Inilah 7 Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Perubahan Iklim

Kompas.com - 25/11/2022, 16:30 WIB
penyebab perubahan iklim Sumber: freepik penyebab perubahan iklim
Rujukan artikel ini:
Why? Climate Change - Perubahan…
Pengarang: YeaRimDang
|
Editor Rahmad

Perubahan iklim yang terjadi secara global tak bisa kita anggap remeh, karena berdampak pada kehidupan yang sangat signifikan dan juga membahayakan. Terutama penyebab perubahan iklim yang dipicu dari adanya pemanasan global.

Perubahan iklim sudah mengacaukan keseimbangan bumi dan dampaknya meluas kepada manusia dan lingkungan. Dapat dibuktikan secara statistik kalau perubahan iklim disebabkan karena adanya pemanasan global, yang mampu meningkatkan kemungkinan kejadian terjadinya cuaca ekstrem.

Berikut ini adalah alasan penyebab terjadinya perubahan iklim global yang terjadi.

Penyebab Perubahan Iklim Global

penyebab perubahan iklim penyebab perubahan iklim

1. Gas rumah kaca

Mengutip dari website European Union Official, bahwa penyebab terjadinya perubahan iklim yang pertama adalah berasal dari gas-gas rumah kaca. Beberapa gas yang ada di atmosfer bumi bertindak seperti kaca di rumah kaca, yaitu dengan memerangkap panas yang dihasilkan matahari dan menghentikannya supaya tidak bocor dan kembali ke angkasa.

Banyak dari gas-gas tersebut yang terjadi secara alami dan bisa menyebabkan terjadinya perubahan iklim global. Hal ini karena aktivitas manusia yang dapat meningkatkan konsentrasi, khususnya karbon dioksida (CO2), metana, dinitrogen oksida, dan gas berfluorinasi.

CO2 adalah gas rumah kaca yang biasanya diproduksi oleh aktivitas manusia dan bertanggung jawab atas 64% pemanasan global atau menjadi penyebab dari perubahan iklim secara global.

Konsentrasinya di atmosfer saat ini adalah 40% lebih tinggi dari pada saat industrialisasi pertama kali dimulai.

Gas rumah kaca lainnya yang bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim dipancarkan pada jumlah yang kecil, tetapi mereka memerangkap panas yang jauh lebih efektif daripada CO2, di beberapa kasus ribuan kali lebih kekuatannya.

Metana bertanggung jawab atas 17% dari terjadinya pemanasan global buatan manusia itu sendiri, sedangkan nitro oksida sebesar 6%.

2. Peningkatan emisi

Penyebab terjadinya perubahan iklim yang kedua berasal dari adanya peningkatan pada emisi yang dilakukan oleh manusia, di antaranya adalah pembakaran batu bara, gas, dan minyak yang bisa menghasilkan dioksida dan nitrogen dioksida. Penebangan hutan, pupuk yang mengandung nitrogen juga bisa menjadi penyebab perubahan iklim.

3. Pemanasan global

Penyebab perubahan iklim yang selanjutnya adalah adanya aktivitas pemanasan global. Pembangkit listrik dan instalasi industri menjadi penghasil utama CO2. Para ilmuwan iklim dunia berpikir bahwa aktivitas yang dilakukan manusia pasti menjadi penyebab utama dari pemanasan dan menyebabkan perubahan iklim.

4. Perubahan orbit bumi

Perubahan orbit bumi menjadi penyebab selanjutnya dalam perubahan iklim. Selama 800.000 tahun terakhir, ada siklus alami dalam iklim bumi yaitu antara zaman es dan periode interglasial yang hangat. Setelah zaman es berakhir pada 20.000 tahun yang lalu, suhu global mengalami kenaikan sekitar 3o-8oC, selama 10.000 tahun terakhir.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Para peneliti menghubungkan kenaikan suhu ini dengan kenaikan level CO2 atmosfer yang menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim secara global.

5. Kendaraan bermotor

Bensin juga termasuk ke dalam bahan bakar fosil. Di mana pembuangan gas pada kendaraan bermotor mengandung banyak sekali polusi gas kimia yang menjadi penyebab perubahan iklim global. Ini menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim yang tidak terbantahkan.

6. Tempat pembuangan sampah

Ketika membuang makanan dan sampah taman ke tempat sampah, maka sampah tersebut akan dibawa dan terkubur di tempat pembuangan sampah. Hal ini yang menjadi penyebab perubahan iklim. Ketika sampah yang berada di paling bawah mengalami pembusukan, maka terbentuklah gas methane.

7. CFC untuk kulkas dan aerosol

CFC tidak terbentuk secara alami. Manusia menggunakannya untuk keseluruhan proses industri, padahal ini mampu menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim global. CFC ini digunakan sebagai pendingin di dalam lemari es serta bahan pembakar pada aerosol

Perubahan iklim memang semakin terlihat sangat jelas. Selama 100 tahun terakhir, suhu bumi meningkat dengan sangat cepat. Gletser yang membeku selama puluhan ribu tahun menjadi mencair, sehingga membuat permukaan air laut menjadi meningkat dan negara-negara kepulauan menjadi terendam.

Banyak juga hewan yang terancam punah, dan bisa menyebabkan kehidupan manusia juga ikut terancam.

Berbagai penyebab terjadinya perubahan iklim beserta cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan bisa kita temukan di dalam buku Why? Climate Change - Perubahan Iklim karya YeaRimDang.

Buku ini menceritakan berbagai penyebab dari perubahan iklim serta cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menghentikannya. Dengan usaha kecil yang dapat dilakukan secara bersama-sama, maka bumi pun akan terselamatkan.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.