Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata Bestie yang Menjadi Tren di Media Sosial

Kompas.com - 27/05/2022, 09:00 WIB
Bestie Sumber Gambar: Freepik.com Bestie
Rujukan artikel ini:
Kamus Pintar Super Gaul, for…
Pengarang: Yusup Priyasudiarja
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi kamu yang aktif menggunakan media sosial, khususnya TikTok dan Twitter, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah "bestie" yang kini menjadi tren di kalangan anak muda.

Dengan semakin maraknya penggunaan media sosial di era modern seperti saat ini, telah mendorong semakin banyaknya istilah gaul baru yang bermunculan atau yang biasa disebut dengan slang.

Secara tidak langsung, kita pun dituntut untuk terus mengikuti perkembangan zaman jika tidak ingin merasa ketinggalan.

Salah satunya yaitu dengan memahami istilah-istilah gaul kekinian yang saat ini sering digunakan di masyarakat, seperti kata "bestie" yang satu ini.

Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah penjelasan mengenai arti kata "bestie" yang bisa membantu kamu untuk memahami bahasa gaul yang unik ini.


Baca juga: Quotes Persahabatan


Arti Kata Bestie yang Menjadi Tren

Kata bestie sebenarnya adalah singkatan dari kata best friend yang berasal dari bahasa Inggris dan memiliki arti sebagai sahabat atau teman dekat.

Berdasarkan Your Dictionary, bestie didefinisikan sebagai seorang teman dekat yang spesial dan dapat dipercaya atau seseorang yang berharga bagi kamu melebihi teman-teman yang lain.

Namun, kata bestie saat ini telah mengalami pergeseran makna karena tidak hanya digunakan untuk menyebut teman dekat atau sahabat saja.

Di media sosial, seperti TikTok dan Twitter, kata bestie juga umum digunakan untuk menyebut mutual atau seseorang yang diikuti di media sosial, meskipun sebenarnya mereka tidak memiliki hubungan yang cukup dekat.

Panggilan bestie yang terdengar akrab dan memberikan kesan ramah diduga menjadi alasan mengapa banyak orang menggunakan sapaan ini di media sosial.

Dengan menggunakan panggilan yang menyenangkan ini, diharapkan bisa mencairkan kecanggungan yang biasa dirasakan ketika berinteraksi dengan orang asing di internet.

Meskipun istilah gaul ini bermula dari media sosial, namun tidak jarang panggilan ini sekarang juga kerap digunakan ketika berbincang di dunia nyata, karena keunikannya dan sering kali bisa menimbulkan gelak tawa ketika sedang berkumpul bersama dengan teman.


Baca juga: Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan


Asal Mula Kata Bestie

Istilah bestie ini mulai populer sejak awal tahun 2021 lalu karena salah satu pengguna TikTok yang memiliki akun dengan nama @tiktoshh.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam video berdurasi singkat yang diunggah pada bulan Januari 2021 itu, ia berulang kali meneriakkan frasa "Bestie vibes only" yang kemudian menjadi viral dan banyak digunakan sebagai backsound di video-video lain.

Sampai saat ini, unggahan video tersebut telah disukai oleh lebih dari 3 juta pengguna aktif TikTok dan telah digunakan ulang sebagai latar suara di lebih dari 70.000 video lainnya.

Karena digunakan oleh semakin banyak orang, tidak membutuhkan waktu lama istilah bestie ini pun kemudian populer dan menjadi panggilan yang umum dipakai di media sosial.

Selain kata bestie, ternyata ada juga istilah lain yang memiliki makna serupa yang sering digunakan oleh pengguna media sosial untuk saling menyapa.

Contohnya yaitu seperti kata "bud" yang merupakan kependekan dari buddy, mate, dawg, dude, pal, serta biffle yang sebenarnya pengucapan dari BFF (Best Friend Forever).

Ada juga panggilan "guys" yang biasanya digunakan sebagai panggilan jamak atau untuk banyak orang.

Tidak menutup kemungkinan jika di masa depan pun akan ada semakin banyak istilah-istilah gaul baru yang bermunculan dan menjadi populer di masyarakat.

Nah, itulah arti dari kata bestie dan awal mula munculnya istilah tersebut sebelum populer dan banyak digunakan hingga saat ini.

Jika kamu tertarik untuk memahami lebih banyak bahasa gaul kekinian yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Kamus Pintar Super Gaul, For Daily Conversations Inggris – Indonesia karya Yusup Priyasudiarja bisa menjadi pilihan bacaan yang pas untuk kamu.

Dengan tebal buku sebanyak 408 halaman, penulis akan membagikan beragam ekspresi unik atau slang dalam bahasa Inggris yang banyak digunakan di kalangan anak muda saat ini.

Ekspresi-ekspresi unik tersebut meliputi istilah-istilah kekinian seperti OOTD, CMIIW, ASAP, LOL, dan lain-lain yang umum ditemukan di media sosial.

Untuk semakin memudahkan para pembaca dalam memahami penggunaan bahasa gaul ini dengan tepat, penulis juga tidak lupa untuk menyertakan contoh-contoh kalimat percakapan yang menggunakan istilah gaul ini di dalamnya.

Buku super lengkap ini bisa menjadi bacaan yang menarik sekaligus bermanfaat untuk membantu kamu tetap up to date dengan istilah-istilah baru yang semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial.

Kamu bisa mendapatkan buku Kamus Pintar Super Gaul, For Daily Conversations Inggris – Indonesia ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com