewa di Galeri Seni, anak-anak akan memperoleh pengalaman baru dalam belajar seni melalui cerita, animasi, video percobaan, dan aplikasi seru.

Buku ini tidak akan memaksa anak untuk belajar terlalu keras atau mengantuk ketika sedang membacanya karena dikemas dalam bentuk yang menarik dan menyenangkan.

Tunggu apa lagi, segera miliki dan pesan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com