Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Skincare Alami untuk Mengatasi Kulit Kering dan Kusam, Patut Dicoba!

Kompas.com - 20/03/2023, 13:00 WIB
Skincare untuk Kulit Kering dan Kusam Sumber Gambar: Freepik.com Skincare untuk Kulit Kering dan Kusam
Rujukan artikel ini:
All About Skincare
Pengarang: Nada A.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Meski tidak serius, kulit wajah yang kering dan kusam tentunya menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh banyak orang.

Pada umumnya, kulit yang kering biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca yang terlalu panas atau dingin, kelembapan udara yang rendah, atau terlalu lama berendam di air panas.

Kulit yang kering akan terasa sangat gatal, mengelupas, kemerahan, bahkan bisa pecah-pecah dan berdarah, kondisi ini tentunya akan semakin membuat kulit menjadi kusam.

Meski demikian, orang-orang yang memiliki masalah kulit kering ini tetap bisa mengatasinya dengan menggunakan produk skincare yang sudah dijual di pasaran atau skincare alami racikan sendiri.

Sampai saat ini, skincare alami masih sangat bermanfaat untuk kulit dan membuat penampilan wajah tampak jauh lebih baik.

Dengan kata lain, penampilan yang menarik tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuatmu nyaman

Bagi kamu yang ingin mencobanya, berikut ini beberapa rekomendasi skincare alami yang bisa membantu mengatasi kulit yang kering dan kusam.

Rekomendasi Skincare Alami untuk Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa membantu meningkatkan tingkat hidrasi pada kulit, sekaligus juga bertindak sebagai emolien (bahan pelembap) alami.

Bahan alami yang satu ini bisa melembapkan kulit, mengobati kulit yang bersisik, dan meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh.

Cara penggunaannya, kamu bisa hangatkan satu sendok makan minyak kelapa kemudian oleskan dengan lembut ke seluruh wajah yang terasa kering dan kusam.

Lakukan langkah ini setidaknya dua kali sehari (setelah mandi dan sebelum tidur) untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk salah satu bahan alami yang cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit yang kering dan kusam.

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik dan antifungal yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kering, gatal, iritasi, sekaligus juga mencegah kulit pecah-pecah.

Tak hanya itu saja, lidah buaya juga bisa menghidrasi kulit sekaligus meningkatkan kesehatan kulit.

Cara penggunaannya:

  • Ambil lidah buaya segar, belah, dan keluarkan gelnya.
  • Oleskan gel ke kulit yang kering, diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan lakukan setidaknya satu sampai 2 kali sehari

3. Madu

Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung anti mikroba dan antioksdan yang bisa menjaga kelembapan kulit agar terlihat halus dan lembut.

Selain melembapkan, madu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan iritasi, kemerahan, dan kulit yang meradang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Caranya, oleskan madu ke bagian kulit yang kering dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, ulangi setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Pepaya

Pepaya menjadi salah satu buah yang dianggap memiliki kandungan bahan yang bisa melembapkan dan mencerahkan kulit.

Makanan yang kaya akan enzim ini juga bisa menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, mengurangi munculnya garis halus, dan mengobati peradangan pada kulit.

Caranya, sisihkan daging buah pepaya dan buang bagian bijinya, masukkan ke blender dan campur dengan 1 gelas air, dan aplikasikan ke kulit wajah yang kering.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan asam lemak omega-3, serat, dan vitamin esensial.

Alpukat menjadi salah satu pilihan buah yang bisa digunakan untuk melembapkan kulit yang kering dan membantu mengurangi tanda penuaan.

Untuk menggunakannya, kamu tinggal aplikasikan masker alpukat ke bagian kulit yang bermasalahan, tunggu selama beberapa menit, dan bilas dengan air bersih.

6. Campuran Yogurt dan Telur

Kandungan protein dan lemak yang ada pada telur dan yogurt bisa digunakan untuk melindungi kulit dari peradangan dan kerusakan sel akibat paparan polusi udara.

Caranya, ambil beberapa sendok yogurt murni dan campurkan telur ke dalamnya, oleskan campuran ini ke bagian kulit dan pijat secara perlahan sampai meresap dengan sempurna.

Diamkan maskernya selama 10 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih, lakukan cara ini setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak asam lemak dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Minyak zaitun ini bisa memberikan efek yang menenangkan sekaligus mengatasi kulit yang kering.

Caranya, oleskan minyak zaitun ke bagian kulit yang kering, diamkan selama beberapa menit, kemudian kamu bisa tambahkan dengan pelembap yang biasanya kamu pakai.

Dari ketujuh bahan alami diatas, adakah yang membuatmu tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah?

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak mengenai skincare, kamu bisa coba temukan panduannya dalam buku All About Skincare.

Buku ini akan memberikan berbagai macam tips untuk mengenali jenis kulit, mengenal kandungan yang ada dalam skincare, serta cara menggunakan produk skincare yang baik dan benar.

Tak hanya itu saja, buku ini juga dilengkapi dengan rekomendasi makanan yang bisa memberikan nutrisi untuk kulit sehingga penggunaan skincare-mu bisa bekerja secara maksimal.

Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa segera mendapatkan buku ini melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com