Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Meningkatkan Penjualan untuk Bisnismu

Kompas.com - 21/11/2022, 16:00 WIB
Buku SEO Pamungkas Sumber Gambar: Freepik.com Buku SEO Pamungkas
Rujukan artikel ini:
SEO Pamungkas
Pengarang: Su Rahman
|
Editor Almira Rahma Natasya

Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya setiap orang ingin bisnisnya berkembang sehingga bisa menghasilkan omzet atau keuntungan.

Namun bagi para pemula yang baru membuat bisnis, mereka kerap kebingungan untuk mempromosikan produk dan bertanya-tanya cara agar bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis mereka.

Di era digital saat ini, para pemilik bisnis harus cerdas memanfaatkan berbagai cara untuk menarik minat pelanggan.

Mereka juga harus mampu menjangkau pelanggan lebih banyak agar memiliki peluang keberhasilan dalam bisnisnya.

Semakin banyak orang yang melihat bisnis tersebut, akan semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan.

Nah, guys! Kalau kamu adalah salah satu dari mereka yang kebingungan dalam mempromosikan bisnis, kamu bisa menggunakan cara-cara di bawah ini untuk meningkatkan penjualan.

3 Cara Meningkatkan Penjualan

1. Memanfaatkan Sosial Media

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan bisnismu, yaitu melalui sosial media.

Sekarang ini, peranan sosial media menjadi sesuatu yang tidak boleh dipisahkan dari aktivitas bisnis sehingga kamu sebagai pemilik bisnis harus memiliki akun sosial media untuk bisnismu.

Sosial media bisa digunakan untuk membangun branding dari bisnismu sehingga memberikan kepercayaan pada pelanggan untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang kamu tawarkan.

Selain untuk kebutuhan branding, sosial media juga dapat berguna untuk menjangkau pelanggan atau market yang lebih luas karena jangkauannya bersifat global.

Orang lain dari wilayah mana pun yang terhubung dengan internet bisa mengakses informasi tentang bisnismu jika kamu bisa memanfaatkan sosial media dengan baik.

Setidaknya, ada lima sosial media yang bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis, yaitu Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, dan Instagram.

Kamu bisa membuat konten-konten terkait bisnismu yang mampu menarik minat orang untuk membeli.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Memiliki Website

Website juga menjadi salah satu media yang bisa digunakan untuk memasarkan bisnismu, lho, guys! Banyak industri bisnis yang mempromosikan produk atau jasa mereka melalui website, mulai dari bisnis kuliner, fashion, fotografi, bahkan properti.

Kamu perlu membuat sebuah website yang menampilkan semua informasi terkait bisnismu agar ketika orang bertanya tentang bisnismu, kamu bisa langsung merujuk ke website sehingga mereka bisa mencari tahu sendiri informasi-informasi tentang bisnismu.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki website untuk bisnismu, di antaranya membangun brand awareness, menjangkau konsumen lebih luas, meningkatkan kredibilitas bisnismu, dan lain sebagainya.

3. Mengerti SEO

Setelah membuat website untuk bisnismu, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengoptimalkan website tersebut.

SEO adalah sebuah upaya atau teknik untuk mengoptimalkan website agar mudah ditemukan oleh pencari informasi melalui mesin pencari, dalam hal ini adalah mesin pencari Google.

Selama orang mencari informasi melalui mesin pencari, maka selama itu pula SEO dibutuhkan.

SEO adalah ilmu yang harus dikuasai, setidaknya diketahui oleh pemilik bisnis, karena SEO memang sangat penting untuk mengoptimalkan promosi bisnis melalui media online.

Orang akan lebih mudah menemukan bisnismu jika kamu mampu menerapkan SEO dalam website-mu.

Apabila kamu sudah mempelajari SEO, maka bisnismu akan lebih mudah ditemukan orang lain.

Semakin banyak orang yang mengunjungi website-mu dan tertarik dengan produk atas jasa yang kamu tawarkan, maka akan semakin tinggi peluangmu untuk mendapatkan keuntungan.

Kamu bisa mempelajari tentang SEO melalui buku SEO Pamungkas karya Su Rahman.

Buku SEO Pamungkas karya Su Rahman ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com, official online store Gramedia, atau di toko buku Gramedia terdekat di kotamu, guys.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com