Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku tentang Negosiasi Terbaik, Siap jadi Negosiator Handal

Kompas.com - 12/12/2022, 11:30 WIB
Rekomendasi Buku tentang Negosiasi Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku tentang Negosiasi
Rujukan artikel ini:
Negosiasi Itu Ada Ilmunya: Mengupas…
Pengarang: Mahardika Wirastama
|
Editor Rahmad

Siapa sih yang tidak ingin jadi negosiator handal? Setiap orang pasti ingin mencapai kesepakatan dan berhasil dalam negosiasinya. Itulah sebabnya rekomendasi buku tentang negosiasi ini dapat jadi referensi untuk mempelajari bagaimana memenangkan negosiasi.

Terutama untuk kamu yang suka bernegosiasi atau tuntutan pekerjaan yang membuatmu harus handal dalam negosiasi. Dalam praktiknya, akan tercapai kesepakatan yang baik jika proses negosiasinya juga baik.

Rekomendasi Buku tentang Negosiasi

Berikut ini rekomendasi buku tentang negosiasi yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin menjadi negosiator:

1. Negosiasi Itu Ada Ilmunya

Negosiasi adalah permainan yang melibatkan dua atau banyak pihak untuk mendapatkan kesepakatan jadi kepentingan bersama. Tujuan negosiasi ini bukan untuk mencari jalan tengah, namun memenangkan negosiasi itu dengan mendapatkan kesepakatan terbaik.

Jadi, kesepakatan terbaik belum tentu jadi jalan tengah suatu persoalan. Namun, negosiator terbaik harus berusaha agar negosiasi tidaklah mengecewakan pihak lawan. Itulah sebabnya, negosiasi memiliki prinsip, aturan, dan larangan yang harus dipenuhi.

Buku Negosiasi Itu Ada Ilmunya ini disusun untuk kamu yang ingin sukses negosiasi dalam berbagai situasi, terdiri dari tips-tips dan strategi untuk memenangkan negosiasi. Termasuk bagaimana cara memahami lawan, membaca bahasa tubuh, etika, dan masih banyak lagi.

2. Cara Ampuh Negosiasi, 15 Strategi Dahsyat

Sejatinya, semua orang memiliki tujuan dan kepentingan dan untuk mewujudkannya, kita bisa saja butuh kerja sama dengan orang lain.

Umumnya, manusia akan bernegosiasi sebagai salah satu caranya, walaupun tidak menyadarinya, untuk mencapai tujuan yang diinginkannya.

Kemampuan negosiasi ini kamu butuhkan dalam hal-hal besar dan serius seperti bisnis, politik, kelompok-kelompok sosial, sampai masalah diplomasi antar negara. Sebenarnya, negosiasi berlaku untuk semua aktivitas manusia.

Mengapa perlu negosiasi adalah pertanyaan yang lebih penting sebelum kita mencari tahu bagaimana cara negosiasi yang efektif.

Apapun strateginya, negosiator handal bisa membuat kesepakatan agar semua pihak yang terlibat mendapat solusi yang win-win solution.

Termasuk memahami antara laki-laki dan perempuan memiliki gaya negosiasi berbeda. Ada pula hal-hal yang sebaiknya dihindari saat negosiasi. Kamu bisa temukan jawabannya di dalam buku Cara Ampuh Negosiasi, 15 Strategi Dahsyat ini.

3. Seni Negosiasi (Secrets of Power Negotiating)

Dalam situasi tertentu kamu mungkin diharuskan untuk melakukan negosiasi. Itulah sebabnya, kepiawaian negosiasi jadi prasyarat mutlak bagi kesuksesan di bidang apapun.

Termasuk hal dalam kehidupan keluarga, di tengah masyarakat, maupun profesional sekalipun.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku Seni Negosiasi (Secrets of Power Negotiating) bisa jadi rekomendasi buku tentang negosiasi terbaik. Ada cerita menarik dalam buku ini yang akan membantu kamu menguasai kemampuan dasar negosiasi seperti:

  • Prinsip dan taktik negosiasi.
  • Mempersiapkan negosiasi, termasuk membuat draf dengan struktur teks negosiasi yang baik dan benar.
  • Cara untuk mengendalikan situasi.
  • Analisis situasi lawan dengan cepat dan melancarkan taktik tepat sasaran.
  • Langkah awal dan berbagai manuver lanjutan dalam negosiasi.
  • Mematahkan taktik yang memojokkan lawan
  • Mengenali, mengelak, dan menghabisi taktik dan manuver yang tidak etis
  • Gaya dan prinsip umum bernegosiasi dengan orang-orang dari berbagai budaya yang berbeda-beda.

Kamu perlu tahu bahwa negosiator ulung adalah orang yang menang dalam negosiasi dan membuat lawannya merasa senang karena kesepakatan yang dicapai.

Itulah sebabnya, kepiawaian ini membuat hubungan pribadi dan hubungan bisnis jadi menyenangkan dan langgeng.

4. The Art Of Negotiation: Kiat Efektif Menjadi Negosiator Andal

Sebenarnya, dalam negosiasi tidak untuk mencari pemenang dan pecundang, melainkan dalam setiap negosiasi ada kesempatan untuk menggunakan kemampuan sosial, komunikasi efektif dan kreatif untuk mencapai kesepakatan terbaik.

Yakni membawa kedua belah pihak ke arah hasil yang positif bagi kepentingan bersama. Jawaban kenapa kita melakukan negosiasi adalah karena keterkaitan dengan tujuan daripada melakukan negosiasi, yakni untuk menghasilkan win-win solution (solusi menang-menang).

Untuk meraih hal tersebut bukan hal mudah, tetapi itu dapat terselesaikan dengan adanya pemahaman akan negosiasi yang benar dan baik di antara keduanya. Artinya, keduanya mendapatkan kesepakatan yang sesuai dengan apa yang diharapkan masing-masing.

Yakni tidak ada pihak yang merasa dirugikan karena keduanya mengharapkan keuntungan. Maka buku The Art Of Negotiation ini menyajikan kiat-kiat praktis yang dapat diterapkan siapa saja yang ingin menjadi negosiator yang handal.

5. Negosiasi : Sebagai Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa

Buku Negosiasi : Sebagai Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa ini membahas tentang bagaimana peran lembaga Alternative Dispute Resolution (ADR), status lembaga ADR, serta berbagai hal yang mencakup lembaga-lembaga ADR di Indonesia beserta penerapannya.

Buku ini bisa jadi rekomendasi buku tentang negosiasi terbagi sebagai acuan mahasiswa hukum. Selain itu, baik juga bagi mereka yang hendak mengkaji dan menekuni topik tersebut secara lebih dalam.

Buku ini ditulis oleh Dr.Henry Pandapotan Panggabean,SH.MS,yang merupakan penulis mumpuni di bidang hukum, pakar hukum, mantan Hakim Agung dan telah menulis puluhan buku bertema tema hukum.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang negosiasi yang bisa kamu jadikan referensi belajar jadi negosiator handal yang bisa kamu dapatkan di gramedia.com.

Mana buku yang tertarik kamu baca? Intinya kamu butuh mempersiapkan strategi sebelum meraih kesepakatan dalam negosiasi.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com