Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Urutan Pangkat Polisi RI Beserta Lambang Kepangkatannya Dari yang Tertinggi!

Kompas.com - 14/03/2023, 08:30 WIB
lambang pangkat polisi dari tertinggi Sumber: polri.go.id lambang pangkat polisi dari tertinggi
Rujukan artikel ini:
(REFERENSI BIMBINGAN KARIER) BEKERJA SEBAGAI…
Pengarang: Erma Yulihastin, ERMA YULIHASTIN
|
Editor Rahmad

Tanda kepangkatan Polri merupakan daftar tanda pangkat yang digunakan oleh kepolisian Negara Republik Indonesia.

Seperti halnya tanda pangkat lainnya, kepangkatan Polri terdiri dari jajaran pangkat perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara tinggi, bintara, dan juga tamtama.

Maka, berikut ini adalah urutan pangkat polisi beserta dengan lambang pangkat polisi dari urutan pangkat yang tertinggi sampai ke pangkat yang terendah.

Urutan Pangkat Polisi RI Beserta Lambangnya

1. Pangkat Perwira Tinggi Polri

1. Jenderal Polisi

jenderal polisi jenderal polisi

Jenderal polisi adalah pangkat polisi tertinggi dalam sistem kepangkatan polri. Gambar pangkat di Polri untuk jenderal polisi adalah 4 bintang.

2. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)

komisi jenderal polisi komisi jenderal polisi

Komisaris Jenderal Polisi merupakan pangkat yang berada di atas inspektur Jenderal Polisi di bawah Jenderal Polisi. Tanda pangkat polri untuk Komisaris Jenderal Polisi ini adalah 3 bintang.

3. Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)

inspektur jenderal polisi inspektur jenderal polisi

Inspektur Jenderal Polisi adalah pangkat yang ada di atas Brigadir Jenderal Polisi, dan di bawahnya Komisaris Jenderal Polisi. Lambang dari pangkat polisi ini untuk Inspektur Jenderal Polisi adalah 2 bintang.

4. Brigadier Jenderal Polisi (Brigjen Pol)

brigadier jenderal polisi brigadier jenderal polisi

Brigadir Jenderal Polisi adalah pangkat polisi terendah yang ada di dalam jajaran pangkat perwira tinggi Polri. Lambang dari pangkat polisi dalam Polri untuk jabatan ini adalah 1 bintang.

2. Pangkat Perwira Menengah Polri

1. Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

komisaris besar polisi komisaris besar polisi

Komisaris Besar Polisi adalah suatu pangkat polisi tertinggi yang ada di dalam jajaran kepangkatan perwira menengah Polri. Gambar dari lambang pangkat polisi untuk Komisari Besar Polisi adalah 3 buah bunga Melati emas.

2. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

ajun komisaris besar polisi ajun komisaris besar polisi

Ajun Komisaris Besar Polisi adalah pangkat polisi di atas komisaris polisi dan di bawahnya Komisaris Besar Polisi. Lambang pangkat polisi untuk SKBP ini adalah 2 buah bunga Melati emas.

3. Komisaris Polisi (Kompol)

komisaris polisi komisaris polisi

Komisaris Polisi adalah pangkat yang terendah di dalam jajaran pangkat perwira menengah Polri. Lambang dari pangkat dalam Polri untuk Komisaris Polisi adalah 1 buah bunga Melati emas.

3. Pangkat Perwira Pertama Polri

1. Ajun Komisaris Polisi (AKP)

ajun komisaris polisi ajun komisaris polisi

Ajun Komisaris Polisi (AKP) adalah suatu pangkat tertinggi yang ada di dalam jajaran pangkat perwira pertama Polri. Lambang pangkat polisi untuk pangkat polisi Ajun Komisaris Polisi adalah 3 buah balok emas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Inspektur Polisi Satu (Iptu)

inspektur polisi satu inspektur polisi satu

Inspektur Polisi Satu atau disingkat menjadi IPTU adalah suatu pangkat yang ada di atas inspektur Polisi dua namun di bawah Ajun Komisaris Polisi. Lambang dari pangkat polisi ini adalah 2 balok emas.

3. Inspektur Polisi Dua (Ipda)

inspektur polisi dua inspektur polisi dua

Inspektur Polisi Dua atau biasa kita kenal dengan singkatan Ipda adalah pangkat terendah yang ada pada jajaran perwira pertama Polri. Lambang pangkat polisi untuk Inspektur Polisi Dua ini adalah 1 buah balok emas.

4. Pangkat Bintara Tinggi Polri

1. Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

ajun inspektur polisi satu ajun inspektur polisi satu

Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) merupakan pangkat yang tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri. Tanda pangkat polisi untuk posisi yang satu ini adalah 2 buah balok perak yang bergelombang.

2. Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

ajun inspektur polisi dua ajun inspektur polisi dua

Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) menjadi pangkat terendah di dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri. Lambang dari pangkat polisi ini adalah 1 buah balik perak yang bergelombang.

5. Pangkat Bintara Polri

1. Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

brigadit polisi kepala brigadit polisi kepala

Brigadir Polisi Kepala (Bripka) adalah pangkat yang tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara Polri. Lambang untuk pangkat polisi ini adalah 4 buah balok perak yang menyerupai huruf V terbalik.

2. Brigadir Polisi (Brigpol)

brigadir polisi brigadir polisi

Brigadir Polisi (Brigpol) adalah pangkat polisi yang ada di atas Brigadir Polisi Satu, di bawah Brigadir Polisi Kepala. Lambang dari pangkat polisi ini adalah 3 buah balok perak yang menyerupai huruf V terbalik.

3. Brigadir Polisi Satu (Briptu)

brigadir polisi satu brigadir polisi satu

Brigadir Polisi Satu (Briptu) adalah pangkat polisi yang ada di atas Brigadir Polisi Dua, lalu di bawah Brigadir Polisi. Lambang dari pangkat polisi ini adalah 2 buah balok perak yang menyerupai huruf V terbalik.

4. Brigadir Polisi Dua (Bripda)

brigadir polisi dua brigadir polisi dua

Brigadir Polisi Dua adalah pangkat polisi terendah yang ada di dalam jajaran pangkat Bintara Polri. Lambang pangkat polisi yang satu ini adalah 1 buah balok perak menyerupai huruf V terbalik.

Nah, itulah pangkat polisi beserta dengan lambang pangkatnya. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang polisi atau ingin mengetahui seluk beluk polisi beserta tugas dari setiap pangkat polisi, kamu bisa juga mengetahuinya melalui buku (Referensi Bimbingan Karier) Bekerja Sebagai Polisi.

Buku ini memang bertujuan untuk memberi informasi yang berkaitan dengan polisi, terutama untuk para siswa SMP/SMA/SMK mengenai jenis profesi polisi di Indonesia.

Selain membahas tentang profesi polisi, buku ini juga membahas tentang kualifikasi yang dibutuhkan jika ingin menjadi polisi, bagaimana sekolahnya, jenjang karirnya, termasuk tips mengikuti ujian seleksinya.

Buku Ini akan mengantarkan kamu untuk memahami profesi polisi dengan lebih jelas. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com