Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rekomendasi Buku Motivasi Islami Terbaik Untuk Memaknai Hidup dengan Agama

Kompas.com - 01/11/2022, 09:30 WIB
Rekomendasi Buku Motivasi Islami Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku Motivasi Islami
Rujukan artikel ini:
The Islamic Way of Happiness
Pengarang: Agung Setiyo Wibowo
|
Editor Rahmad

Jika kamu butuh referensi pengembangan diri dengan motivasi Islami, ada beberapa rekomendasi buku motivasi Islami yang bisa kamu baca. Kamu akan menemukan banyak quotes islami tentang kehidupan, motivasi dan tujuan hidup, dan memahami makna hidup ini berdasarkan perspektif agama.

Hal ini mungkin akan membantu kamu menguatkan keimanan dan bertekad untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik dan positif, terutama dalam beragama. Dalam praktiknya, agama bisa jadi salah satu cara untuk menyadarkan kita tentang makna hidup atas penciptaan dan nikmat yang sudah Tuhan beri.

Rekomendasi Buku Motivasi Islami

Berikut ini rekomendasi buku motivasi Islami yang bisa kamu jadikan referensi belajar:

1. The Islamic Way of Happiness

Kebahagiaan adalah dambaan semua orang. Apa yang kita kejar, perjuangkan, dan lakukan detik demi detik merupakan cara kita memaknainya. Apa yang kita butuhkan untuk mencapai titik bahagia sesungguhnya sudah ada pada diri kita masing-masing.

Sayangnya, manusia senantiasa mematok standar sendiri-sendiri yang justru menjauhkannya. Kebahagiaan sejatinya tanpa syarat. Kita sendiri saja yang mensyaratkan harus menjadi ini itu, mencapai ini itu, atau memiliki ini itu untuk bisa berbahagia.

Buku The Islamic Way of Happiness ini membeberkan bagaimana Islam mengajarkan manusia untuk menjadi pribadi bahagia. Menariknya, semua ajaran tersebut dapat dibuktikan oleh riset dari berbagai perspektif sains, mulai dari kedokteran, kesehatan, psikologi, biologi, filsafat, hingga neurosains.

2. Islam Risalah Cinta Dan Kebahagiaan

“Agama adalah Mengenal Allah (ma’rifatullah). Mengenal Allah adalah berlaku dengan akhlak (yang baik). Akhlak (yang baik) adalah menghubungkan tali kasih sayang (silaturrahim). Dan Silaturahim adalah memasukkan rasa bahagia di hati sesama kita.” (Rangkaian hadis yang dijalin oleh Syaikh Yusuf Makassari)

Buku Islam Risalah Cinta Dan Kebahagiaan ini adalah hasil pengalaman dan renungan tentang Islam sebagai agama cinta dan kebahagiaan, yang dapat membantu pembaca untuk merenung lebih jauh tentang makna hidupnya, dan juga menjadi penolong di sepanjang jalan kita—anak manusia—untuk meraih kebahagiaan sejati yang merupakan dambaan kita semua.

3. Islam Yang Disalah Pahami Menepis Prasangka Mengikis Kekeliruan

Buku Islam Yang Disalah Pahami Menepis Prasangka Mengikis Kekeliruan memuat sekian persoalan yang dinisbahkan kepada ajaran Islam, tetapi penisbahan tersebut pada hakikatnya terjadi akibat kesalahpahaman, sehingga barangkali kita pernah mendengar ungkapan yang melukiskan agama Islam.

Kesalahpahaman tersebut bisa jadi lahir dari pihak non muslim akibat kedangkalan pengetahuan mereka tentang Islam; bisa jadi lahir dari sementara orientalis, baik sengaja untuk memperburuk wajah Islam maupun karena kepicikan pengetahuan mereka.

Bahkan, bisa jadi lahir dari umat Islam sendiri akibat keterbatasan bacaan mereka. Melalui karya ini, M. Quraish Shihab berupaya menjelaskan berbagai kesalahpahaman tersebut secara logis, tepercaya, dan kaya: memaparkan penjelasan para pakar masa lalu dan kontemporer.

Ini untuk mendudukkan persoalan di tempatnya yang tepat sehingga diharapkan prasangka-prasangka dapat ditepis, kekeliruan-kekeliruan dapat dikikis.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Islam Is My Life

Buku Islam Is My Life adalah rekomendasi buku motivasi Islami yang dapat menguatkan kembali komitmen kita sebagai seorang muslim di tengah tantangan hidup yang begitu besar saat ini.

Hidup kita semaksimal mungkin diniatkan untuk ibadah dalam arti luas dan semoga kelak mendapatkan husnul khatimah.

5. Adab - Adab Islami: Membentuk Karakter Muslim Sejati

Buku Adab - Adab Islami: Membentuk Karakter Muslim Sejati ini berisi tentang bagaimana adab seorang muslim. Apakah sudah sesuai? Muslim yang berjiwa kemanusiaan adalah yang beradab.

Kesantunan dan tata krama yang mengiringi setiap langkahnya akan mampu membentuk karakternya. Namun, tidak setiap muslim memahami adab yang baik dalam kehidupan sosial maupun keislaman.

Padahal, Islam telah mengatur adab-adab muslim sejati secara rinci. ”Jika ingin profesional dalam menulis, belajarlah dari ahlinya. Jika ingin fasih berbahasa Inggris, belajarlah dari penuturnya.”

6. Secangkir Kopi Berpikir Positif Islami

Buku Secangkir Kopi Berpikir Positif Islami ini membahas tentang Agama Islam yang jadi agama rahmatan lil alamin. Agama yang bermuara kasih sayang bagi segenap penghuni alam semesta.

Kenyataan ini tidak terbantah oleh ajaran-ajaran yang berlaku dalam agama Islam. hal tersebut tercermin dalam setiap ucapan baik yang dilakukan oleh seorang muslim ketika akan memulai sesuatu, yaitu: Bismillahirrahmanirrahim.

Nah, itulah rekomendasi buku motivasi Islami yang bisa kamu jadikan referensi belajar tentang kehidupan korelasinya dengan agama Islam. Mana buku yang tertarik kamu baca? Pada hakikatnya, manusia memang harus terus belajar dan terus tumbuh menjadi orang yang lebih baik.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com