Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Sebuah Bisnis Membutuhkan Social Media Marketing

Kompas.com - 30/07/2022, 15:30 WIB
tujuan social media marketing freepik tujuan social media marketing
Rujukan artikel ini:
Belajar Social Media Marketing
Pengarang: Jefferly Helianthusonfri
|
Editor Rahmad

Memasuki era yang serba digital ini, hampir semua orang menggunakan sosial media untuk saling bertukar atau berbagi informasi dan berkomunikasi. Hal inilah yang tentunya membuat sosial media menjadi tempat yang paling potensial bagi para pelaku bisnis.

Tetapi, sebelum memutuskan untuk menggunakan sosial media mana sebagai sarana promosi bisnis, kamu perlu mengetahui lebih dulu pengertian dan tujuan sosial media marketing itu sendiri.

Di era inu sosial media marketing mempunyai peranan yang sangat penting dalam lingkup pemasaran. Selain mampu menjangkau audiens yang luas, teknik pemasaran dengan sosial media marketing juga hemat biaya dan mudah dalam menerapkannya.

Tujuan Social Media Marketing

Bagi kamu yang ingin merintis atau tengah mengembangkan bisnis, dan ingin melakukan pemasaran melalui sosial media marketing, sebaiknya kamu ketahui dulu tujuannya. Berikut beberapa tujuan sosial media marketing untuk bisnis yang perlu kamu ketahui.

1. Sosial media marketing untuk penjualan

Sebagai seorang pelaku bisnis, pastinya tujuan dari berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan penjualan. Karena setelah melakukan penjualan, bisnis yang kamu kelola akan memperoleh keuntungan. Hasilnya pasti akan membantu pengembangan bisnismu.

Maka, besarnya potensi dari sosial media marketing pastinya memiliki peluang yang sangat besar dalam meningkatkan penjualan. Akan tetapi, perlu kamu ingat, bahwa untuk bisa meningkatkan sebuah penjualan, tidak bisa melalui proses yang singkat.

Ada berbagai rencana bisnis yang perlu kamu buat dan terapkan untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.

2. Meningkatkan kesadaran merk

Yang menjadi salah satu tujuan utama dari sosial media marketing adalah untuk membangun serta menarik minat para masyarakat terhadap sebuah produk atau jasa yang kamu tawarkan pada bisnismu. Selain itu, berfungsi juga untuk meningkatkan kesadaran merk terhadap bisnismu.

Sosial media marketing sudah menjadi teknik pemasaran biaya yang paling murah dengan kemampuannya menjangkau konsumen yang tidak terbatas. Kalau kamu bisa menerapkannya dengan baik, maka mampu memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap bisnis yang kamu kelola.

Untuk itu, pastikan bisnis yang kamu kelola memiliki strategi konten yang relevan dan berkualitas.

3. Mendapat konsumen baru dan memperluas target pasar

Saat ini, sosial media yang paling banyak digunakan untuk melakukan sosial media marketing adalah Facebook dan Instagram. Sosial media yang tidak boleh dilewatkan saat ini adalah TikTok.

Biasanya, pelaku bisnis yang melakukan sosial media marketing di Tiktok mempunyai tujuan untuk mempromosikan produk serta jasa mereka dengan cara yang sangat variatif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bisa dibilang, ketiga sosial media itu mempunyai jumlah pengguna yang mencapai milyaran yang tersebar di sebluruh dunia. Tentunya inilah yang bisa membantu para pelaku bisnis, baik yang berskala besar ataupun kecil, untuk memperoleh konsumen yang memiliki potensi dalam bisnis yang kamu tawarkan.

Selain itu, sosial media marketing juga mampu membuat jangkauan target pasar kamu semakin luas. Kamu bisa menyasar banyak konsumen ke berbagai daerah menggunakan fitur yang ada di sosial media.

Selain itu, dengan sosial media marketing yang kamu jalankan, secara tidak langsung kamu juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk mencari pesaing bisnis yang sejenis. Dengan begitu, kamu bisa menganalisis terkait dengan teknik pemasaran yang mereka lakukan. Hal tersebut bisa mendorong bisnis kamu jadi semakin berkembang.

Setelah kamu mengetahui tiga tujuan dari sosial media marketing untuk bisnis, kamu bisa langsung mencoba untuk menerapkannya dalam bisnismu. Namun, kamu juga perlu mempelajari sosial media marketing secara lebih mendalam.

Kamu bisa mulai dengan membaca buku Belajar Social Media Marketing. Buku Belajar Social Media Marketing adalah sebuah buku yang menyajikan panduan lengkap untuk kamu memulai belajar sosial media marketing. Di dalam buku ini, akan membahas empat sosial media sekaligus, yaitu Instagram, Facebook, Twitter, dan juga YouTube.

Buku ini berisikan panduan yang sangat lengkap untuk kamu memulai sosial media marketing. Mulai dari membuat akun sosial media, melakukan iklan di sosial media, hingga cara-cara berjualan produk ataupun jasa di sosial media.

Singkatnya, buku ini cocok sekali untuk kamu yang ingin belajar sosial media marketing. Yuk, segera baca buku ini untuk segera menerapkan sosial media marketing di bisnismu.

Buku ini bisa kamu dapatkan di https://www.gramedia.com/

Tunggu apa lagi, langsung saja pesan dan beli bukunya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com