Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Puty Puar Menciptakan Iklim Kondusif Bagi Perempuan Indonesia dengan Buku Empowered ME

Kompas.com - 07/03/2022, 17:13 WIB
|
Editor Novia Putri Anindhita

Setelah menjadi ibu, tidak sedikit perempuan yang merasa kewalahan dengan adanya tambahan peran dalam hidupnya. Berbagai ekspektasi yang terbentuk di masyarakat dan hadir setiap saat melalui media sosial kerap membuat ibu semakin sulit memahami dirinya sendiri.

Padahal pemahaman akan diri sendiri, peran, dan tujuan adalah dasar dari kepercayaan diri dalam pengambilan keputusan. Keresahan inilah yang kemudian menggerakan Puty Puar untuk menulis buku berjudul Empowered ME (Mother Empowers).

“Berdasarkan pengamatan saya, perempuan, termasuk ibu-ibu, yang lebih percaya akan dirinya, pilihan hidupnya, dan keputusannya sendiri cenderung tidak memiliki kebutuhan untuk mencari kejelekan dalam diri, hidup, dan keputusan orang lain, apalagi secara terus-terusan,” tutur Puty.

“Oleh karena itu, saya pikir, jika lebih banyak perempuan yang percaya diri dan bahagia akan keputusannya, maka akan dapat tercipta iklim yang lebih kondusif bagi semua perempuan untuk berkembang bersama. Perempuan yang berdaya akan memberdayakan.”

Puty kemudian menyusun buku Empowered ME untuk menjadi teman bagi para perempuan untuk lebih memahami dan memercayai diri serta menghargai proses bertumbuh dalam hidup.

Dilengkapi ilustrasi untuk mempermudah penyampaian gagasan kepada pembaca, buku ini juga diisi dengan templat yang dapat mengarahkan penyusunan prioritas, pengukuran kemajuan, dan refleksi diri pembacanya.
“Gagasannya adalah dengan lebih mengenali dan berfokus pada tujuan, kemajuan, dan proses diri sendiri. Ketika seorang perempuan berfokus pada pengembangan diri dan menghargai prosesnya sendiri, rasa puas tidak perlu datang dari menyoroti kekurangan atau kejelekan orang lain.” tambah Puty.

Sebelum Empowered ME, Puty telah menulis dan mengilustrasikan dua buku yang juga bertema pemberdayaan perempuan yaitu Happiness Is Homemade (2018) dan Komik Persatuan Ibu-Ibu (2018).

Dengan terbitnya buku ketiga ini, Puty mengharapkan semakin banyak perempuan yang memiliki kekuatan/kemampuan memilih atau mengambil keputusan untuk hidupnya sendiri.

SINOPSIS BUKU EMPOWERED ME (MOTHER EMPOWERS)

“Buku ini sangat tepat dibaca oleh para ibu yang ingin lebih memberdayakan diri dan merefleksikan kembali perannya di tengah keluarga juga masyarakat sekitar.”

—Fery Farhati, Penggagas Ibu Ibukota Awards

Empowered ME bukan saja akan menguatkan komitmen perempuan yang membacanya, tetapi juga memberi panduan caranya.”

—Najelaa Shihab, Pendidik, Pendiri Keluarga Kita

Perempuan berdaya bisa diartikan sebagai perempuan yang memiliki kekuatan/kemampuan memilih atau mengambil keputusan untuk hidupnya sendiri.

Setelah menjadi ibu, tidak sedikit perempuan yang merasa kewalahan dengan adanya tambahan peran dalam hidupnya.

Berbagai ekspektasi yang terbentuk di masyarakat dan hadir setiap saat melalui media sosial kerap membuat ibu semakin sulit memahami dirinya sendiri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Padahal pemahaman akan diri sendiri, peran, dan tujuan adalah dasar dari kepercayaan diri dalam pengambilan keputusan.

Ketika seorang ibu berdaya, merasa kuat, dan percaya diri akan pilihan hidupnya, ini akan menciptakan dampak positif tidak hanya bagi dirinya, tapi juga keluarga dan masyarakat— termasuk para perempuan di sekelilingnya.

Buku berilustrasi ini diharapkan bisa menjadi teman bagi para perempuan termasuk ibu-ibu untuk lebih memahami dan memercayai diri serta menghargai proses bertumbuh dalam hidup.

Terdapat pula beberapa templat yang dapat mengarahkan penyusunan prioritas, pengukuran kemajuan, dan refleksi diri.

PROFIL PENULIS

Puti Karina Puar (Puty) adalah seorang ibu yang lahir di Jakarta pada 1989. Lulusan Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung ini kini berprofesi sebagai ilustrator dan kreator konten.

Konten pada blog dan media sosialnya memiliki tema besar pemberdayaan perempuan.

Ia telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan, instansi, dan organisasi.

Pada 2018, animasi pendeknya yang berjudul Peace Is Action membawanya mendapatkan penghargaan JCS International Young Creatives Award, bagian dari International Emmy Award.

Sebelumnya, Puty menulis dan mengilustrasikan dua buku yaitu Happiness Is Homemade (2018) dan Komik Persatuan Ibu-Ibu (2018).

Selain menulis dan belanja buku, rasa cinta dan dukungannya kepada dunia literasi diwujudkan dengan memulai dan mengurus klub pembaca buku online untuk ibu-ibu bernama “Buibu Baca Buku Book Club”.

Media sosial Puty Puar

Situs web: http://byputy.com

Portofolio: http://behance.net/puty

Instagram: @byputy

Twitter: @puty


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com