Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Komunikasi Virtual yang Mendukung Hubungan Jarak Jauh

Kompas.com - 01/12/2022, 13:30 WIB
jenis komunikasi virtual Sumber: pixabay jenis komunikasi virtual
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Virtualisasi
Pengarang: Athailah,S.Kom
|
Editor Rahmad

Komunikasi virtual adalah komunikasi yang dilakukan dengan bantuan internet. Selain itu, komunikasi virtual adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling sering dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi internet.

Komunikasi virtual dianggap lebih menguntungkan karena bisa membuat seseorang tetap terhubung meskipun tidak berada di lokasi yang sama. Dalam hal pekerjaan sendiri, bisa membuat seseorang tetap produktif meskipun tidak berada di lokasi di mana seharusnya orang tersebut bekerja.

Saat ini, kita hanya membutuhkan waktu beberapa detik, untuk bisa berkomunikasi dengan seseorang yang jaraknya jauh dengan kita. Tidak hanya mengirimkan pesan atau mendengar suara saja, tetapi kita juga bisa berbicara secara langsung dengan orang itu secara virtual.

Mungkin, di zaman sekarang ini kamu juga sudah melakukan komunikasi virtual yang sama banyaknya dengan komunikasi secara langsung. Apa saja jenis aplikasi virtual yang mampu menghubungkan kamu dengan seseorang yang jaraknya berjauhan dengan kamu?

Berikut ini adalah jenis komunikasi virtual yang sudah ada saat ini, yang mungkin sudah sering kamu gunakan sehari-hari.

Jenis Komunikasi Virtual

jenis komunikasi virtual jenis komunikasi virtual

Komunikasi virtual adalah komunikasi yang menggunakan teknologi internet. Terdapat beberapa jenis komunikasi virtual berdasarkan teknologi yang digunakan.

1. Pesan singkat (SMS)

Pesan teks singkat atau SMS termasuk ke dalam jenis komunikasi virtual. Pesan teks adalah teknologi yang memungkinkan seseorang untuk mengirim dan juga Menyusun pesan elektronik.

Biasanya, pesan yang dikirim terdiri atas karakter alfabet dan numerik, antara dua perangkat seluler yang kompatibel.

SMS ini merupakan sebuah layanan yang dilakukan dengan menggunakan telepon genggam atau handphone untuk mengirim ataupun menerima pesan-pesan pendek tersebut.

2. Pesan instan (chat)

Teknologi untuk komunikasi virtual yang satu ini lebih mutakhir daripada pesan singkat (SMS). Pesan instan atau biasa kita kenal dengan sebutan chatting merupakan jenis komunikasi virtual.

Chatting adalah obrolan yang dilakukan secara daring, serta memungkinkan untuk transmisi teks dalam waktu nyata melalui bantuan internet atau jaringan komputer lainnya yang saling terhubung.

Saat ini, juga sudah banyak platform yang menyediakan jasa komunikasi melalui chat, seperti WhatsApp, Line, Telegram, dan sebagainya.

3. Video chat

Video chat ini serupa dengan pesan chat, tetapi ini hadir dalam bentuk visual. Obrolan video ini merupakan komunikasi yang terjadi secara tatap muka daring yang dilakukan dengan menggunakan bantuan kamera web atau webcam dan perangkat lunak khusus.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Media sosial

Media sosial merupakan teknologi interaktif yang memfasilitasi kepada para penggunanya untuk bisa menghasilkan serta berbagi informasi, ide, minat, san bentuk ekspresi lainnya melalui komunitas virtual.

5. Web conference

Konferensi web juga termasuk ke dalam jenis komunikasi virtual. Konferensi web merupakan suatu istilah yang merujuk kepada berbagai jenis konferensi yang terjadi secara daring dan layanan kolaboratif yang dilakukan secara virtual.

Contoh jenis komunikasi virtual adalah webinar, web meetings, dan webcast.

6. E-mail

Surat elektronik atau e-mail merupakan saran komunikasi yang berupa pertukaran pesan surat melalui komputer dan juga jaringan virtual.

e-mail biasanya dikodekan dalam bentuk teks yang sudah memiliki standarisasi, yaitu American Standard Code for Information Interchange (ASCII).

7. Voice Over Internet Protocol (VoIP)

Jenis komunikasi virtual yang satu ini disebut juga dengan IP telepon. VoIP merupakan sebuah metode teknologi yang digunakan untuk mengirimkan komunikasi berupa suara dan sesi multimedia lainnya yang menggunakan jaringan IP.

Sudah sangat banyak saat ini jenis komunikasi visual yang mungkin sudah familiar bahan sering kita gunakan sehari-hari. Untuk memperkenalkan serta memberikan petunjuk mengenai teknologi virtualisasi, kamu bisa membacanya melalui buku Buku Pintar Virtualisasi.

Di dalam buku ini, hampir semua teknologi virtualisasi yang terkemuka dibahas dengan cara singkat serta tepat guna. Pembahasan yang disajikan dalam bentuk “how to” dan meminimalkan teori-teori yang bisa mempermudah para pembacanya dalam mengikuti serta menerapkan teknologi virtualisasi ini dalam kegiatan sehari-harinya.

Adapun teknologi virtualisasi yang dibahas di dalam buku ini berupa desktop virtualization yang menggunakan Hyper-V, XenServer, KVM, Proxmox.

Dengan buku ini, kamu bisa dengan mudah membangun sebuah server yang siap dengan teknologi virtualisasinya. Atau paling tidak kamu bisa membuat laboratorium komputer pribadi kamu dalam lingkungan virtual di desktop kamu sendiri.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon



Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com