Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui 5 Tujuan dari Membaca, Tingkatkan Kemampuan Membaca Anda secara Efektif

Kompas.com - 30/11/2021, 09:50 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Extensive Reading: Top-Down
Pengarang: Otong Setiawan DJ.
|
Editor Almira Rahma Natasya

Membaca adalah salah satu kegiatan mendasar untuk menggali sebuah informasi yang spesifik.

Membaca sudah menjadi bagian dari keseharian kita, baik itu membaca unggahan di media sosial, membaca koran, membaca buku, atau membaca iklan.

Sebelum benar-benar mulai membaca, penting untuk kita ketahui tujuan membaca, yaitu mengapa kegiatan membaca itu dilakukan.

Mengetahui tujuan bisa meningkatkan efektivitas membaca yang kita lakukan dalam mencari informasi.

Selain itu, jika sudah tahu tujuan membaca kita untuk apa, hal tersebut mampu membantu kita menerapkan metode membaca yang paling cocok untuk mencapai tujuan yang ditetapkannya.

Memilih berbagai macam metode ini perlu dilakukan agar Anda mudah mendapatkan apa yang sedang dicari atau digali dengan cepat dan tepat.

Misalnya saat membaca novel, Anda mungkin akan selalu melakukannya dengan cara yang sama yaitu, dari awal hingga akhir.

Hal yang sama tidak berlaku untuk membaca dalam ranah akademis yang lebih terstruktur dan spesifik.

Untuk tujuan akademis, Anda mungkin menemukan banyak teks, tidak semuanya mungkin cocok, jadi Anda akan mengamati teks untuk memutuskan mana yang harus dibaca lebih detail.

Setelah mengidentifikasi teks-teks yang sesuai, Anda kemudian akan menelusuri setiap teks, dan untuk mendalami satu poin tertentu, membaca suatu teks secara sekilas saja sudah cukup.

Ada berbagai tujuan dalam membaca, simak penjelasannya berikut ini.

Tujuan dari Membaca

1. Membaca untuk Kesenangan

Dengan tujuan bersenang-senang, Anda dapat memilih bahan bahan bacaan yang menghibur dan membuat Anda rileks, bisa dari novel, komik, buku bergambar, atau buku tentang spiritual.

Di samping itu, membaca untuk kesenangan juga dapat Anda peroleh melalui bacaan ringan seperti artikel trivia, tips, dan fakta menarik tentang satu hal. Baca selengkapnya Manfaat Membaca Buku.

2. Membaca untuk Aplikasi Praktis

Di sini tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi yang dapat Anda terapkan atau gunakan dalam situasi praktis.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seperti buku-buku manual laboratorium, manual komputer, buklet instruksi, dan buku resep adalah bahan bacaan atau jenis teks yang bisa Anda gali untuk mendapatkan informasi yang relevan.

3. Membaca untuk Mendapatkan Gambaran Umum

Intinya di sini adalah untuk mendapatkan gambaran umum tentang suatu materi, biasanya untuk tujuan akademis.

Anda membaca untuk menentukan apakah itu relevan, berguna, mutakhir, dan untuk memahami suatu topik dengan lebih komprehensif.

Hal ini mungkin menjadi tujuan utama di balik bacaan Anda ketika diberikan tugas, atau ketika Anda melakukan studi literatur awal untuk membuat esai atau laporan penelitian

4. Membaca untuk Mengidentifikasi Gagasan Inti dari Suatu Tema

Tujuannya di sini adalah untuk mencari intisari dari apa yang ingin disampaikan oleh bahan bacaan.

Misalnya, Anda mungkin ingin mengidentifikasi temuan utama dalam sebuah artikel eksperimental pada sebuah jurnal ilmiah, atau isu inti dari makalah penelitian.


Baca juga: Teknik Membaca Cepat


5. Membaca untuk Mengembangkan Pemahaman yang Terperinci dan Kritis

Dalam banyak kesempatan, Anda dituntut untuk menguasai sepenuhnya materi dalam buku, artikel jurnal, atau buku petunjuk sehingga Anda dapat mengevaluasi argumen, perspektif, atau buktinya.

Hal ini mengharuskan Anda untuk baca materi dengan seksama, membuat catatan yang efektif dan relevan, serta tetap berpikiran terbuka dengan menyadari ide dan pendapat Anda sendiri mengenai masalah yang dibahas.

Setelah mengetahui tujuan membaca, Anda dapat mengasah kemampuan Anda dalam membaca agar tujuan-tujuan tersebut dapat dicapai dengan tepat sasaran.

Buku “Extensive Reading Top-Down” karya Otong Setiawan Djuharie dapat menjadi pilihan Anda.

Buku ini memberi titik berat pada mengasah kemampuan atau kemahiran membaca, juga dilengkapi dengan strategi dan kiat-kiat untuk menggali informasi dari suatu teks agar mudah dipahami.

Selain itu, buku ini menyuguhkan pendekatan-pendekatan yang holistik dan komprehensif dalam memahami sebuah wacana pada teks.

Pemaparannya mendetail mulai dari pendekatan untuk menelaah kajian-kajian teks, seperti bagaimana terbentuknya sebuah teks, penggiringan teks, pembentukan opini, pola pikir penulis dalam teks, hingga segala hal yang berhubungan dengan membaca berdasarkan tujuan membaca.

Anda ingin semakin mahir dalam membaca berbagai teks? Segera dapatkan buku ini hanya di Gramedia.com dan Gramedia Digital!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com