Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Penting Kamu Perlu Melakukan Interaksi Antar Individu, Simak Disini!

Kompas.com - 09/11/2022, 09:30 WIB
pentingnya interaksi sosial antar individu pixabay/StockSnap pentingnya interaksi sosial antar individu
Rujukan artikel ini:
Interaksi Simbolik
Pengarang: Prof. Masdar Hilmy
|
Editor Rahmad

Kamu pasti sering mendengar perkataan bahwa interaksi sosial adalah sebuah kunci dari semua jenis kehidupan yang ada. Ternyata, memang itu benar adanya.

Manusia adalah makhluk sosial yang tentunya tidak bisa terlepas dari yang namanya interaksi antar individu. Sebab, pada dasarnya setiap makhluk sosial memang akan saling membutuhkan supaya dapat bertahan hidup.

Disebut sebagai kunci dari kehidupan, karena dengan melakukan interaksi antar individu kamu menjadi bisa terhubung dengan siapa saja. Hubungan sosial ini yang nantinya akan selalu mendukungmu pada setiap aktivitas yang kamu lakukan dan itu menjadi salah satu contoh interaksi antar individu.

Maka dari itu, kamu harus mulai untuk belajar melakukan interaksi antar individu dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, hubungan yang terjalin nantinya akan menjadi hubungan yang sehat.

Nah, supaya kamu lebih yakin lagi. Berikut ini akan diulas alasan contoh interaksi antar individu yang penting untuk kamu lakukan.

Alasan Penting Melakukan Interaksi Antar Individu

pentingnya interaksi sosial antar individu pentingnya interaksi sosial antar individu

1. Membangun hubungan yang baik antar individu

Mengapa interaksi antar individu perlu untuk dilakukan? Jawabannya adalah karena interaksi sosial bagi kehidupan mendatangkan banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah membantu kamu dalam membangun hubungan baik dengan sesama itu salah satu contoh interaksi antar individu.

Hubungan yang baik ini dapat terjadi di mana saja. Contoh interaksi antar individu bisa terjadi di tempat kerja, sekolah, pertemanan, lingkungan keluarga, dan sebagainya.

Saat kamu mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain, maka secara tidak langsung kamu bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi.

Orang yang mampu menjalin hubungan baik dengan siapa saja, membuktikan bahwa dia mempunyai kemampuan komunikasi yang baik serta berwawasan luas.

2. Mampu memahami beragam jenis karakter manusia

Kenapa dengan berinteraksi antar individu bisa membuat kita memahami jenis karakter manusia? Karena, pada dasarnya, manusia mempunyai karakter serta latar belakangnya masing-masing.

Jadi, jika kamu mampu melakukan interaksi antar individu dengan siapa saja, tentu akan mengajarkan kamu bagaimana memahami berbagai jenis karakter manusia.

Memang dalam hal mengerti serta memahami sifat dan karakter seseorang itu bukanlah hal yang mudah. Namun, jika kamu sudah terbiasa menjalin interaksi dengan berbagai macam karakter dari setiap individu, maka dalam hal memahami kepribadian seseorang bukan hal yang sulit untuk bisa kamu lakukan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan begitu, hal ini juga bisa mengurangi terjadinya suatu konflik atau pertengkaran dengan orang lain.

3. Bisa menjadi penolong ketika tertimpa musibah

Membangun interaksi antar individu memang perlu dan sangat penting untuk dilakukan. Sebab, kita tidak bisa mengetahui atau tidak bisa terhindar dari segala musibah yang kemungkinan dating ke dalam hidup kamu. Selain itu, kita juga perlu memahami bahwa hidupmu tentu tidak akan selalu baik-baik saja.

Jadi, mulailah untuk membangun interaksi antar individu dengan siapa saja. Jadi, apabila suatu saat terjadi hal yang tidak diharapkan, kamu tidak akan merasa segan untuk meminta bantuan atau pertolongan dari sekitar kamu.

4. Meningkatkan rasa empati

Interaksi antar individu juga bisa meningkatkan rasa empati yang ada di dalam diri. Kepedulian kamu terhadap orang lain akan bisa meningkat dan tidak hanya merasakan peka sajam tetapi akan membuat hati kamu juga tergerak untuk bisa melakukan sebuah tindakan yang nyata.

Interaksi antar individu bisa melahirkan rasa solidaritas yang akan semakin bertumbuh. Dengan begitu, interaksi yang kamu jalin tidak hanya bermanfaat untuk diri kamu saja, tetapi juga untuk orang lain.

Coba saja kamu merasakan, saat kamu sudah mulai mengenal dengan baik orang-orang yang ada di sekitar kamu. Kemudian, kamu menjalin relasi yang baik, contoh interaksi antar individu di sini adalah saling tolong menolong sampai kamu menciptakan interaksi yang sehat.

Secara alami, kamu dan individu lain akan merasakan empati yang lebih tinggi dari sebelumnya saat kamu baru mengenalnya.

Yuk, sedari sekarang mulailah untuk membangun interaksi antar individu dengan baik. Saling melakukan interaksi antar individu dengan baik bisa mendukung terwujudnya relasi yang baik pula.

Jika kamu ingin menguasai lebih tentang contoh interaksi antar individu, kamu bisa membaca buku Interaksi Simbolik. Di dalam buku ini dipaparkan mengenai teori serta aplikasinya di dalam Pendidikan dan psikologi secara operasional, acuan pragmatik, sekaligus prosedur metodologis.

Tentu saja, semuanya ini berkaitan dengan konsep kuncinya yang menjadi unit analisis pada teori ini, yaitu konsep diri, makna, sombol, pandangan, interpretasi, serta Tindakan sosial.

Buku ini bisa kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com